Suga BTS. (Sumber gambar: Suga BTS Official Instagram)

Suga BTS Siap Jalani Wajib Militer Mulai 22 September

18 September 2023   |   16:55 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Suga BTS bersiap untuk memulai wajib militer (wamil). Penyanyi pemilik nama asli Min Yoon-gi itu akan memulai wajib militernya pada 22 September 2023. Kabar tersebut diumumkan oleh agensi BTS, BigHit Music, melalui pernyataan resminya pada 17 September 2023. Suga menjadi member ketiga yang menjalani wamil setelah Jin dan J-Hope.

"Terima kasih atas dukungan kalian yang berkelanjutan untuk BTS. Kami memiliki informasi lebih lanjut mengenai dinas militer Suga. Suga akan memulai wajib militernya pada 22 September," demikian tulis BigHit Music.

Masih dalam keterangan yang sama, pihak agensi juga memastikan bahwa tidak akan ada acara resmi apapun yang diadakan pada hari di mana Suga akan memulai wajib militernya, atau pada hari sang idola memasuki kamp pelatihan.

"Kami dengan hormat meminta para penggemar untuk tidak mengunjungi Suga di tempat kerjanya selama masa wajib militernya. Mohon sampaikan salam hangat dan dorongan dalam hati kalian saja," tulis pihak agensi.

Baca juga:   V BTS Tebar Pesan tentang Refleksi Diri untuk ARMY Lewat Album Layover

Dalam pernyataan tersebut, BigHit Music juga menyinggung soal sejumlah pihak tidak bertanggung jawab yang menggunakan merek BTS untuk menggelar beberapa acara dan meraup keuntungan, seperti acara musik ataupun paket produk yang menggunakan kekayaan intelektual artis secara ilegal.

Pihak agensi pun menegaskan bahwa mereka akan mengambil tindakan yang sebagaimana mestinya terhadap upaya aktivitas komersial apapun yang menggunakan kekayaan intelektual artis mereka secara tidak legal. 

"Kami meminta cinta dan dukungan kalian yang berkelanjutan untuk Suga hingga dia menyelesaikan pengabdiannya dan kembali. Perusahaan kami juga akan berusaha memberikan semua dukungan yang dia butuhkan selama ini. Terima kasih," tulis BigHit Music mengakhiri pernyataan resminya.
 


Dengan kepastian ini, Suga akan menjadi member ketiga BTS yang mengikuti wajib militer. Sebelumnya, Jin dan J-Hope telah terlebih dahulu mendaftar dan kini sedang menjalani wamil di Korea Selatan.

Jin telah masuk ke dalam program wajib militer di sana sejak 4 Desember 2022. Kemudian, J Hope menyusul pada April 2023. Hal ini membuat BTS tak bisa tampil dalam formasi penuh.

Untuk itu, dalam beberapa waktu terakhir, BigHit Music tampak fokus pada proyek individu. Setelah Suga kini ikut wamil, diprediksi comeback mereka dalam formasi penuh baru akan terjadi pada 2025.

Sebagai informasi, Korea Selatan memang masih menjadi negara yang mewajibkan warga negaranya untuk wajib militer. Kebijakan di Negeri Gingseng, pria berusia 18 tahun sampai 28 tahun wajib ikut wamil selama dua tahun.

Aturan itu juga tertuang adalam Undang-Undang Dinas Militer 2020. Program ini umumnya berjalan selama 18 bulan sampai 21 bulan.

Informasi Suga BTS untuk menjalani wamil ini diumumkan setelah dirinya merampungkan proyek solonya yakni merilis debut album D-Day, sekaligus menggelar tur dunia di 28 titik di berbagai negara Asia dan Amerika. Tur tersebut dimulai di Kota New York, AS, pada 26 April 2023 dan berakhir di Seoul, Korea Selatan, pada 6 Agustus 2023.

Sementara debut album solo Suga, D-Day, dirilis pada 21 April 2023. Album tersebut terdiri dari 10 lagu yakni D-Day, Haegeum, Huh?! feat. J-Hope, Amygdala, SDL, Pepople Pt.2 feat. IU, Polar Night, Interlude: Dawn, Snooze feat. Ryuichi Sakamoto dan Woosung of the Rose, dan Life Goes On.

Secara umum, kesepuluh lagu tersebut bercerita tentang pandangan sosial dan refleksi pribadi yang menggugah dari Suga. Termasuk, tema-tema seputar pembebasan dari perasaan tertentu, di mana masa lalu dan masa depan kerap kali mengendalikan seseorang.

Dari segi aransemen musik, album ini menampilkan beragam suara dan genre, termasuk boom bap, coats of Auto-Tune, rock alternatif, dan sampel piano dari komposer Jepang Ryuichi Sakamoto .

Album D-Day sukses di pasaran dan mendapatkan sejumlah pujian kritis. Berdasarkan data Hanteo Chart, album D-Day terjual 1.072.311 eksemplar di seluruh dunia pada hari pertama perilisannya.

Capaian ini melampaui rekor yang sebelumnya dibuat oleh Jimin BTS yang menjual 1.021.532 eksemplar untuk album solo debutnya, Face, yang dirilis pada Maret 2023. Suga menjadi artis solo Korea kedua dalam sejarah Hanteo Chart setelah Jimin yang melampaui satu juta penjualan pada hari pertama. 

Baca juga:  Jungkook BTS Meraih Kemenangan Bersejarah di MTV VMAs 2023 untuk Kategori Song of Summer

Editor: Puput Ady Sukarno

SEBELUMNYA

Tren Organic Parenting, Gaya Pengasuhan Ramah Lingkungan yang Populer di Skandinavia

BERIKUTNYA

Polisi dan Tim Ahli Mulai Pisahkan Puing Kebakaran dan Aset Museum Nasional, Begini Prosesnya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: