Mahkota dan jubah milik Freddie Mercury. (Sumber gambar: Instagram/@sothebys)

7 Barang Freddie Mercury yang Dilelang di Sotheby's

08 September 2023   |   18:07 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Like
Lebih dari 1.400 barang pribadi Freddie Mercury, vokalis band legendaris Queen telah dilelang di Sotheby's. Penawaran untuk koleksi dengan harga fantastis tersebut telah dibuka pada Rabu, 6 September 2023 dan sampai saat ini penawaran sudah ditutup.

Sejumlah koleksi milik sang musisi yang dilelang, mulai dari kostum panggungnya yang flamboyan, tulisan tangannya saat merancang lirik lagu-lagu hit Queen, piano yang digunakannya untuk menciptakan lagu, koleksi karya seni langka, serta barang-barang dari masa kecil Freddie Mercury.

Koleksi dalam jumlah besar tersebut diwariskan pada teman dekat Freddie Mercury, yakni Mary Austin yang menjaga peninggalan tersebut dengan baik di rumahnya, London barat selama 30 tahun sejak berpulangnya sang vokalis pada 1991.

Baca juga: Gokil, Sepatu Kets NBA Michael Jordan Laku Rp32 Miliar di Sotheby's

Balai lelang Sotheby's untuk pertama kalinya membuka ke-15 ruangan di galeri mereka untuk memajang koleksi Freddie Mercury. Barang termurah dilelang dengan harga 6 ribu GBP sampai 3 juta GBP yakni sekitar Rp114 juta-Rp57 miliar. Berikut adalah barang-barang Freddie Mercury yang dilelang di Sotheby's.


1. Kostum Panggung Merah Berpayet

Setelan merah terang dengan payet berkilauan merupakan salah satu kostum panggung milik Freddie Mercury yang dipakai di News Of The World Tour, Mei 1978. Pakaian ini memiliki model lengan panjang dan bagian dada yang terbuka lebar.

Kostum panggung ini dapat dibuktikan keasliannya karena disertai faktur penjualan asli dari perancangnya, yakni Natasha Kornilof. Harga kostum panggung merah berpayet milik Freddie Mercury berkisar antara 15 ribu GBP sampai 25 ribu GBP atau sekitar Rp287 juta-Rp479 juta. 
.

2. Catsuit dalam video klip We Are The Champions

Freddie Mercury mengenakan kostum catsuit dan sepatu balet yang ikonik dalam video klip We Are The Champions yang dirilis pada 1977 lalu. Dia juga pernah mengenakannya dalam video promo Queen untuk lagu Radio Ga Ga pada 1984.

Catsuit lengan panjang setengah hitam dan setengah putih dengan garis leher yang terbuka lebar tersebut dilelang bersama dengan dua pasang sepatu balet hitam dan putih.

Sepatu balet tersebut dilapisi katun putih yang elastis. Pada solnya setiap pasang diberi label FREED, London. Harga catsuit hitam putih tersebut berkisar antara 10.000-15.000 GBP atau setara dengan Rp191-Rp287 juta.
 

3. Mahkota dan Jubah Bertahtakan Emas & Permata

Mahkota dan jubah kebanggaan Freddie Mercury selalu dikenakan di setiap penampilan akhir konsernya. Kecuali saat konser di Kastil Slane, Republik Irlandia, 5 Juli 1986, dia hanya mengenakan mahkotanya saja sambil membawakan lagu God Save The Queen.

Mahkota bertatahkan emas dan permata merah dan hijau, serta topi beludru merah yang dipasangkan dengan jubah merah tua dengan panjang 372 cm itu dibuat oleh penjahit Jill Thraves. Harganya berkisar antara 60- 80 ribu GBP atau setara Rp1-1,5 M
 

4. Manuskrip Lirik Lagu-lagu Populer

Barang lainnya yang dilelang adalah manuskrip lirik lagu-lagu hits Queen Bohemian Rhapsody, We Are the Champions, Don't Stop Me Now, Somebody to Love, dan lainnya. Sejumlah catatan tersebut memiliki tulisan tangan Freddie Mercury dan coretan-coretan saat dia merancang lirik lagu.

Dalam catatan tersebut juga diperlihatkan judul asli dari lagu Bohemian Rhapsody adalah Mongolian Rhapsody. Manuskrip tersebut memiliki total 15 halaman dan harganya sekitar 200 ribu - 300 ribu GBP per satu catatan atau setara Rp3-5 M.
 

5. Grand Piano Kesayangan Freedie Mercury

Baby grand piano Yamaha kesayangan Freddie Mercury yang digunakan untuk menciptakan lagu-lagu populer Queen juga ikut dilelang di Sotheby's. Piano tersebut selalu dibawanya meskipun telah berkali-kali pindah rumah. Alat musik ini telah menjadi inti dari perjalanan musik Freddie Mercury sejak 1975 sampai akhir hayatnya.

Sejak kecil memang Freddie Mercury tertarik dengan piano. Pertama kali dia mempelajari alat musik ini sejak bersekolah di St Peter's Boys School di Panchgari, India. Saat remaja, Freddie juga sempat bergabung dengan band bernama The Hectics sebagai pianis bukan vokalis. Pada Rabu, 6 September, piano ini terjual lebih dari 2,2 juta dolar AS (setara 33,7 miliar).
 

6. Koleksi Karya Seni dan Aksesoris Freddy Mercury

Freddy Mercury juga dikenal sebagai kolektor karya seni. Sejumlah koleksi karya seninya juga ikut dilelang mulai dari lukisan karya Pablo Picasso, Salvador Dali, dan Marc Chagall, serta furnitur antik eklektik dan sejumlah patung kucing.

Tak ketinggalan aksesori seperti cincin, kalung dan bros. Salah satu bros bulu miliknya menarik perhatian karena keindahannya. Bros tersebut dibuat oleh desainer perhiasan terkenal Hunt & Roskell yang merupakan pemegang Royal Warrant di bawah Ratu Victoria. Harga bros bulu tersebut berkisar antara 15 ribu-20 ribu GBP atau setara Rp287 juta-Rp383 juta.


7. Barang-barang Masa Kecil Freddy Mercury

Barang-barang lainnya milik Freddy Mercury yang lebih personal juga turut dilelang. Beberapa di anatranya termasuk buku sekolah bertuliskan nama aslinya, yakni Fred Bulsara dari era 1960-an saat dia pindah ke Inggris bersama keluarganya dari Zanzibar. Selain itu, juga ada undangan pesta ulang tahunnya pada 1977 yang mewajibkan para tamu untuk berpakaian keren.

Baca juga: Gokil, Cincin Emas Tupac Shakur Terjual Rp15 Miliar di Balai Lelang Sotheby 's

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Grand Final Call of Duty Mobile Major Series 9 Siap Digelar, Pertemukan Kagendra &  ABC Esports

BERIKUTNYA

Ini Dia 3 Pemeran Villain di Serial One Piece Live Action

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: