Ilustrasi buah mangga yang segar (dok. Pexels)

Suka Makan Mangga? Cek Efek Sampingnya Dulu Yuk

04 August 2021   |   13:51 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Bukan rahasia lagi bila mangga menjadi buah musiman favorit bagi sebagian masyarakat Indonesia. Jenis dan rasanya yang bervariasi seperti asam dan manis, tetapi segar ini pastinya memanjakan lidah para penikmatnya. Di balik asam dan manisnya ini, mangga juga memiliki efek samping lho yang perlu kita waspadai. 

Mangga memiliki kandungan serat yang tinggi dan memiliki banyak manfaat kesehatan. Kendati demikian, tetap saja ada efek samping dari tanaman buah tropis ini. 

Berikut efek samping dari buah mangga yang dikutip Hypeabis.id dari Organic Health Fact, Rabu (4/8/2021) : 

1. Sembelit

Mangga adalah buah berserat tinggi yang baik untuk sistem pencernaan, asal dikonsumsi secukupnya. Jika kamu makan berlebihan, justru bisa menimbulkan sembelit dan gangguan pencernaan yang serius.

2. Meningkatkan Kadar Gula Darah

Mangga merupakan makanan tinggi gula. Makan mangga dengan cepat meningkatkan kadar gula darah. Oleh karena itu, penderita diabetes lebih baik meminimalisir konsumsi buah ini ya. 

3. Mangga Bisa Menyebabkan Obesitas

Mangga yang mengandung gula cukup tinggi dapat meningkatkan lemak dan menyebabkan obesitas. Jadi buat kamu yang lagi diet, minimalisir makan bua tropis ini.

4. Mangga Bisa Menyebabkan Sakit Tenggorokan

Kandungan vitamin C dalam mangga cukup tinggi, begitu pula dengan asam sitrat. Jadi makan banyak mangga dalam sehari bisa membuat tenggorokan kamu sakit bahkan infeksi tenggorokan. 

5. Dapat Meningkatkan Nyeri Arthritis 

Makan lebih banyak mangga, jus mangga, atau sirup mangga dapat menekan rasa sakit radang sendi. Dengan demikian kadar nyeri akan meningkat. Untuk itu bagi penderita radang sendi atau masalah asam urat sebaiknya menghindari buah ini.

6. Diare

Mangga mengandung potasium dalam jumlah tinggi. Makan berlebihan buah-buahan kalium tinggi dapat menyebabkan diare dan mengganggu buang air besar. Jadi jika kamu tengah mengalami gejala diare dan mencret maka hindari makan mangga dan sebaiknya konsumsi yogurt saja.

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Kalian Perlu Tahu Kalau Indonesia juga Punya Gaya Arsitektur Sendiri

BERIKUTNYA

Tingkatkan Imun Sampai Cegah Kanker, Ini 6 Manfaat Jus Mangga untuk Kesehatan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: