Charlie and The Chocolate Factory (Sumber: IMDb)

4 Rekomendasi Film Adaptasi Novel Roald Dahl, Cocok Ditonton Bareng Keluarga

14 September 2023   |   17:43 WIB
Image
Siti Sarah Jauhari Mahasiswa Universitas Padjadjaran

Penggemar cerita anak-anak pasti sudah tidak asing dengan Roald Dahl. Sosok yang merupakan penulis asal Inggris yang terkenal melalui karya novel anak-anaknya itu telah menerbitkan novel sejak 1943 dan buku-bukunya telah terbit hingga jutaan copy di seluruh dunia.

Novel garapan Roald Dahl terkenal dengan cerita fantasi dengan sentuhan ending tak terduga yang membuat pembacanya tidak bosan. Beberapa novel Roald Dahl pun telah diadaptasi menjadi film-film terkenal. Bahkan, beberapa film tersebut juga telah dibuat versi remake-nya beberapa tahun belakangan.

Berikut ini rekomendasi film yang diangkat dari novel Roald Dahl yang cocok ditonton bareng keluarga akhir pekan ini,

Charlie and The Chocolate Factory

Penyuka film fantasi pasti sudah tak asing dengan nama Willy Wonka, sosok berambut bob pendek pemilik pabrik cokelat dalam film Charlie and The Chocolate Factory. Film Charlie and The Chocolate Factory bercerita tentang Charlie, anak laki-laki dari keluarga miskin yang memenangi tiket emas untuk mengunjungi pabrik cokelat milik Willy Wonka.

Pabrik cokelat milik Wonka penuh dengan keajaiban, mulai dari sungai cokelat, hingga para oompa loompa yang bekerja di sana. Sosok Wonka yang eksentrik menambah keseruan dan menggugah rasa penasaran penonton. Meskipun merupakan film anak-anak, Charlie and The Chocolate Factory sarat akan nilai moral yang dapat dipetik, bahkan bagi orang dewasa. 

Uniknya, akan hadir pula film berjudul Wonka yang akan fokus menceritakan sosok Willy Wonka. Wonka akan diperankan oleh aktor muda Timothee Chalamet dan dikabarkan tayang pada akhir tahun 2023.


James and The Giant Peach

James and The Giant Peach merupakan film animasi yang diangkat dari novel karya Dahl dengan judul yang sama. Film ini pertama kali tayang pada 1996, tetapi pada 2010 dirilis pula versi special edition dengan kualitas grafis yang lebih bagus.

Film ini menceritakan James, seorang anak laki-laki yang terpaksa tinggal bersama bibinya yang kejam setelah kedua orang tuanya meninggal. 

Setelah bertahun-tahun terisolasi dan menerima perilaku kejam bibinya, James tak sengaja menumbuhkan buah persik raksasa dari pohon persik tua. Di dalam buah persik seukuran rumah itu James bertemu dengan belalang, laba-laba, kepik, cacing, serta lipan yang juga berukuran raksasa. 

Mereka telah lama menantikan James dan ingin mengajaknya dalam perjalanan seru dengan menaiki buah persik raksasa yang menggelinding. James and The Giant Peach bercerita tentang pertemanan menakjubkan antara James dengan para penghuni buah persik.

The Witches

Terdapat 2 film live action adaptasi dari novel The Witches karya Roald Dahl. Film pertama rilis pada 1990 dan terkenal dengan visualnya yang cukup menyeramkan. Pada 2020, dirilis pula live action baru dengan Anne Hathaway yang memerankan penyihir. 
 

The Witches merupakan salah satu cerita anak dengan plot yang cukup menyeramkan. Sesuai judulnya, film ini mengisahkan seorang anak laki-laki yang tak sengaja bertemu dengan sekelompok penyihir perempuan yang tengah mengadakan pertemuan. Dikisahkan para penyihir ini tengah menyusun rencana besar untuk mengubah anak-anak menjadi tikus.

Meskipun terdapat beberapa visual penyihir yang cukup menakutkan, The Witches menyuguhkan petualangan mendebarkan anak-anak versus penyihir.

Baca juga: 7 Film Animasi Ghibli dengan Rating Tertinggi, Spirited Away sampai Kiki's Delivery Service

Matilda

Film Matilda pertama kali tayang pada 1996. Matilda berkisah tentang seorang anak perempuan bernama Matilda Wormwood yang memiliki kekuatan super. Matilda adalah seorang anak yang pintar, berani dan baik hati. Tak lama kemudian, Matilda mengetahui kalau dirinya memiliki kekuatan telekinesis.
 


Pada 2022 lalu, film Matilda kembali diproduksi dalam versi musikal berjudul Roald Dahl’s Matilda the Musical yang dapat ditonton melalui Netflix. Sosok Matilda yang menyenangkan, jalan cerita yang seru, ditambah nyanyian-nyanyian sepanjang film membuat film ini cocok ditonton anak-anak. 


Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Uji Coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung Gratis Sampai Oktober, Cek Kelasnya Yuk

BERIKUTNYA

Mengenal Agatha Christie, Penulis yang Menghasilkan Banyak Novel Misteri

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: