TikTok Now lebih mengutamakan privasi. (Sumber gambar : Pexels)

TikTok Now, Bisa Atur Konten Jadi Lebih Privasi

19 September 2022   |   22:26 WIB

TikTok menjadi salah satu media sosial yang cukup populer saat ini selain Instagram dan Twitter. Pengguna bisa bebas berkreasi menciptakan konten menarik, mulai dari membuat efek, video, berduet, menjahit konten video untuk membuatnya lebih panjang, hingga melakukan livestream di TikTok LIVE. 

Untuk menambah pengalaman yang lebih menarik lagi, TikTok menambah rangkaian alat kreasi baru lho. Kini tersedia fitur TikTok Now. Ini menjadi cara baru untuk terhibur dan terhubung dengan sesama komunitas di TikTok. 
 

Fitur baru TikTok Now

Fitur baru TikTok Now

TikTok Now mengundang pengguna, kreator, dan komunitas untuk mengabadikan apa yang sedang dilakukan melalui kamera depan dan kamera belakang dari perangkat yang digunakan. Pengguna akan menerima permintaan harian untuk merekam video berdurasi 10 detik, ataupun foto, dan membagikannya dengan mudah.

Baca juga: Gen Z Beralih ke TikTok dan Instagram, Facebook Ditinggalkan?

Saat ini TikTok Now sedang dalam tahap uji coba selama beberapa minggu. Di Indonesia, TikTok Now dapat diakses dengan mengunduh aplikasi baru TikTok Now. Di wilayah lainnya, TikTok Now mungkin terintegrasi dalam aplikasi (in-app) TikTok, dapat diunduh secara terpisah melalui aplikasi baru TikTok Now, atau tersedia dalam kedua format. 

Dalam laman resmi TikTok, dijelaskan bahwa TikTok Now dirancang dengan mempertimbangkan keamanan dan privasi komunitas TikTok. Kreator konten memegang kendali untuk memutuskan siapa yang dapat melihat atau terlibat dengan konten mereka. 

Dengan demikian, kamu dapat memblokir orang lain dan memilih komentar mana yang muncul di konten yang kamu unggah. Jika kamu menemukan perilaku yang dinilai melanggar Panduang Komunitas TikTok, kamu dapat melaporkannya untuk ditinjau.

Namun demikian, ada beberapa ketentuan yang diatur dalam TikTok Now, berikut diantaranya :
  1. Jika seseorang di bawah usia 16 tahun membuat akun untuk menggunakan aplikasi TikTok Now, sama seperti TikTok, akun mereka akan diatur menjadi akun private secara default
  2. Pengguna yang berusia di bawah 18 tahun tidak akan dapat membagikan konten mereka di laman Explore
  3. Pengguna berusia antara 13 dan 15 tahun akan memiliki opsi komentar "Hanya untuk Teman" untuk membantu melindungi pengguna dari interaksi yang tidak diinginkan
  4. Pengguna yang berusia 18 tahun ke atas memiliki setelan berbagi tambahan. Selain berbagi dengan sesama teman, mereka dapat memilih untuk membagikan postingan mereka dengan komunitas TikTok Now yang lebih luas berdasarkan pengaturan privasi yang dipilih.
Baca juga: 7 Istilah di TikTok yang Wajib Kamu Tahu

Pengaturan default adalah 'Teman dapat melihat'. Berikut cara mengubah pengaturan privasi di TikTok Now:
  • Pada layar Post, ketuk opsi Teman dapat melihat
  • Pilih siapa yang ingin kamu berikan izin untuk melihat unggahan TikTok Now milikmu
  • Teman dapat melihat: Siapa pun yang mengikutimu dan yang kamu ikuti kembali akan dapat melihat TikTok Now milikmu. Semua Orang: Siapa pun yang berada di wilayahmu dapat melihat unggahan TikTok Now milikmu. Perlu diingat, orang yang tidak mengikutimu dan orang tidak kamu ikuti tidak dapat memberikan komentar atau berinteraksi dengan unggahan TikTok Now milikmu.
(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Googlenews)

Editor: Fajar Sidik 
SEBELUMNYA

6 Ide Kencan yang Asyik saat Cuaca Cerah

BERIKUTNYA

Manfaat Menerapkan Pola Asuh & Komunikasi Tanpa Kata 'Jangan' pada Anak

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: