Acara peluncuran TikTok Music di The Orient Jakarta, Selasa (12/9/2023)-Sumber gambar: Hypeabis.id/Luke Andaresta

TikTok Music Resmi Dirilis di Indonesia, Cek Fitur-fiturnya

12 September 2023   |   20:17 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

TikTok Music, layanan streaming musik dari TikTok resmi diluncurkan di Indonesia pada hari ini, Selasa (12/9/2023). Terintegrasi langsung dengan aplikasi TikTok, streaming musik sosial berlangganan ini menawarkan pengguna untuk menikmati lagu sekaligus membangun komunitas sesama pencinta musik.
 
Tak dipungkiri, TikTok kini lebih dari sekadar platform media sosial video pendek, melainkan juga menjadi tempat untuk mengangkat artis dan musisi, membuat lagu-lagu menjadi populer atau viral, hingga memperkenalkan pengguna dengan musik-musik yang baru.
 
Kini, ketika pengguna mendengarkan lagu-lagu yang viral di TikTok, mereka bisa mendengarkan lagu tersebut termasuk mengakses katalog lagu yang lebih lengkap dari ribuan label dan musisi, membagi, serta mengunduhnya di layanan TikTok Music, sekaligus berinteraksi soal lagu dan artis favorit dengan komunitas mereka.
Tricia Dizon selaku Country Group Head TikTok Music SEA menuturkan TikTok Music lebih dari sekadar layanan streaming musik melainkan model hiburan digital sekaligus wadah untuk menciptakan kolaborasi, konektivitas, dan kreativitas. Melalui layanan ini, lanjutnya, diharapkan para kreator musik lokal bisa menemukan komunitas, mengembangkan karier, serta membuka berbagai peluang.
 
"Dengan memanfaatkan kekuatan penemuan musik di TikTok, layanan ini memudahkan pengguna untuk mendengarkan, mengunduh, dan berbagi lagu yang mereka sukai sekaligus membuka aliran pendapatan bagi para musisi dan pemegang hak cipta," katanya dalam acara peluncuran TikTok Music di The Orient Jakarta, Selasa (12/9/2023).
 

Sumber gambar: TikTok Music

Sumber gambar: TikTok Music

Fitur-fitur TikTok Music
Berbeda dengan platform streaming musik lainnya, TikTok Music menawarkan sejumlah fitur yang bisa dinikmati pengguna. Dengan layanan ini, pengguna dapat menghubungkan akun TikTok dan TikTok Music mereka dengan mudah untuk memutar lagu favorit, menemukan artis baru, hingga terhubung dengan para pecinta musik dalam satu aplikasi.
 
Selain itu, sebagai aplikasi streaming musik sosial, TikTok Music juga menghadirkan fitur Share dan Comment yang membuat pengguna bisa berbagi lagu dan daftar putar (playlist) dengan teman, memberikan komentar mereka tentang suatu lagu, serta terhubung dengan komunitas musik dengan selera yang sama.
 
Termasuk, aliran musik yang dipersonalisasi juga memungkinkan pengguna menjelajahi serta menemukan lagu dan musisi baru dari seluruh dunia. Meski demikian, jika pengguna memilih untuk mendengarkan lagu favorit versi sendiri, bisa mengimpor playlist eksternal dan memutarnya melalui TikTok Music hanya dengan satu klik.
 
Artist Promotions Lead TikTok Music SEA Matthew Tanaya menjelaskan lagu-lagu yang hadir di TikTok Music telah dipastikan karya dari para musisi yang didistribusikan melalui label ataupun distributor. Dengan begitu, TikTok Music akan membayarkan hak royalti lagu yang didapatkan melalui pihak label atau distributor.
 
Dia juga menerangkan bahwa besaran royalti setiap lagu berbeda-beda sesuai kesepakatan dengan pihak label atau distributor. "Tapi yang jelas semakin banyak lagu itu didengarkan, maka semakin banyak juga pendapatannya," ujarnya.
 
Di sisi lain, TikTok Music juga dibuat sebagai wadah bagi para musisi pendatang untuk memperkenalkan karyanya. Sejumlah program pun dirancang khusus bagi mereka salah satunya TikTok Music Live, rangkaian konser personal dua bulanan yang menghadirkan sejumlah musisi pendatang baru termasuk artis kenamaan, untuk tampil secara live dengan iringan musik akustik di TikTok.
 
Program lainnya yakni TikTok Music Rising yang akan menyorot para talenta musik Indonesia yang sedang naik daun. Melalui program ini, para musisi pendatang dapat berbagi karya mereka kepada khalayak yang lebih luas dan beragam. "Kami merilis TikTok Music awal di Brasil dan Indonesia. Kami melihat potensi industri musik di Indonesia sangat besar," imbuhnya.
 
Tommy Budianto selaku Head of Digital Sales and Revenue Enhancement Sony Music Entertainment menuturkan platform streaming musik memainkan peran penting dalam lanskap musik digital, menjadi saluran utama bagi musisi untuk meningkatkan visibilitas, serta membantu agar musik mereka dapat didengar oleh audiens global.
"Di TikTok Music, para musisi lokal diberikan kesempatan untuk menampilkan lagu-lagu mereka pada khalayak yang lebih luas dan beragam, sehingga dapat mendorong pertumbuhan basis penggemar mereka," tuturnya.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Simak Cerita Singkat Saranjana Sebagai Kota Gaib yang Maju dan Modern di Kalimantan Selatan

BERIKUTNYA

Cek Deretan Pemain Rating Tertinggi di Game EA Sports FC 24, Tak Ada Nama Ronaldo

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: