Pada 1940, McDaniel memperoleh Piala Oscar kategori Best Supporting (Sumber gambar: siaran pers/ AMPAS & AMMP)

AMPAS & AMMP Serahkan Piala Pengganti Milik Aktris Kulit Hitam Pertama Pemenang Oscar

27 September 2023   |   14:50 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS) dan Academy Museum of Motion Pictures (AMMP)  menyerahkan piala pengganti kategori Best Supporting Actress Academy Award yang diterima aktris Hattie McDaniel kepada Howard University Chadwick A. Boseman College of Fine Arts.

Dalam pernyataan bersama, Director and President of the Academy Museum Jacqueline Stewart & CEO Academy Bill Kramer mengatakan bahwa Hattie McDaniel adalah seniman inovatif yang mengubah arah perfilman dan memengaruhi generasi artis yang mengikutinya.

“Kami sangat senang mempersembahkan replacement Academy Award Hattie McDaniel kepada Howard University,” ujar keduanya dalam informasi yang diterima Hypeabis.id.

Baca juga:  Koleksi Baru Academy of Motion Picture Arts and Sciences, Kostum Eminem sampai Patung Oscar

Langkah tersebut merupakan bentuk perayaan berkarier sang seniman yang luar biasa dan kemenangan bersejarah bagi sang aktris. The Academy Museum telah menghormati dan mengontekstualisasikan warisan McDaniel di Academy Awards History Gallery dan pameran temporer bertajuk Regeneration: Black Cinema 1898-1971.

Sang aktris yang merupakan pemain teater, radio, dan layar lebar itu telah muncul di sekitar 300 karya sepanjang kariernya. Pada 1940, dia membuat sejarah sebagai orang kulit hitam pertama yang masuk nominasi dan memenangkan Academy Awards sebagai "Mammy" dalam Gone With the Wind (1939).

Pada upacara Academy Awards ke-12 di Coconut Grove yang terpisah di Ambassador Hotel, sang aktris bersama dengan tamunya duduk terpisah dari nominasi film lainnya. Pada saat itu, dia tidak menerima piala, tapi sebuah plakat – seperti yang diperoleh oleh para pemenang kategori pemeran pendukung pada 1936 – 1942.

Meskipun keberadaannya saat ini tidak diketahui, penghargaan McDaniel menonjol dalam sejarah Akademi; dibutuhkan waktu 51 tahun sebelum wanita kulit hitam lainnya memenangkan piala dalam ajang Oscar.

McDaniel mewariskan Academy Awardnya kepada Universitas Howard setelah meninggal pada 1952. Penghargaan tersebut dipajang di departemen drama universitas hingga akhir tahun 1960-an. Para pengunjung juga dapat melihat pidato penerimaan piala dari McDaniel pada saat ini Academy Awards History Gallery.

Sementara itu, Howard University akan menyelenggarakan upacara bertajuk “Hattie's Come Home” di Teater Ira Aldridge di Washington, DC, pada 1 Oktober 2023.

Upacara tersebut akan merayakan kehidupan dan warisan McDaniel, kemenangan bersejarahnya di Academy Award, dan menyatukan kembali Academy Award-nya dengan Howard University seperti yang diinginkan semula oleh sang aktris.

Dalam acara itu, Dekan Sekolah Tinggi Seni Rupa Chadwick A. Boseman di Universitas Howard Phylicia Rashad akan memberikan pidato pembukaannya. Kemudian, para mahasiswa dan staf pengajar juga akan membawakan secara medley sejumlah lagu, dan sebagainya.

Perwakilan dari Academy and the Academy Museum juga akan hadir dalam acara tersebut, seperti Jacqueline Stewart dan Wakil Presiden Eksekutif Strategi Oscar Teni Melidonian, yang akan menyerahkan plakat tersebut kepada universitas.

Baca juga:  Erica Eng dan July Jung Terpilih sebagai Penerima Academy Gold Fellowship for Women 2023

Editor: Puput Ady Sukarno

SEBELUMNYA

Jakarta Film Week 2023, Dibuka Budi Pekerti & Ditutup Tiger Stripes

BERIKUTNYA

Daftar Harga & Cara Beli Tiket Indonesia Comic Con 4-5 November 2023 di JCC Senayan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: