Museum Nasional (Sumber Foto: Kemdikbud)

Museum Nasional Kebakaran, Simak Sejarah Berdirinya Sejak 1778

16 September 2023   |   21:39 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Kabar duka datang dari Museum Nasional atau yang juga dikenal sebagai Museum Gajah. Hari ini, sskitar pukul 20.00 WIB pada Sabtu (16/9/2023) situs penyimpanan koleksi benda bersejarah tersebut dilalap api. Diketahui lokasi kebakaran terjadi di Gedung A, sementara itu penyebabnya belum diketahui. 

Berdasarkan indormasi dari Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta Satriadi Gunawan sebanyak 7 unit kendaraan dan 21 personil pemadam kebakaran telah dikerahkan untuk memadamkan api.

"Objek : Museum gajah Gedung A," demikian dikutip dari laporan Satriadi Gunawan.

Baca juga: Belajar Sejarah Lebih Mudah di Ruang ImersifA Museum Nasional

Adapun Sudin (Suku Dinas) Gulkarmat Jakarta Pusat sendiri telah mengerahkan 8 unit mobil dan 32 personel untuk memadamkan kebakaran di Museum Nasional yang berlokasi di jalan Medan Merdeka Barat, Gambir, Kota Jakarta Pusat. 

Museum Nasional sendiri merupakan museum tertua dan terbesar di Indonesia yang menyimpan 190.000 benda-benda bernilai sejarah yang terdiri dari 7 jenis koleksi. Mulai dari peninggalan zaman prasejarah, arkeologi masa klasik atau Hindu - Budha, Numismatik dan Heraldik, keramik. etnografi, geografi, dan sejarah.

Museum Nasional bernaung di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang memiliki visi yakni, terwujudnya Museum Nasional sebagai pusat informasi budaya dan pariwisata yang mampu mencerdaskan kehidupan Bangsa, meningkatkan peradaban dan kebanggaan terhadap kebudayaan national, serta memperkokoh persatuan dan persahabatan antar Bangsa.

Mengutip dari laman resminya, sejarah awal berdirinya museum nasional diawali dari sebuah himpunan bernama Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetenschappen yang didirikan oleh Pemerintah Belanda pada 24 April 1778.

Pada masa itu di Eropa sedang terjadi revolusi intelektual (the Age of Enlightenment) yakni era dimana orang-orang mulai mengembangkan pemikiran-pemikiran ilmiah dan ilmu pengetahuan. Hal tersebut mendorong orang-orang Belanda di Indonesia untuk mendirikan organisasi sejenis.

Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetenschappen (BG) merupakan lembaga independen yang didirikan untuk tujuan memajukan penetitian dalam bidang seni dan ilmu pengetahuan khususnya dalam bidang-bidang ilmu biologi, fisika, arkeologi, kesusastraan, etnologi dan sejarah.

Salah seorang pendiri lembaga ini, yakni JCM Radermacher menyumbangkan rumah miliknya di Jalan Kalibesar, Jakarta-Kota. Sampai akhirnya rumah tersebut sudah penuh dengan koleksi, kemudian dipindahkan ke jalan Majapahit nomor 3 yang sekarang berdiri kompleks gedung sekretariat Negara, di dekat Istana kepresidenan.

Namun, jumlah koleksinya terus neningkat hingga museum di jalan Majapahit tidak dapat lagi menampung lagi. Sampai akhirnya pada 1862, pemerintah Hindia-Belanda membangun sebuah gedung museum baru di lokasi yang sekarang, yakni Jalan Medan Merdeka Barat No. 12.

Gedung ini secara resmi dibuka untuk umum pada 1868. Mengingat pentingnya museum ini bagi bangsa Indonesia, kemudian pada 17 September 1962 Lembaga Kebudayaan Indonesia menyerahkan pengelolaan museum kepada pemerintah Indonesia, dengan nama Museum Pusat.

Sampai akhirnya, berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, No.092/ 0/1979 tertanggal 28 Mei 1979, Museum Pusat sekarang dikenal sebagai Museum Nasional. 

Baca juga: Review Pameran Imersif The Magical Korea-ASEAN Cultural Heritage di Museum Nasional

Museum Nasional juga dikenal sebgaai Museum Gajah lantaran di halaman depannya terdapat sebuah patung gajah perunggu hadiah dari Raja Chulalongkorn (Rama V) asal Thailand yang pernah berkunjung pada 1871. Selain itu juga dijuluki sebagai Gedung Arca karena di dalamnya memang banyak tersimpan arca dengan jenis dan bentuk yang beragam peninggalan era sejarah dan prasejarah.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

BLZR.ID x Susan Budihardjo Mendobrak Batasan Maskulin dan Feminin dalam Koleksi Blazer Casual

BERIKUTNYA

Cara Cek Formasi CPNS 2023 untuk Instansi Pemerintahan Pusat dan Daerah di SSCASN BKN

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: