Ilustrasi pemakaian masker untuk orang berkacamata. (Dok. Omar Sotillo Franco dari Unsplash)

4 Kiat Memakai Masker Agar Kacamata Tidak Berembun

13 August 2021   |   17:11 WIB

Memakai masker kini menjadi bagian dari rutinitas sehari-hari saat bepergian ke luar rumah . Bagi Genhype yang menggunakan kacamata, salah satu tantangan saat menggunakan masker adalah ketika harus berhadapan dengan lensa yang terus berembun setiap kali Genhype bernapas.

Embun pada lensa seringkali menjadi hambatan dalam pandangan dan mempersulit dalam setiap aktivitas yang dilakukan. Karena itu, Hypeabis.id berbagi tips untuk mengurangi risiko kacamata berembun akibat penggunaan masker. Simak yuk!

1. Cuci kacamata dengan air sabun
Studi milik Sheraz Shafi Malik dan Shahbaz Shafi Malik yang ditayangkan di jurnal Annals of The Royal College of Surgeons of England menyarankan untuk mencuci kacamata dengan air sabun lalu diangin-anginkan atau dikeringkan dengan tisu lembut.

Alasannya adalah penggunaan air sabun menciptakan lapisan surfaktan atau lapisan khusus yang bisa mengurangi tekanan permukaan serta membuat molekul air tersebar merata ke lapisan tersebut. Meski tidak instan, tapi cara ini bisa dilakukan selama beberapa kali dalam sehari.

2. Pakai krim atau busa untuk bercukur
 

Ilustrasi krim cukur. (Dok. Maria Orlova dari Pexels)

Ilustrasi krim cukur. (Dok. Maria Orlova dari Pexels)

Mirip dengan penggunaan air sabun, trik busa atau krim cukur ini bisa digunakan dengan cara mengoleskan lensa kacamata dengan sedikit krim yang dituangkan pada jari. Kemudian biarkan krim mengering dan bersihkan dengan lap kacamata yang lembut atau kain serat mikro (microfibre).

3. Cairan anti-embun
Cairan anti embun merupakan cara tercepat jika Genhype membutuhkan waktu yang cepat untuk mencegah pengembunan pada kacamata. Kelebihannya adalah cairan yang umum digunakan pada kacamata renang, menyelam, adn snorkeling ini bisa dicari di toko daring dan memiliki konsep yang mirip dengan penggunaan air sabun pada lensa kacamata.

Tapi layaknya ketika mengaplikasikan cairan krim cukur, kacamata yang disiapkan juga harus dalam keadaan bersih sehingga tidak menyebabkan iritasi dan mengurangi gangguan pada lensa.

4. Melipat bagian atas masker
 

Ilustrasi lipatan tisu pada masker. (Dok. Youtube C Channel)

Ilustrasi lipatan tisu pada masker. (Dok. Youtube C Channel)

Trik ini berasal dari panduan yang disarankan oleh sebuah video life hack dari kanal Youtube C Channel yang mengajarkan pengguna masker untuk melipat bagian atas masker sebanyak satu sentimeter ke bagian dalam masker wajah. 

Akan tetapi, masa pandemi membuat munculnya saran pemakaian masker yang benar sehingga cara ini berpotensi kurang bisa efektif untuk menggunakan masker sebagai alat perlindungan dan pencegahan penyebaran virus Covid-19. 

Cara lain yang ditawarkan adalah menyisipkan tisu yang sudah dilipat di dalam bagian atas masker, di mana tisu kering ini diletakkan tepat di bagian kawat hidung pada masker. Tujuannya adalah agar embun yang melewati masker tidak menyentuh lensa kacamata.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Comeback Stray Kids Bakal Beda, Penggemar Enggak Sabar Menunggu

BERIKUTNYA

Ini Lima Rekomendasi Bisnis Lokal Inspiratif dengan Produk Unik

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: