God Bless (Sumber Foto: Instagram/@godblessrocks)

4 Band yang Dibentuk oleh Personel God Bless, dari Duo Kribo sampai Kantata Takwa

25 September 2023   |   17:38 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Like
God Bless merupakan band rock legendaris yang punya rekam jejak panjang di belantika musik tanah air. Pertama kali band ini dibentuk pada 5 Mei 1973 dan telah mengalami bongkar pasang personel. Sampai saat ini God Bless telah mengukuhkan personelnya dengan formasi 5 orang.

Band yang terkenal dengan lagu Rumah Kita tersebut kini beranggotakan Achmad Albar (vokal), Ian Antono (gitar), Donny Fattah (bass), Abadi Soesman (kibor), dan Fajar Satritama (drum).

Baca juga: Rekam Jejak God Bless, Band Rock Legendaris Indonesia yang Jaya di Era 70-80an

Selain disibukkan dengan aktivitas bermusiknya dengan God Bless, mereka juga membentuk band lain untuk meramaikan khasanah musik Indonesia dengan genre yang makin variatif. Nah Genhype, berikut adalah band yang dibentuk dan beranggotakan personel God Bless.


1. Duo Kribo

Duo Kribo populer pada era 70-an, terdiri dari Ahmad Albar dan Ucok Harahap yang juga merupakan vokalis AKA Band. Ide nama grup ini terinspirasi dari kedua anggotanya yang sama-sama memiliki rambut kribo. Album duet mereka langsung melejit di pasaran sampai terjual 100.000 kaset.

Kesuksesan Duo Kribo tak hanya di Indonesia saja, melainkan sampai ke negeri tetangga yakni Malaysia dan Singapura. Selain itu, duo ini juga pernah membuat film bertajuk Duo Kribo pada 1977 yang disutradarai oleh Edward Sirait. Sinopsisnya menceritakan tentang persaingan dua rocker berambut kribo tentang musik dan wanita.


2.  Edane

Edane dibentuk sejak 1991, band ini pada awalnya merupakan proyek duo bernama E & E yang beranggotakan Eet Sjahranie dan Ekki Soekarno. Nama E dan E di ambil dari inisial keduanya. Eet Sjahranie merupakan mantan gitaris God Bless, dia meninggalkan band rock tersebut untuk mendirikan Edane.

Sayangnya Ekki Soekarno keluar dari Edane karena sibuk dengan aktivitas bermusiknya. Proyek E & E ini terus berlanjut dengan menggandeng Ecky Lamoh yang juga memiliki inisial E. Sampai akhirnya pada 1992 E & E bertransformasi menjadi format band bernama Edane dengan tambahan anggota Iwan Xaverius (Jet Liar) dan Fajar Satritama yang kini memegang posisi drummer God Bless.

Sampai sekarang Edane telah merilis enam album studio dan satu album kompilasi. Grup ini berhasil meraih perhargaan dari Anugerah Musik Indonesia hingga Hammersonic Award. Orientasi musik Edane banyak dipengaruhi oleh gaya band Pantera, Van Halen, dan AC/DC.


3. Gong 2000

Terbentuknya Gong 2000 tak terlepas dari peran Titiek Saelan, istri Ian Antono gitaris band God Bless. Titik mendorong suaminya untuk membentuk komunitas musisi bernama Bengkel Musik Gong. Komunitas ini bertujuan sebagai wadah untuk memberdayakan musik rock dan para musisi muda yang menekuni musik keras tersebut.

Bengkel Musik Gong kemudian memperkenalkan Gong 2000 dalam format band yang beranggotakan Achmad Albar (Vokal), Mates (bas), Indra Lesmana (kibor), Gilang Ramadhan (drum) dan Yuke Semeru (bass). Bisa dibilang Gong 2000 merupakan miniatur dari God Bless karena sebagian besar personelnya merupakan anggota God Bless.

Gong 2000 banyak berkolaborasi dengan para musisi dan penyanyi solo seperti Nicky Astria, Ikang Fawzi, Iwan Fals, Gito Rollies, dan Hari Moekti.


4. Kantata Takwa

Saat God Bless rehat dari industri musik, Donny Fattah diajak oleh Setiawan Djody untuk memperkuat formasi grup Kantata pada 11989 dan merilis album pertama berjudul Kantata Takwa. Grup ini terdiri dari 7 orang personil diantaranya, Iwan Fals, Sawung Jabo, Setiawan Djody, Jockie Surjoprajogo, WS Rendra, Donny Fatah dan Innisisri.

Dilihat dari nama-nama personilnya, band ini bukan sekadar band biasa yang hanya bermusik semata. Kantaka Takwa bisa menjelma jadi ruang diskusi para anggotanya untuk membicarakan isu-isu sosial dan politik era orde baru. Lagu-lagu yang disajikan oleh mereka pun sarat akan kritik pada penguasa.

Baca juga: Harga & Cara Beli Tiket Konser Emas 50 Tahun God Bless di Istora Senayan


(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Pencinta Olahraga Lari Sambut Antusias Padma Run Semarang

BERIKUTNYA

Sherina Ungkap Proses Di Balik Pembuatan Musik Film Petualangan Sherina 2

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: