Erica Eng, salah satu penerima beasiswa. (Sumber gambar: Academy of Motion Picture Arts and Sciences )

Erica Eng dan July Jung Terpilih sebagai Penerima Academy Gold Fellowship for Women 2023

13 September 2023   |   08:19 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Like
Dua sutradara wanita, Erica Eng dan July Jung, memenangkan Academy Gold Fellowship for Women 2023 di Amerika Serikat dan Internasional. Selain hadiah uang sebesar US$35.000 yang mereka terima masing-masing, keduanya juga akan mengikuti program pengembangan karier yang bertujuan untuk memajukan industri film.

Sebagai bagian dari inisiatif Academy Gold untuk pengembangan dan inklusi bakat global, Fellowship for Women adalah program berdurasi satu tahun yang menawarkan dukungan langsung, bimbingan yang disesuaikan dengan kebutuhan individu, dan akses seumur hidup ke peluang jaringan bagi para pembuat film perempuan yang baru memulai karier mereka dalam industri film.

Kendra Carter, Wakil Presiden Senior Akademi untuk Dampak dan Pengembangan Bakat Global, mengungkapkan pemilihan Erica dan July karena bakat mereka dalam perfilman. 

Gold Fellowship for Women dari Akademi adalah bagian penting dari tujuan Akademi untuk menginspirasi seniman pendatang baru, menciptakan peluang industri film yang menarik bagi komunitas yang kurang terwakili, dan mengembangkan generasi berikutnya dari talenta film yang beragam dan dinamis," kata Kendra dalam informasi yang diterima Hypeabis.id
 

July Jung sutradara asal Korea Selatan. (Sumber gambar: Academy of Motion Picture Arts and Sciences )

July Jung sutradara asal Korea Selatan (Sumber gambar: Academy of Motion Picture Arts and Sciences )

Para penerima beasiswa juga memperoleh dukungan kemajuan karier melalui Gold Alumni Program, yang memberikan akses berkelanjutan, peluang, pengembangan profesional, dan pendidikan. Program ini hanya untuk alumni program Academy Gold, termasuk Gold Rising, Student Academy Awards, dan Nicholl Fellowships in Screenwriting. 

Mereka yang ingin mengikutinya harus  merupakan alumni program Academy Gold atau dinominasikan oleh perusahaan mitra Academy Gold agar memenuhi syarat untuk beasiswa kategori Amerika Serikat. Sementara itu, pelamar internasional harus direkomendasikan oleh anggota organisasi film utama, perusahaan produksi, atau festival internasional. 

Erica adalah sutradara Tionghoa-Amerika generasi kelima yang berasal dari Oakland dan berbasis di Los Angeles. Film pendeknya pada 2021, yakni Americanized diputar di Festival Film Atlanta, Festival Film Pantai Newport, dan Festival Film Internasional Cleveland. 

Dia juga tercatat telah memenangkan 25 penghargaan, seperti Film Pendek Drama Terbaik di Cinequest, Film Pendek Terbaik di Festival Film Bentonville, Penghargaan Young Cineastes di Palm Springs International ShortFest, dan Narrative Short Terbaik di San Diego Asian Film Festival.

Film pendek terbaru Eng, yakni Off Fairfax ditayangkan perdana di Festival Film Tribeca 2022 dan mendapat Penghargaan Grand Jury di Festival Film Slamdance. Film berikutnya yang berjudul The Ghost akan tayang perdana di Disney+ sebagai bagian dari program inkubator film pendek Launchpad Disney.

Lahir di Yeosu, Korea Selatan, Jung adalah sutradara dan penulis skenario yang belajar di Universitas Sungkyunkwan dan Universitas Seni Nasional Korea. 

Film panjang debutnya pada 2014, yakni A Girl at My Door diputar di bagian Un Sure Regard di Festival Film Cannes ke-67 dan memenangkan berbagai penghargaan, seperti termasuk Debut Sutradara Terbaik di Festival Film Internasional Stockholm, Sutradara Terbaik di Women in Film Festival Korea dan Skenario Terbaik di Wildflower Film Awards. 

Film panjang kedua July, Next Sohee yang diproduksi pada 2022 merupakan film penutup Pekan Kritikus Festival Film Cannes ke-75. Film ini memenangkan penghargaan kategori Best Director dalam Festival Film Internasional Fantasia; Audience Award dalam Festival Film Internasional Amiens; dan Special Jury Award di Tokyo Filmex; serta penghargaan lainnya.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Mulai Dijual 21 September, Cek Harga Tiket Konser TWICE 5th World Tour Ready To Be di Jakarta

BERIKUTNYA

Sinopsis Film A Haunting In Venice, Mengungkap Pembunuhan di Ritual Pemanggilan Arwah

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: