Atlet menembak Muhammad Sejahtera Dwi Putra berhasil meraih medali emas di ajang Asian Games 2022. (Sumber gambar: Kemenpora RI)

Profil Muhammad Sejahtera Dwi Putra, Atlet Menembak yang Bawa Emas Pertama Asian Games 2022 untuk Indonesia

25 September 2023   |   21:40 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Tim nasional Indonesia akhirnya menyabet medali emas perdana di ajang Asian Games 2022 yang digelar di Hangzhou, China. Atlet Muhammad Sejahtera Dwi Putra berhasil meraih medali emas dalam cabang olahraga Shooting di nomor Men's 10 Meter Running Target.
 
Capaian ini merupakan medali emas pertama yang berhasil dipersembahkan oleh tim cabang olahraga (cabor) shooting Indonesia sepanjang penyelenggaraan Asian Games.
 
Atlet yang akrab disapa Tera itu berhasil menjadi pemenang di cabor shooting setelah membukukan total 578 poin dalam laga yang berlangsung di Fuyang Yinhu Sports Centre China. Hasil tersebut didapatkan lewat poin yang diraihnya dalam enam seri dan masing-masing mencatatkan 99, 97, 95, 95, 94, dan 98.
 
Sementara itu, medali perak cabor Shooting di nomor Men's 10 Meter Running Target diraih Ngo Huu Vuong dari Vietnam dengan perolehan 571 poin alias berselisih tujuh poin dari angka Tera. Sedangkan medali perunggu diamankan oleh atlet Vietnam lainnya yakni Nguyen Tuan Anh dengan 565 poin. 

Baca juga: Tim Dayung Indonesia Sumbang Medali Pertama di Asian Games 2022
 
Tak hanya dari kelas Men's 10 Meter Running, tim nasional cabor shooting juga berhasil memboyong medali perunggu untuk nomor Men's Team 10 Meter Running target berkat Muhammad Badri Akbar, Irfandi Julio, termasuk Muhammad Sejahtera Dwi Putra.
 
Dengan raihan ini, Indonesia kini tercatat telah menyabet 6 medali di ajang Asian Games 2022 yaitu 1 medali emas, 1 medali perak, dan 4 medali perunggu. 
 
Ini bukan pertama kalinya Tera mencatat sejarah bagi kontingen Merah Putih. Di Asian Games 2018, Tera mengakhiri puasa medali dari cabor menembak selama 52 tahun ketika menyabet perak di nomor 10 meter running target campuran lima tahun silam.
 

B

Atlet menembak Muhammad Sejahtera Dwi Putra berhasil meraih medali emas di ajang Asian Games 2022. (Sumber gambar: Kemenpora RI)

Muhammad Sejahtera Dwi Putra merupakan atlet kelahiran Jakarta, 13 April 1997. Meski lahir di Jakarta, Tera tumbuh besar di Bekasi Timur. Dia adalah anak kedua dari empat bersaudara. Ayahnya seorang seorang ASN di Kementerian Pertanian dan ibunya seorang ibu rumah tangga. Hingga saat ini, Tera jadi satu-satunya anggota keluarga yang berprofesi sebagai atlet.
 
Berbeda dengan kebanyakan atlet yang biasanya sudah menekuni olahraga sejak kecil, Tera justru baru mulai berlatih menembak saat berusia 17 tahun, tepatnya ketika dia mulai berkuliah di Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Di kampus itu, Tera mengambil jurusan olahraga.
 
Sebelum menekuni olahraga menembak, Tera lebih dulu pernah mencoba sepak bola dan futsal sebagai olahraga yang dia jalani karena UNJ mewajibkan tiap mahasiswa menekuni sebuah cabang olahraga.
 
Awal mula karier profesional Tera sebagai atlet ditandai ketika dia mengikuti seleksi untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) di Jawa Barat pada 2016. Kala itu, dia bertemu dengan mantan atlet menembak nasional Masruri, yang akhirnya menjadi pelatihnya.
 
Asian Games 2018 menjadi debut pertamanya di turnamen besar dan langsung menyumbangkan satu medali perak. Prestasi yang diraihnya itu sekaligus memutus paceklik gelar tim nasional di cabor menembak selama 52 tahun.
 
Tiga tahun berselang, Tera mengikuti kejuaraan menembak tingkat Asia dan meraih dua medali emas di nomor pertandingan 10 Meter Running Target perorangan putra dan 10 Meter Running Target campuran putra.
 
Sejak saat itu, namanya kerap berada di daftar atas dalam setiap turnamen yang dia ikuti, di antaranya masuk sepuluh besar di empat nomor pertandingan pada kejuaraan dunia menembak dan menyumbang medali emas dan perak di SEA Games 2021.
 
Kini, di Asian Games 2022, Muhammad Sejahtera Dwi Putra berhasil meraih medali emas dari nomor pertandingan 10 Meter Running Target perorangan putra. Keberhasilannya di Hangzhou ini membuatnya menjadi atlet menembak Indonesia pertama yang bisa meraih medali emas Asian Games dalam 72 tahun terakhir.

Baca juga: 5 Fakta Menarik Asian Games 2023, Indonesia Turun di 31 Cabang Olahraga

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Simak Kiat Menggeluti Esports yang Makin Ngetren di Kalangan Anak Muda

BERIKUTNYA

Indonesia International Book Fair 2023 Pindah ke ICE BSD, Lebih Luas & Banyak Atraksi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: