Timnas Indonesia U-23 di Kualifikasi Piala AFF U-23 2024 (Sumber gambar: instagram.com/timnas.indonesia)

Head to Head Timnas Indonesia U-23 vs Turkmenistan U-23, Garuda Muda Dihantui Rekor Buruk

12 September 2023   |   11:05 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Tim Nasional Indonesia U-23 berada di puncak klasemen sementara Grup K pada ajang Kualifikasi Piala Asia U-23 2024. Namun, posisi Garuda muda itu masih belum aman karena terus ditempel ketat oleh Timnas Turkmenistan U-23 yang berada di urutan kedua.

Indonesia dan Turkmenistan adalah dua tim yang masih memiliki kesempatan lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2024. Chinese Taipei yang berada di grup yang sama telah gugur karena mengalami dua kali kekalahan secara beruntun.

Baca juga: 2 Skenario Timnas Indonesia U-23 Lolos Piala Asia U-23 2024

Kini, penentuannya ada di Indonesia dan Turmenistan. Jika Indonesia tergelincir, posisi puncak akan dengan cepat diambil alih oleh Turmenistan. Sebaliknya, jika Garuda Muda konsisten, mereka bisa lolos lewat jalur puncak grup, opsi yang lebih mudah dibanding runner up terbaik.

Timnas Indonesia U-23 vs Timnas Turmenistan U-23 akan bertanding pada Selasa (11/9/2023). Pertandingan pamungkas Grup K ini akan jadi penentuan siapa yang layak untuk lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2024.

Garuda Muda yang unggul selisih gol akan diuntungkan di pertandingan ini. Sebab, hanya dengan bermain imbang melawan Turmenistan saja, Indonesia bisa memastikan diri lolos ke Piala Asia U-23.

Namun, lain hal jika kalah. Tim asuhan Shin Tae Yong pun harus rela bergeser ke posisi kedua. Indonesia pun harus bersaing dengan tim dari grup lain untuk menjadi empat runner up terbaik agar lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2024.

Timnas Indonesia juga diuntungkan karena pertandingan tersebut akan digelar di Stadion Manahan Solo. Bertindak sebagai tuan rumah, tentunya Garuda Muda akan mendapat suntikan semangat lebih dari para suporternya.

Meskipun demikian, pertandingan melawan Turkmenistan U-23 diprediksi tak akan berjalan dengan mudah. Sebab, Timnas Indonesia U-23 punya kenangan buruk setiap kali melawan tim muda Turkmenistan tersebut.

Secara head to head, Timnas Indonesia punya rekor pertandingan yang buruk saat melawan Turkmenistan. Hal ini pun mesti jadi catatan penting Garuda Muda.

Kali pertama kedua tim bersua terjadi pada 2011. Saat itu, kedua tim sedang berlaga pada Pra Olimpiade 2012. Pertandingan yang berlangsung dua leg itu berhasil dimenangkan Turkmenistan seluruhnya.

Leg pertama berlangsung pada 23 Februari 2011. Timnas Indonesia U-23 harus mengakui keunggulan Turkmenistan U-23 dengan skor cukup telak 3-1. Tak jauh berbeda, leg kedua yang terjadi pada 9 Maret 2011 juga dimenangkan Turkmenistan. Kala itu, Indonesia kalah 0-1.
 

Dari dua pertandingan terakhir tersebut, Timnas Indonesia U-23 benar-benar tak pernah meraih kemenangan. Bahkan, untuk mencetak gol pun rasanya terlalu sulit.

Bayangkan, Turkmenistan U-23 berhasil melesatkan empat gol. Adapun Indonesia hanya memasukkan satu gol saja. Meskipun demikian, pertemuan kedua tim sudah terjadi 11 tahun silam. Tentu, kondisinya kini telah jauh berbeda.

Timnas Indonesia U-23 kini seolah berada di atas angin. Mereka punya semangat yang tinggi untuk mengalahkan Turkmenistan dan lolos putaran final Piala Asia U-23 2024. Di sisi lain, jika Indonesia berhasil menang, aka tim asuhan Shin Tae Yong akan memutuskan rekor pertemuan tak pernah menang dengan Turkmenistan.

Baca juga: Jay Idzes Tambah Daftar Pemain Kelahiran Belanda Bela Timnas Indonesia

Editor: Dika Irawan 

SEBELUMNYA

Pengen Tetap Trendi & Modis di Alam Bebas? Cek Koleksi Terbaru Jenama Ini

BERIKUTNYA

Awas! Kalap Makan Daging Olahan Bisa Bikin Batu Empedu

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: