Ilustrasi kaca mobil (dok: Unsplash/Victoria Palacios)

Ketahui 2 Jenis Kaca Mobil & Perbedaanya

01 October 2021   |   22:13 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Setiap pabrik mobil memiliki standar tersendiri mengenai bahan kaca mobil yang digunakan. Standar utama yang biasanya dipenuhi adalah faktor keamanannya. Kaca harus lebih kuat serta memiliki tingkat kegelapan tertentu. Peran kaca pada sebuah kendaraan bukan hanya membuat pengemudi dengan mudah melihat bagian luar, tetapi juga untuk menjaga privasi.

Tak heran banyak yang menambahkan stiker film supaya tidak bisa terlihat dari orang luar. Terlepas dari penggunaan stiker, kaca mobil juga terbagi menjadi berbagai jenis. kalian perlu tahu apa saja jenis kaca yang digunakan untuk mobil. Tujuannya adalah untuk perawatan sekaligus tahu betul mana jenis kaca yang harus dipilih andaikan harus mengganti kaca pada mobil. 

Jenis kaca ini dibedakan menjadi dua yaitu kaca tempered dan juga kaca laminated.  Kalian pasti sudah tidak asing lagi ketika mendengar kedua jenis kaca ini. Karena pada dasarnya, baik itu kaca tempered dan laminated tak hanya digunakan sebagai kaca mobil saja. Banyak juga yang memanfaatkannya sebagai kaca rumah atau kanopi. 

Kaca memiliki peranan yang sangat besar untuk melindungi penumpang mobil. Tingginya tekanan udara pada saat mobil dikendarai dengan kencang bahkan melindungi dari hujan dan panas menjadi pertimbangan besar dalam pembuatan kaca. 

Oleh karena itulah setiap produsen mobil tidak sembarangan menggunakan kaca, baik jenis dan juga ketebalannya. Untuk lebih mengenal jenis kaca mobil, berikut penjelasan dari Suzuki Indomobil Sales memgenai kedua jenis kaca itu, mulai dari pengertian sampai perbedaanya. 
 

1. Kaca mobil tempered

Disebut juga dengan kaca temperlite atau kaca jagung. Pada sebuah kendaraan pribadi biasanya kaca tempered digunakan pada bagian samping dan belakang. Kaca tempered adalah jenis kaca yang dibuat dengan memanfaatkan suhu 650 derajat Celcius. 

Tekstur kacanya sangat keras dan tidak mudah pecah meskipun terkena benturan. Banyak juga kendaraan umum seperti bus yang menggunakan kaca tempered. Kaca tempered dapat pecah ketika ditembus oleh benda tajam sampai 1/6 ketebalannya. 

Saat pecah maka kaca ini akan berubah menjadi potongan sangat kecil sebesar biji jagung. Butiran pecahan kaca tempered juga tidak tajam jadi cukup aman. 
 

2. Kaca mobil laminated

Jenis yang kedua adalah kaca laminated atau yang sering disebut dengan lamisafe. Mengapa lamisafe? Karena pembuatannya melibatkan dua buah lapisan kaca dengan ukuran tebal 2 mm di mana bagian tengahnya disisipi oleh lembaran film. 

Lembaran film disebut dengan Polyvinyl Butiral Film atau PVB. Lapisan film yang dibentuk lebih kuat dan tidak mudah pecah sama seperti kaca tempered. Selain itu karena adanya lembaran film, maka mampu menahan sinar UV sampai 96 persen. 

Kelebihan inilah yang membuat kaca mobil laminated digunakan untuk bagian depan mobil. Alasan lain mengapa jenis kaca mobil ini menjadi kaca depan karena ketika pecah tidak akan langsung berhamburan. 

Kemampuan kaca ini akan mengamankan pengemudi dan penumpang di bagian depan supaya tidak terkena pecahan kaca secara berlebihan. Karena pecahan kaca akan terlebih dahulu ditampung oleh lembaran film yang ada di bagian tengah. 

Lalu apa saja perbedaan antara kaca tempered dan kaca mobil lamisafe? Pertama, adalah soal lapisan film. Kaca tempered tidak memiliki lapisan film sehingga perlu menambahkannya supaya suhu kabin tidak terlalu panas saat dikendarai siang hari. 

Kedua, kaca tempered lebih kuat lima kali lipat dibandingkan kaca laminated. Meskipun kaca tempered dipukul berkali-kali namun tidak akan mudah pecah. Selama tidak ada benturan yang mengenainya sampai 1/6 ketebalannya. 

Ketiga adalah jika kaca tempered pecah, maka pecahannya akan lebih berbahaya dibandingkan kaca laminated. Karena kaca laminated tidak mudah pecah berkeping -keping berkat adanya lapisan film di tengah. 

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Suka Kopi? Ini 9 Efek Samping Kafein pada Tubuh

BERIKUTNYA

Microsoft Rilis Mouse Unik Dibuat dari Plastik Daur Ulang Sampah Laut

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: