Beberapa jenis anggrek yang terdapat di stand Centra Anggrek, pameran Flona 2023. (Sumber gambar: Yulita Theresia Maghi/Hypeabis.id)

5 Rekomendasi Tanaman Anggrek Cantik dengan Warna Unik

29 September 2023   |   21:04 WIB
Image
Yulita Theresia Maghi Mahasiswi Jurnalistik Universitas Nusa Nipa Indonesia, Maumere.

Like
Pameran Flona kembali diadakan di Taman Lapangan Banteng, Jakarta Pusat. Pameran yang diadakan sejak 15 September hingga 16 Oktober 2023 ini, menghadirkan berbagai jenis tanaman hias, bibit tanaman berbuah hingga beberapa jenis hewan mulai dari kecil hingga yang berukuran besar.

Salah satu tanaman hias yang banyak dijumpai dalam pameran ini adalah Anggrek. Dilansir dari  situs Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, di wilayah Indonesia terdapat kurang lebih 5.000  jenis anggrek yang menyebar di beberapa pulau mislanya keindahan anggreknya di wilayah Sumatra, Kalimantan, dan Papua.

Baca juga: 4 Cara Merawat Anggrek Bulan supaya Bunganya Mekar dengan Indah

Jenis tanaman hias yang masuk dalam famili Orchidacea ini, memiliki berbagai jenis. Saat di jumpai di stand pameran Flona 2023, Suleman atau yang sering disapa Sule, merupakan karyawan di toko Centra Anggrek, menjelaskan  beberapa jenis anggrek dengan corak bunga yang cantik dan cocok dipajang di rumah.
 

1. Anggrek Vanda

Ciri yang membedakan anggrek Vanda dengan lainnya adalah  memiliki ciri batang berbentuk bulat, berukuran tinggi dan juga kokoh. Anggrek ini memiliki lebar daun mencapai 3 cm dan panjang daun mencapai 45 cm. Jenis anggrek yang banyak dijumpai di Sumatera ini, memiliki berbagai corak yang menarik, misalnya bruntusan berwarna cokelat kekuningan, dan juga warna merah, pink yang dipadukan dengan warna keunguan.

“Kalau kalian mau ngerawat anggrek ini, sebaiknya kalian simpan di tempat yang bisa terkena cahaya, namun tidak langsung terpapar panas matahari. Kalian bisa menggunakan pelindung dari plastik bening, atau plarante 50 persen,” jelas Sule.

2. Anggrek Dendrobium

Bagi  phytopile wajib untuk mengoleksi tanaman hias yang satu ini. Anggrek Dendrobium merupakan jenis tanaman hias yang masuk dalam spesies cucumerinum, dengan proses perkembanganbiakan akar secara rhizome. Anggrek yang berasal dari Australia ini, memiliki batang bunga yang tegak dan kokoh, serta dekalinya berbunga dapat mencapai 18 kuntum per bulannya.

“Kalau untuk tanaman ini, kalian bisa menyimpannya di suhu yang sedang atau misalnya pada suhu 30 an derajat, hal ini karena suhu menjadi salah satu faktor cepat berbunga,” tutur Sule.
 
Sepintas, anggrek ini memiliki ciri yang hampir sama dengan anggrek  Anggrek Phalaenopsis atau bulan. Namun, yang membedakan kedua tanaman anggrek ini adalah daun dendrobium yang lebih lebar serta memiliki kelopak bunga yang lebih cerah dan tebal jika dibandingkan dengan anggrek bulan.
 

3. Anggrek Phalaenopsis

Jenis anggrek yang lebih sering dikenal dengan nama anggrek bulan, dapat dijumpai di beberapa negara, misalnya Malaysia, Indonesia, dan Australia. Di  Indonesia, anggrek ini banyak dijumpai di pedalaman Papua dan Maluku dengan nama anggrek terbang.

Namun beberapa wilayah lain di Indonesia seperti Bali juga memiliki bunga anggrek bulan atau sering disebut anggrek wulan. Selain itu, Pulau Jawa pun memiliki jenis anggrek bulan yang diberi nama anggrek menur.

“Untuk anggrek bulan, sebaiknya kalian menyimpan di tempat yang lebih teduh atau ternaungi, karena bunga ini lebih sensitif terhadap paparan matahari secara langsung. Dan hindari penyiraman terlalu sering pada bunga karena akan membuat tanaman anggrek ini cepat layu, ” kata Suleman.


4. Anggrek Oncidium

Jenis tanaman hias yang satu ini lebih populer dengan nama anggrek wanita penari dan anggrek macam. Hal ini dikarenakan keelokan dan juga motifnya yang cantik dan totol-totol seperti macan. Bagi kalian yang menyukai anggrek dengan warna yang indah, kalian dapat mengoleksi jenis tanaman hias ini. Sebab anggrek oncidium memiliki warna yang cerah seperti, merah, pink, ungu,kuning, cokelat, dan juga putih.

Anggrek ini memiliki berbagai macam spesies seperti oncidium leucochilum, tigrinum, varicosum, ampliatum,  renyahum, splendidum, luridum dan masih banyak lainnya. Biasanya anggrek ini banyak dikoleksi oleh para pencinta tanaman hias, ini karena perkembangan tunasnya yang mudah berkembang.

Bagi kalian yang ingin merawat anggrek oncidium, sebaiknya memperhatikan kelembaban media tanamnya. Hal ini karena spesies anggrek yang banyak dijumpai di tumbuhan lain dapat menyerap nutrisi dari udara.
 

5. Anggrek Grammatophyllum

Salah satu jenis anggrek yang banyak dicari oleh para phytopile atau pencinta tanaman adalah anggrek grammatophyllum. Jenis anggrek ini juga dapat ditemukan di beberapa wilayah Indonesia, misalnya wilayah Kalimantan dan juga Sulawesi. Spesies yang paling banyak di temukan di dua wilayah ini adalah grammatophyllum scriptum.

Tanaman yang satu ini memiliki ciri daun berbentuk linier dengan panjang hingga 60 cm. Ukuran bunga anggrek grammatophyllum memiliki ukuran yang lumayan besar dengan ciri khusus bunga berwarna hijau zaitun atau cokelat dengan aksen motif bintik-bintik coklat. Bagi kalian yang ingin membudidayakan tanaman ini, wajib menyediakan media tanam yang lembab namun tetap mengutamakan penyinaran.

Baca juga: Menikmati Perpaduan Hutan Pinus & Anggrek di Orchid Forest Cikole 18 September 2023 | 22:30 WIB
 
(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Koleksi Arca Museum Nasional, Salah Satunya Arca Bhairawa Setinggi 4 Meter

BERIKUTNYA

Jadi Maskot Museum, Simak Asal-Usul Patung Gajah & Sejarah Pendirian Museum Nasional

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: