Stray Kids. (Sumber foto: MTV)

Idola K-pop Borong Penghargaan di MTV Video Music Awards 2023, Siapa Saja?

13 September 2023   |   14:34 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Boy group, girl group, maupun solois dari industri musik K-Pop berhasil memenangi sejumlah penghargaan bergengsi pada ajang MTV Video Music Awards (VMAs) 2023. Tak tanggung-tanggung, ada lima piala yang diborong ke negeri Ginseng tersebut.

Kelima penghargaan tersebut pun datang dari kategori yang bervariasi. Ini menunjukkan bahwa industri musik K-Pop makin menunjukkan sinarnya untuk mewarnai belantika musik global secara keseluruhan.

Baca juga: Daftar Pemenang Lengkap MTV Video Music Awards 2023

Pada kategori Push Perfomance of the Year, grup Tomorrow X Together (TXT) berhasil keluar sebagai sang juara. TXT meraih nominasi itu dengan lagu mereka berjudul Sugar Rush Ride yang dirilis pada awal 2023 lalu.
 

Dalam nominasi tersebut, TXT menyingkirkan sejumlah pesaingnya yang juga berasal dari K-Pop, seperti Aespa, Blackpink, Seventeen, hingga Stray Kids. Mereka juga berhasil unggul dari Saucy Santana – Booty, Stephen Sanchez – Until I Found You, JVKE – Golden Hour, hingga Flo Milli – Conceited yang berada pada nominasi yang sama.

Pada kategori Group of The Year, K-pop juga menunjukkan kedigdayaannya dengan menempatkan grup Blackpink sebagai pemenang nominasi tersebut. Blackpink masih menjadi grup yang berpengaruh pada tahun ini.

Mereka berhasil mengalahkan beberapa grup lain yang juga masuk ke kategori tersebut, dari Fifty Fifty, Flo, Jonas Brothers, Maneskin, NewJeans, Seventeen, hingga TXT.
 

Tak hanya itu, pada ajang ini, grup yang dianggotai Jennie, Lisa, Jisoo, dan Rose ini juga berhasil meraih penghargaan Best Choreography. Blackpink memenangkan penghargaan itu dari penampilan koreografi ciamiknya pada lagu Pink Venom. Ini jadi penghargaan ketiga yang diraih industri K-Pop pada ajang ini.

Mereka berhasil menyingkirkan sejumlah musisi lain yang masuk kategori pada yang sama, seperti Dua Lipa - Dance The Night (Barbie The Album), Jonas Brothers - Waffle House, Megan Thee Stallion – Her, Panic! At The Disco - Middle Of A Breakup, dan Sam Smith, Kim Petras – Unholy.

Kali ini giliran solois K-Pop yang memancarkan sinarnya. Jungkook BTS berhasil mencetak sejarah di VMAs tahun ini dengan debut lagu Seven. Pria kelahiran 1997 itu berhasil memenangkan kategori Song of Summer.

Lagu tersebut berhasil mengalahkan beberapa lagu populer lain di sepanjang musim panas ini, dari Beyonce Knowles – Cuff It, Billie Eilish – What Was I Made For, hingga Doja Cat – Paint the Town Red.

Kemenangan Jungkook ini juga mengukir sejarah baru. sebab, Song of Summer termasuk kategori yang dinominasikan secara global. Jungkook pun jadi solois pertama K-Pop yang memboyong piala tersebut untuk kategori non K-Pop sejauh ini.
 

Tentu saja, K-Pop membawa satu piala lagi dari ketegori yang dikhususkan untuk industri musiknya sendiri, yakni Best K-Pop dan tahun ini Stray Kids keluar sebagai juaranya.

Stray Kids berhasil memenangkan kategori ini berkat lagunya berjudul S-Class. Lagu tersebut menggeser beberapa pesaing beratnya, seperti aespa – Girls, Blackpink - Pink Venom, FIFTY FIFTY – Cupid, SEVENTEEN – Super, dan TOMORROW X TOGETHER – Sugar Rush Ride.

Sebagai informasi, sejak 2019, MTV Video Music Awards menambahkan nominasi Best K-Pop. Kategori ini mencoba merekam siapa penyanyi terbaik dari negeri Ginseng tersebut setiap tahunnya. Tidak hanya memenangkan piala, mereka yang dinobatkan sebagai juara membuktikan bahwa lewat musik dan koreografi yang apik, K-Pop telah diterima secara luas.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Kenali 5 Ras Anjing Langka yang Banyak Dicari Pencinta Anabul

BERIKUTNYA

Cek Perbandingan Biaya Langganan Platform Streaming Musik, Terbaru Ada TikTok Music

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: