Orchid Forest (Sumber gambar: Instagram.com/orchidforestcikole)

Menikmati Perpaduan Hutan Pinus & Anggrek di Orchid Forest Cikole

18 September 2023   |   22:30 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Lembang telah lama dikenal sebagai destinasi populer yang sering disambangi wisatawan saat ke Bandung. Selain menawarkan udara yang sejuk, Lembang juga menghadirkan estetika melalui ribuan pohon pinus yang menjulang tinggi. Keindahan hutan pinus ini menjadi penyejuk mata sekaligus latar berfoto yang apik.
 
Jika hutan pinus saja sudah menjadi daya tarik tersendiri, bagaimana jika pemandangan hijau ini dipadukan dengan cantiknya tanaman anggrek? Konsep ini bisa ditemukan saat Genhype berkunjung ke Orchid Forest Cikole, sebuah tempat wisata hutan pinus dan anggrek yang menyatu dengan asri nan berwarna.

Orchid Forest Cikole memiliki lebih dari 150 jenis tanaman anggrek yang siap menghipnotis mata para pengunjung. Beragam tanaman ini bikin suasana hutan pinus berseling dengan warna-warni unik. Telah ada sejak 2017, tempat wisata ini menjadi salah satu taman bunga yang menampilkan banyak suku anggrek dari berbagai negara dalam lahan sekitar 12 hektare. 

Baca juga: Bersantai di Limasegi Dipinus, Kedai Kopi di Tengah Hutan Pinus Cikole yang Sejuk
 

Orchid Forest (Sumber gambar: Instagram.com/orchidforestcikole)

Orchid Forest (Sumber gambar: Instagram.com/orchidforestcikole)

Marketing Orchid Forest Cikole Titin Susanti menjelaskan, taman anggrek ini hadir dengan konsep taman wisata alam yang memungkinkan pengunjungnya menikmati wisata rekreasi alam, sekaligus melestarikan hutan pinus dan anggrek. Selain itu, wisata alam berkonsep pelestarian ini juga dibuat ramah keluarga dan bersifat edukatif.

Surga hutan pinus anggrek ini membuka berbagai jenis atraksi menarik yang ramah anak, misalnya Rabbit Forest sebagai tempat anak berinteraksi langsung dengan para kelinci dan Orchid Castle yakni wahana bermain anak yang bisa menguji adrenalin si kecil. 
 
Untuk mengedukasi anak terkait flora, pengunjung bisa datang ke area Orchid House yang akan menyajikan berbagai jenis anggrek dari seluruh penjuru dunia, termasuk jenis-jenis anggrek dari Indonesia, Filipina, hingga Argentina. Pengunjung juga bisa berfoto di dekat tanaman anggrek yang indah dan eksotis.
 

Orchid Forest (Sumber gambar: Instagram.com/orchidforestcikole)

Orchid Forest (Sumber gambar: Instagram.com/orchidforestcikole)

Setelah wisata edukasi, pengunjung bisa melipir ke wahana Putt-Putt Golf. Atraksi ini menjadi daya tarik baru yang ditawarkan Orchid Forest Cikole untuk memberi pengunjung pengalaman bermain golf di area hutan sejuk. Wahana golf ini sudah dilengkapi dengan 14 holes.
 
Di antara deretan wahana menarik tersebut, Orchid Forest Cikole memiliki salah satu trademark yang paling ramai dikunjungi. Wahana itu adalah Wood Bridge, sebuah jembatan panjang yang membentang di tengah hutan pinus yang indah. Jembatan ini akan memperlihatkan warna-warni dari lampu yang menyorot ke atas hutan pinus yang megah berbalut kabut tipis. 

Lampu bernuansa hangat juga menerangi jalan jembatan dengan ornamen kayu berwarna cokelat. Wisata ini cocok dijajal saat malam hari tiba. Lantaran jembatannya dibuat menggantung, pengunjung akan menyaksikan bagian bawah di sisi kanan dan kiri jembatan yang penuh dengan aneka warna lampu seperti biru, merah muda, dan ungu. 
 
Puas berkeliling, lapar pun datang. Jangan khawatir, Orchid Forest Cikole sudah dilengkapi dengan 5 fasilitas restoran yakni Aspasia Café, Pine Kitchen, Food Corner, Food Court, dan yang paling populer Golden Pine. Berbagai restoran ini bisa dijajal dengan beragam menu otentik hingga mengenyangkan.

Bagi penyuka musik, tempat wisata ini juga siap menghibur lewat alunan musik menyenangkan di area Terrace Paphio Orchid Forest. Live music ini selalu diadakan reguler tiap weekend. Meski ramai saat akhir pekan, Titin mengaku pihak manajemen tidak mematok harga tiket lebih mahal saat ada sesi live music.

“Tidak ada perbedaan harga tiket masuk pada weekend maupun weekday. Namun, karena Orchid Forest Cikole berada di kawasan Lintas Hutan Indah Perhutani maka dikenakan tiket asuransi,” katanya.
 
Orchid buka setiap hari mulai pukul 09.00-18.00 WIB untuk weekdays dan 08.00-19.00 WIB untuk weekdays. Pihak wisata juga mematok harga yang sama yakni Rp40.000, dengan tambahan tiket asuransi Rp10.000 untuk weekend dan Rp7.500 untuk weekdays. Harga tiket ini sudah termasuk kunjungan ke Orchid House dan Rabbit Forest. Sementara atraksi lainnya seperti Wood Bridge, Orchid Castel, dan Putt-Putt Golf dihargai mulai dari Rp10.000.
 
Untuk sampai ke lokasi, pengunjung bisa menempuh jarak sekitar 20 km dari pusat Kota Bandung melewati Jalan Raya Tangkuban Perahu, lurus terus lalu belok di Jalan Cikole Jayagiri menuju Genteng hingga mendapati Orchid Forest Cikole di sebelah kanan.

Baca juga: Menikmati Kesejukan dan Panorama Kebun Teh di Nimo Highland

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

5 Rekomendasi Tanaman Hias untuk Konsep Rumah Minimalis

BERIKUTNYA

Profil Lies AR, Gitaris Dara Puspita yang Memberi Warna di Kancah Musik Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: