Film Yuni (Dok. Fourcolours Films)

Keren! Film Yuni Terpilih Mewakili Indonesia dalam Piala Oscar 2022

15 October 2021   |   21:46 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Film Yuni terus menorehkan prestasi. Setelah keluar menjadi pemenang kategori Platform Prize di Toronto International Film Festival (TIFF) 2021, film Yuni akan berlaga di ajang Piala Oscar ke-94 tahun 2022. Komite Seleksi Oscar Indonesia (The Indonesian Oscar Selection Committee) telah mengumumkan bahwa film garapan sutradara Kamila Andini itu akan berkompetisi dalam kategori the International Feature Film Award.

Keputusan tersebut diambil dalam rapat terakhir komite 13 Oktober 2021. Komite Seleksi Oscar Indonesia yang dibentuk oleh pengurus Persatuan Perusahaan Film Indonesia ( PPFI) terdiri atas 13 anggota yang diketuai oleh sineas Hanung Bramantyo dan telah melakukan seleksi sejak September 2021.

Mereka adalah Alim Sudio, Tya Subiakto, Benni Setiawan, Widyawati, Chand Parwez Servia, Yudi Datau, Deddy Mizwar, Garin Nugroho, Hanung Bramantyo, Ilham Bintang, Sentot Sahid, Titien Wattimena dan Zairin Zain. 
 

Teaser poster film Yuni (Dok. Fourcolours Films)

Teaser poster film Yuni (Dok. Fourcolours Films)

Dalam keterangan resmi yang diterima Hypeabis.id, Jumat (15/10), komite seleksi Oscar menilai bahwa film Yuni mampu membawa penonton sangat dekat dengan masalah remaja perempuan dalam usia akil balik, di tengah perubahan zaman penuh paradoks  seperti masalah patriarki, religi, perempuan, seks,  dunia kerja serta pendidikan. 

“Kamila Andini dengan cara tutur sederhana dan alamiah sebagai kekuatan utamanya, tanpa upaya menggugat dan menghakimi, mampu membawa isu - isu sensitif yang tidak mudah diangkat ke layar lebar,” tulis pihak komite.

Selain itu, komite seleksi juga melihat bahwa cara tutur dan konsep visual keseharian yang menjadi kekuatan utama film Yuni , merupakan sebuah konsep film dengan tingkat kerumitan yang tinggi, apalagi dengan membawa isu - isu sensitif di dalamnya. Sebuah konsep yang juga langka dalam sinema Indonesia.

“Isu keseharian yang familiar dan warna lokal yang kental, serta prestasi yang telah dicapai di beberapa ajang festival internasional, membuat film Yuni diyakini layak dan mampu bersaing dengan film-film dari negara lainnya di ajang Oscar nanti,” terang pihak komite.

Adapun film Yuni sendiri dijadwalkan akan tayang di seluruh bioskop di Indonesia pada 9 Desember 2021.

So, kita doakan ya Genhype semoga film Yuni bisa membawa piala Oscar!

Editor Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Ikuti 3 Langkah Ini Agar Terhindar dari Osteoporosis

BERIKUTNYA

Ini Beragam Manfaat dari Kebiasaan Mencuci Tangan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: