Timnas Indonesia (Sumber gambar: PSSI)

Lebanon kasih Pelajaran Berharga buat Timnas Indonesia U-22 jelang Sea Games 2023

15 April 2023   |   06:37 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Tim Nasional Indonesia U-22 gagal mempertahankan kemenangan dalam laga uji coba kontra Lebanon di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (12/4/2023). Sempat unggul 1-0, anak asuh Indra Sjafri itu berhasil di-comeback dengan skor 1-2.

Keunggulan Indonesia tercipta berkat gol bunuh diri pemain Lebanon Ali Al Ridha pada menit 83. Namun, di sisa menit tersisa, tim asal Timur Tengah tersebut berhasil mengemas 2 goal oleh Mahdi Sabbah (89) dan Mohammed Nasser (90+7).

Baca juga: Timnas Indonesia U-22 Targetkan Rebut Emas SEA Games 2023, Pelatih Minta Pemain Tak Jemawa

Di sisi lain, kekalahan ini menjadi catatan penting bagi Indra Sjafri dalam membentuk kerangka tim menuju Sea Games mendatang. Terutama dalam memperbaiki mental dan stamina pemain. Dalam pertandingan terlihat anak asuh Indra Sjafri kehilangan fokus pada menit-menit krusial. Selain itu, penyelesaian akhir pun masih menjadi PR bagi pelatih asal Sumatra Barat itu. 

Rangkaian laga uji coba ini merupakan bagian dari persiapan Timnas Indonesia U-22 menjelang ajang SEA Games 2023. Timnas Indonesia U-22 akan memanfaatkan dua laga uji coba tersebut untuk mematangkan strategi dan memberikan kesempatan jam terbang pemain.

Sementara itu, laga uji coba ini diagendakan digelar dua kali. Adapun pertandingan kedua akan digelar di lokasi yang sama pada Minggu (16/4/2024).

Sebelum pertandingan, Pelatih Timnas Indonesia U-22 Indra Sjafri mengatakan timnya akan memanfaatkan kesempatan uji tanding ini semaksimal mungkin. Salah satunya adalah sebagai ajang evaluasi untuk menentukan 20 pemain terbaik yang akan mengisi skuad Garuda Muda.

Kemudian, uji tanding ini juga akan dimanfaatkan untuk lebih memaksimalkan game plan. Dengan demikian, tim muda Indonesia ini diharapkan bisa tampil lebih maksimal dan menjadi juara pada Sea Games 2023.

“Kami sebenarnya sudah merencanakan empat kali uji coba. Pertama dengan Bhayangkara FC, kedua dan ketiga dengan Lebanon, dan keempat nanti antara Dewa United atau PSM Makassar,” ungkap Indra Sjafri dikutip Hypeabis.id dari laman resmi PSSI.

Sementara itu, pemain Timnas Indonesia U-22 Rizky Ridho mengatakan seluruh pemain saat ini sudah dalam keadaan sangat siap untuk menjalani laga uji coba dengan Lebanon. Dirinya berharap seluruh pemain nanti akan bisa menampilkan permainan yang terbaiknya.

“Semoga kami bisa menampilkan yang terbaik, bisa bermain sesuai arahan pelatih, dan tentunya kami akan bermain semaksimal mungkin,” ucapnya.
 

Menguji Taktik Indra Sjafri

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by PSSI (@pssi)


Pengamat sepak bola Ronny Pangemanan mengatakan perjalanan Timnas Indonesia U-22 akan cukup berat. Terlebih, mereka juga ditargetkan untuk meraih medali emas setelah 32 tahun lamanya berpuasa gelar.

Meskipun cukup sulit dilakukan, Indonesia terbilang beruntung karena tergabung ke dalam Grup A pada Sea
Games 2023. Di dalam Grup A tersebut, tim asuhan Indra Sjafri akan menghadapi Kamboja, Myanmar, Filipina, dan Timor Leste.

Lawan-lawan yang akan dihadapi Indonesia di atas kertas cenderung lebih mudah dibanding dengan tim-tim yang ada di Grub B. Mereka yang tergabung ke Grup B adalah Thailand, Singapura, Malaysia, Laos, dan juara bertahan Vietnam.

Namun, lawan mudah bukan berarti langkah Indonesia bisa mudah. Terlebih, Indonesia juga berada di satu grup yang sama dengan tuan rumah Kamboja yang memiliki peningkatan tajam dalam kualitas sepak bola.

Di sisi lain, jika pun Indonesia bisa lolos dari fase grup, Garuda Muda akan menghadapi lawan-lawan yang berat pada laga semifinalnya. Oleh karena itu, persiapan yang dilakukan harus maksimal agar mimpi meraih emas bisa terwujud tahun ini.

“Dalam rangka menuju emas, Indonesia akan menghadapi beberapa uji coba, termasuk dengan Lebanon. Laga ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin,” ucap pria yang akrab disapa Bung Ropan dikutip Hypeabis.id dari YouTube pribadinya.

Meski hanya sekadar uji coba, Bung Ropan melihat kemenangan menjadi hal yang penting diraih oleh Timnas Indonesia. Dengan mengalahkan Lebanon, mental Garuda Muda bisa terangkat dan akan berefek baik jelang kompetisi resmi di SEA Games 2023.

“Lebanon adalah tim yang bagus. Bukan tidak mungkin Garuda Muda akan takluk. Kita akan lihat apa yang akan dilakukan Indra Sjafri meracik tim untuk mengalahkan Lebanon,” tegasnya.

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Perkuat Ekosistem Sinema di Daerah, Apresiasi Film Indonesia Kembali Digelar Tahun Ini

BERIKUTNYA

Hiatus Setahun, Post Malone Kembali Sapa Penggemar Lewat Single Chemical

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: