Timnas Indonesia (Sumber gambar: instagram.com/timnas.indonesia)

Fakta Pertemuan Timnas Indonesia U-24 vs Taiwan U-24 di Asian Games 2023

21 September 2023   |   10:51 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Timnas Indonesia U-24 bakal menjalani laga kedua Grup F Asian Games 2023 melawan Taiwan pada hari ini, Kamis (21/9). Pada laga yang berlangsung di Zheijiang Normal University East Stadium, Tiongkok tersebut, skuad Garuda dituntut menang agar memperbesar peluang lolos ke babak berikutnya.

Pada laga perdana, Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Kirgistan dengan skor 2-0. Dua gol tersebut dicetak oleh Ramai Rumakiek dan Hugo Samir. Indonesia pun kini mengantongi tiga poin.

Baca juga: Cek Rekor Pertemuan & Kekuatan Timnas Indonesia vs Kirgistan di Asian Games 2023

Dengan perolehan tersebut, tim asuhan Indra Sjafri kini berada di peringkat pertama Grup F. Timnas Indonesia berhak memuncaki klasemen meski memperoleh poin yang sama dengan Korea Utara. Skuad Garuda unggul dalam hal poin kedisiplinan.
 

a

Klasemen Sementara (Sumber gambar: instagram.com/timnas.indonesia)


Kini, Timnas Indonesia harus meraih kemenangan kembali saat laga melawan Taiwan. Kemenangan ini akan membuka peluang Garuda Muda menjadi pemuncak klasemen dan melaju ke babak selanjutnya. Selain itu, Indonesia juga bisa makin membuka peluang untuk lolos ke babak 16 besar.

Peluang Indonesia menang melawan Taiwan juga terbilang cukup besar. Dalam catatan kertas, kedua tim sudah beberapa kali bertemu. Rekor pertemuan cukup menguntungkan Timnas Indonesia.

Pertemuan Timnas Indonesia vs Taiwan terjadi pada kualifikasi Olimpiade 1992. Kala itu, Skuad Garuda berhasil menang dengan skor 2-1 pada laga leg pertama tersebut. Sayangnya, pada leg kedua, Indonesia justru harus keok dengan skor 3-1.

Timnas Indonesia lalu kembali bertanding melawan Taiwan pada Kualifikasi Olimpiade 2000. Kali ini, Indonesia kembali memenangkan laga dengan skor 2-1.  Tak jauh berbeda, pada Asian Games 2018, Garuda Muda juga menang atas Taiwan dengan skor telak 4-0.

Rekor pertemuan paling baru terjadi pada September 2023 ini. Timnas Indonesia bertemu dengan Taiwan dalam laga Kualifikasi Piala Asia U-24 2024. Dalam laga itu, Indonesia menumbangkan Taiwan dengan skor 9-0.

Dengan demikian, total Timnas Indonesia sudah menjebol jala gawang Taiwan sebanyak 17 kali, sedangkan Taiwan hanya mampu mencetak 2 gol saja. Dari empat pertemuan, Indonesia menang tiga kali dan hanya satu kali mengalami kekalahan.

Meraih kemenangan dalam laga melawan Taiwan sangat penting bagi Indonesia. Sebab, di laga lain, Korea Utara akan menghadapi Kirgistan, tim yang berhasil dikalahkan Garuda Muda dengan skor 2-0.

Jika Korea Utara menang, mereka akan mengumpulkan enam poin. Indonesia pun harus juga meraih kemenangan agar poin kedua tim ini sama. Dengan demikian, penentuan juara grup akan ditentukan hingga akhir laga fase grup.

Namun, cerita berbeda bisa tersaji jika Indonesia atau Korea Utara tergelincir. Siapa pun yang mengalami kekalahan akan mempersulit langkah menuju juara grup. Timnas Indonesia baru akan bertanding melawan Korea Utara pada 24 September 2023 mendatang.


Berikut Head to head Indonesia vs Taiwan

  • Indonesia 2-1 Taiwan - 16 Juni 1992 di kualifikasi Olimpiade 1992
  • Taiwan 1-2 Indonesia - 25 Mei 1999 di kualifikasi Olimpiade 2000
  • Indonesia 4-0 Taiwan - 12 Agustus 2018 di Asian Games 2018
  • Indonesia 9-0 Taiwan - 9 September 2023 di Kualifikasi Piala Asia U-23 2024

Baca juga: Daftar Pemain & Jadwal Lengkap Timnas Indonesia U-24 di Asian Games 2023


Editor: Indyah Sutriningrum

SEBELUMNYA

6 Deretan Band Legendaris Terpopuler, Ada Pink Floyd & Nirvana

BERIKUTNYA

Resep Kue Lumpur, Lezatnya Kelembutan dalam Setiap Gigitan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: