Ilustrasi ramuan herbal (Sumber gambar: Unsplash/Marion Botella)

Resep Ramuan Herbal Atasi Perut Kembung, Gampang Diracik

09 November 2022   |   21:57 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Perut kembung mungkin pernah dirasakan setiap orang. Sensasi rasa tertekan atau penuh pada perut ini pastinya menyebabkan rasa tidak nyaman. Biasanya kondisi tersebut muncul setelah makan.  Perut kembung terjadi karena penumpukan gas yang ada di dalam lambung yang menjadi bagian sistem pencernaan.

Penyebab umumnya, karena sistem pencernaan tidak mampu memeca komponen makanan tertentu. Ketika proses pencernaan tidak lancar, maka penumpukan gas pun terjadi. 
 
Namun demikian, Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI), dr. Inggrid Tania, mengatakan perut kembung juga menjadi tanda gejala sakit maag. Selain perut kembung, gejala maag juga berupa, nyeri di ulu hati dan rasa panas di perut bagian atas. 
 
Perut kembung juga terjadi ketika adanya perubahan hormon, terutama pada wanita yang sedang mengalami menstruasi. Iritasi usus besar atau Irritable Bowel Syndrome (IBS) turut dikaitkan dengan munculnya perut kembung. 
 
Menut Inggrid, ada beberapa herbal yang bisa dikonsumsi untuk meredakan perut kembung, diantaranya kunyit, temulawak, jinten hitam, kayu manis, dan ketumbar
 
Kunyit bisa mengatasi perut kembung karena mengandung zat yang dinamakan kurkumin. Begitu pula dengan temulawak yang mengandung zat serupa. 
 
Sementara itu, jinten hitam memiliki sifat karminatif, yang membantu dalam proses pembuangan gas dari dalam perut. Manfaat serupa juga didapatkan dari kayu manis. Adapun ketumbar selain mengatasi perut kembung, juga mengurangi peradangan dan infeksi bakteri di saluran cerna.
 
Selain herbal yang masuk di dalam kategori rempah di atas, Inggrid menyebut madu menjadi alternatif lain untuk meredakan perut kembung. Dia menjelaskan madu bersifat demulsen yang bisa melindungi mukosa lambung dengan lapisan film protektif. 
 
"Bersifat anti peradangan sehingga bisa meredakan peradangan di sistem pencernaan bagian atas. Madu bisa dicampur rempah-rempah tadi," tuturnya kepada Hypeabis.id, Rabu (9/11/2022).
 
Tania menyampaikan semua herbal tersebut bisa menjadi ramuan yang pas untuk mengatasi kembung. Berikut cara mengolahnya.
 

Bahan

  • 20 gr temulawak segar
  • 20 gr kunyit
  • 2 gr jinten hitam kering
  • 2 gr ketumbar
  • 1 batang Ayu manis
  • 2 gelas air
  • 2 sdt madu
 

Cara membuat

  1. Didihkan air di dalam teko atau panci kecil
  2. Seraya menunggu air mendidih, hancurkan ketumbar (agak kasar) agar senyawa aktif cepat laru ke dalam air mendidih
  3. Setelah air mulai mendidih, masukan semua rempah/herbal
  4. Rebus air sampai tersisa untuk 2 gelas dengan api kecil hingga sedang 
  5. Matikan kompor, diamkan sekitar 5 menit lalu tuang ke dalam gelas 
  6. Tambahkan madu untuk membuat rasa rebusan lebih nikmat, aduk, ramuan herbal siap diminum.
Mudah bukan cara membuatnya? Yuk dicoba, Genhype!

SEBELUMNYA

Serial Korea Revenge of Others Hadirkan Balas Dendam & Pembunuhan, Tayang Hari Ini

BERIKUTNYA

Ada Serial Cek Toko Sebelah, Ini 5 Rekomendasi Tayangan Film & Serial Prime Video November 2022

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: