Juri HYPEXPLORE: Culture Brings People Together sedang melakukan penilaian karya di Wisma Bisnis Indonesia, Jakarta, Kamis (7/9/2023). (Sumber foto : Rachman/JIBI/Bisnis/Hypeabis.id)

Penilaian Lomba HYPEXPLORE: Culture Brings People Together Berlangsung Ketat, Juri Cari yang Eksklusif

07 September 2023   |   13:30 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Like
Sebanyak 911 foto dari 209 peserta masuk ke meja juri lomba foto HYPEXPLORE: Culture Brings People Together. Ajang yang diadakan Hypeabis.id berkolaborasi dengan Bisnis Indonesia ini mengajak generasi muda mengekspresikan diri mereka melalui karya-karya fotografi.

Ada beragam sub-tema yang dilombakan, yaitu Culture Heritage, Urban Values, dan Sport. Hingga pukul 11:30 WIB, proses kurasi dan penjurian berlangsung ketat. Beberapa kali para juri berbeda pendapat mengenai foto yang ditampilkan, namun pada akhirnya menemukan kesepakatan. Juri terlihat sangat antusias dan selektif dalam memilih karya peserta yang lolos syarat administratif.

Baca juga: Tahap Penjurian Lomba Foto HYPEXPLORE: Culture Brings People Together Dimulai

Untuk juri lomba foto HYPEXPLORE: Culture Brings People Together diisi oleh Founder Kelas Garasi Dudi Sugandi, Content Manager (CM) Foto Bisnis Indonesia Firman Wibowo, dan Content Manager Asistant (CMA) Foto Bisnis Indonesia Abdullah Azzam. Penilaian berlangsung di Wisma Bisnis Indonesia, Jakarta, Kamis (7/9/2023). 

Dudi menyebut banyak karya menarik yang dikirimkan para peserta lomba foto ini. Beberapa karya, menurutnya, tampak pernah tampil di sejumlah lomba. Namun, tidak sedikit pula karya baru bermunculan. Oleh karena itu, juri katanya lebih teliti untuk memastikan tidak ada pengulangan karya.

“Kami harus lebih selektif untuk melihat apakah foto ini punya eksklusivitas yang lebih dibandingkan sebelumnya,” ujarnya kepada Hypeabis.id.  
 

(Tes)

Dewan juri HYPEXPLORE: Culture Brings People Together sedang menilai karya di Wisma Bisnis Indonesia, Jakarta, Kamis (7/9/2023). (Sumber foto : Rachman/JIBI/Bisnis/Hypeabis.id)

Selain eksklusif, dewan juri katanya mencari foto yang unik dan berbeda dari lomba-lomba sebelumnya, sekalipun momennya sama. Juri juga memperhatikan pemilihan tema dan ide. Di samping itu, komposisi turut menjadi pertimbangan dewan juri. “Beberapa gambar bagus tapi enggak pas. Foto bagus, tapi ada orang menghalangi. Beberapa salah sudut, kenapa vertikal? Kenapa enggak horizontal?," ujar Dudi.

Dari tiga sub-tema, karya peserta katanya lebih banyak mengangkat tentang Culture Heritage. Menurut Dudi peserta sangat antusias mengeksplor budaya Indonesia yang sangat kaya. Terlebih aktivitas atau kegiatan masyarakat pun mulai marak pasca status pandemi Covid-19 dicabut.

Banyak peserta yang menghadirkan foto-foto pagelaran atau festival budaya. Foto jenis ini menurutnya memang sangat menarik, tetapi penggemar fotografi harus cermat dalam mengambil gambar dan menentukan komposisi yang pas. “Bukan hanya crowded, tetapi indahnya harus dapat. Bagus dari sisi sudut gambar juga harus diperhatikan,” tegasnya. 

Bertema HYPEXPLORE: Culture Brings People Together, lomba foto ini merupakan event tahunan dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun ke-37 Bisnis Indonesia. Tema tersebut dipilih lantaran Hypeabis.id yang berkolaborasi dengan Bisnis Indonesia ingin meningkatkan kreativitas pegiat fotografi, memberikan wadah berekspresi di media mainstream, sekaligus menumbuhkan bibit baru di dunia fotografi, khususnya untuk generasi Z dan milenial. 

Semangat ini pun didukung para sponsor yang juga menaruh perhatian terhadap minat dan bakat generasi muda untuk berkarya dalam dunia fotografi. Lomba foto HYPEXPLORE: Culture Brings People Together didukung oleh PLN, Bank BTN, Telkom Indonesia, Bank Mandiri, XL Axiata, dan Adaro. 

Adapun pengiriman karya berlangsung dari 3 Agustus - 3 September 2023, dan terbuka untuk seluruh warga negara Indonesia. Pengumuman pemenang akan dilakukan pada 11 September 2023.

Total hadiah senilai Rp20 juta akan didapat para pemenang lomba ini. Secara terperinci, juara 1 akan mendapatkan uang tunai sebesar Rp5 juta, juara 2 Rp3 juta, dan juara 3 Rp2 juta. Selain itu, 10 foto yang terpilih masuk nominasi akan mendapatkan Rp750.000, sementara 5 foto yang mendapat like terbanyak di media sosial mendapatkan Rp500.000. 

Baca juga: Persaingan Lomba Foto Nusantara Sakti Ketat, Gambar Bagus Saja Tak Cukup

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Tahap Penjurian Lomba Foto HYPEXPLORE: Culture Brings People Together Dimulai

BERIKUTNYA

Cek Info Penutupan Jalan KTT Asean 7 September & Rute Alternatifnya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: