Apple resmi meluncurkan sistem operasi terbaru untuk iPhone, tak lain adalah iOS 17. (Sumber gambar: Apple)

Fitur-fitur yang Jadi Highlight di iOS 17 

20 September 2023   |   15:22 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Like
Setiap tahun, raksasa teknologi Apple merilis jajaran produk terbarunya. Tidak hanya perangkat keras seperti smartphone, tablet, laptop, dan komputer, mereka rutin memperkenalkan sistem operasi anyar. Tahun ini, Apple meluncurkan perangkat lunak mutakhir untuk ponsel, iOS 17, yang sudah bisa dinikmati pengguna awal pekan ini. 

Operating system iOS 17 pertama kali diumumkan pada ajang Worldwide Developers Conference (WWDC) pada Juli 2023, tapi baru resmi dirilis ke seluruh pengguna pada September. Pembaruan pada tahun ini mencakup banyak hal menarik. 

Baca juga: Rekap Apple Event September 2023, Peluncuran iPhone 15, Watch Series, dan Airpods Pro
 

Dirangkum Hypeabis.id dari laman resmi Apple, berikut ini adalah fitur-fitur unggulan yang bisa dirasakan pengguna iPhone dengan sistem operasi terbarunya itu. 
 

1. Contact Posters 

Salah satu fitur yang menjadi highlight dari iOS 17 ketika peluncurannya adalah Contact Posters baru, yang memungkinkan pengguna memilih foto, Memoji, dan font untuk mengubah tampilannya saat menelepon pengguna iPhone lainnya. Fitur ini tetap bisa diimplementasikan dengan aplikasi pihak ketiga. 
 

2. NameDrop 

Fitur iOS 17 lain yang juga mendapat banyak sorotan adalah NameDrop. Ini merupakan fitur AirDrop memungkinkan pengguna iPhone bertukar informasi kontak dengan orang lain, dengan cara mendekatkan smartphone masing-masing. 

Untuk saat ini, fitur tersebut hanya tersedia di perangkat iPhone. Namun, Apple berjanji bahwa pada akhir 2023, pengguna juga akan bisa mengirimkan kontak ke Apple Watch generasi tertentu. 
 

3. Stiker Pesan 

Perusahaan di bawah kepemimpinan Steve Jobs itu juga memperkenalkan peningkatan fitur yang terkait dengan stiker. Di iOS 17, Sticker iMessage menghadirkan semua item termasuk stiker langsung, Memoji, Animoji, emoji, dan stiker pihak ketiga dalam satu tempat. Ini akan memudahkan pengguna untuk mengakses stiker saat berkirim pesan. 

Dengan sistem operasi ini, pengguna iPhone juga bisa membuat stiker sendiri dari hasil gambar yang telah diambil. Dengan fitur Sticker Live, mereka bisa membuat objek foto atau video dengan menambahkan beberapa efek yang disediakan. 
 

4. Pesan Suara Langsung 

Dengan update ke iOS 17, ketika pengguna iPhone menerima panggilan, mereka bisa mengirimkannya langsung ke pesan suara dengan tombol yang tersedia di layar kunci ponsel. Selain itu, ketika penelepon meninggalkan pesan suara, pesan itu bisa ditranskripsikan secara real time
 

5. Otentikasi dan Privasi 

Pengguna iPhone dengan sistem operasi baru yang memakai layanan Mail Apple atau Safari mendapat peningkatan fitur otentikasi yang menarik. Jadi, saat kode login dikirim ke email, kode itu akan secara otomatis muncul di bagian atas keyboard, yang memudahkan mereka karena tidak lagi harus membuka email tersebut. 

Tak hanya otentikasi, bagian privasi juga dapat update. Mode penelusuran pribadi di smartphone pengguna, yang tidak menyimpan riwayat pencarian web, kini bisa dilindungi dengan kata sandi dan dibuka dengan Face ID. 
 

6. Keamanan Komunikasi 

Fitur keamanan komunikasi dari Apple yang mencegah anak-anak melihat gambar dan video sensitif telah diperluas, tidak hanya di layanan iMessage tapi hingga ke AirDrop, Poster Contact, dan FaceTime. Ini juga bisa dimanfaatkan orang dewasa untuk menentukan apakah akan melihat konten itu atau tidak. 

Perusahaan menyebut bahwa seluruh pemrosesan gambar dan video yang ada di fitur perlindungan ini terjadi di perangkat masing-masing, dan tidak dikirim ke Apple. Dengan begitu, mereka bisa menjamin keamanan konten yang dikirimkan para penggunanya. 


7. Siri 

Update ini mungkin bukan menjadi hal besar, tapi bisa bikin lebih efisien. Jadi, pengguna iPhone dengan sistem operasi iOS 17 tidak lagi harus mengucapkan “Hey Siri” untuk mengaktifkan layanan asisten suara. Alih-alih, mereka hanya tinggal bilang “Siri” (tanpa Hey/Hi), Selain itu, kalian juga tidak perlu mengucapkannya lagi untuk membuat perintah berturut, tinggal tambah perintah lain saja. 
 

Kompatibilitas & Cara Instal 

Seperti versi-versi sebelumnya, sistem operasi iOS 17 tidak bisa dinikmati oleh semua pemilik iPhone. Ada batasan tertentu yang harus dipenuhi untuk dapat menikmati fitur-fitur baru yang disuguhkan. 

Dengan perilisan sistem terbarunya itu, Apple resmi mengakhiri dukungan perangkat lunaknya untuk smartphone iPhone X, iPhone 8, iPhone 8 Plus. Sementara itu, para pengguna iPhone XR/XS, iPhone SE generasi kedua dan ketiga, serta ponsel iPhone generasi di atasnya, bisa mengunduh dan menjalankan iOS 17. 

Cara untuk mengunduhnya cukup simpel. Tinggal pergi ke menu Pengaturan, pilih Umum, pilih Pembaruan Perangkat Lunak. Di sana kalian akan melihat opsi untuk mengunduh pembaruan sistem operasi, lalu tinggal pilih Unduh dan Instal. Setelah selesai, pilih Instal Sekarang. 

Akan tetapi, sebelum mengunduh sistem operasi baru ke iPhone, disarankan kepada pengguna untuk mencadangkan perangkat untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti kehilangan data tertentu. 

Baca juga: Spesifikasi dan Harga iPhone 15 Pro dan Pro Max, Unggulkan Material Titanium

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Go Yoon Jung Dikonfirmasi Bintangi Spin-Off Hospital Playlist

BERIKUTNYA

Ketika Ulos Memukau Penikmat Mode di Panggung New York Fashion Week

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: