Persaingan lomba foto Nusantara Sakti berlangsung sangat ketat (Sumber foto: Hypeabis/Himawan L Nugraha)

Persaingan Lomba Foto Nusantara Sakti Ketat, Gambar Bagus Saja Tak Cukup

08 December 2022   |   15:33 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Persaingan lomba foto Nusantara Sakti berlangsung sangat ketat. Lomba foto yang diadakan oleh Hypeabis.id berkolaborasi dengan Bisnis Indonesia menerima 2.716 karya foto dari 775 peserta yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Hingga pukul 15.00 WIB, dewan juri masih menyeleksi ribuan foto tersebut untuk menentukan karya terbaik. Para dewan juri, yakni Adek Berry (Photo journalist Agence France-Presse/AFP), Firman Wibowo (Content Manager Foto Bisnis Indonesia), dan Iwan Esjepe (Creative Director/Founder Indonesia Bertindak), masih berdiskusi untuk menentukan siapa yang layak menjadi juaranya.

Nantinya, pemenang lomba foto akan diumumkan pada 14 Desember 2022 atau bertepatan dengan Hari Ulang Tahun ke-37 Bisnis Indonesia. Juara 1 akan mendapatkan uang tunai sebesar Rp10 juta, juara 2 Rp7 juta, dan juara 3 Rp5 juta. Selain itu, 10 foto yang terpilih masuk nominasi akan mendapatkan Rp1 juta, 5 foto favorit juri mendapatkan Rp1 juta, dan 5 foto dengan like terbanyak mendapatkan Rp1 juta.

Salah satu dewan juri, Founder Indonesia Bertindak, Iwan Esjepe, menjelaskan suasana ruang juri sangat seru. Para dewan juri sesekali berdiskusi hangat dalam menyeleksi foto-foto para peserta lomba Nusantara Sakti.

Iwan menilai foto-foto yang dikirimkan ke lomba Nusantara Sakti sangat berkualitas. Hal itu terlihat dari banyaknya foto yang memiliki komposisi gambar dan warna yang menakjubkan.

“Namun, gambar bagus saja tidak cukup. Kita lagi mencari foto yang cocok, bukan hanya secara komposisi gambar dan warna, melainkan juga kesesuaian dengan tema besar yang dibawa lomba ini, yakni Nusantara Sakti,” ujar Iwan kepada Hypeabis, saat ditemui di sela-sela penjurian di Gedung Wisma Bisnis Indonesia, Jakarta.

Bagi Iwan, tema Nusantara Sakti yang dibawa tahun ini sangat menarik. Sebab, gambar yang menunjukkan ‘Nusantara Sakti’ bisa menimbulkan dampak positif dan optimisme bagi masyarakat.

Di tengah kondisi bangsa yang sulit akibat pandemi, ekonomi, maupun hal negatif lain, ternyata masih ada optimisme dan kegairahan ada di negeri ini. Harapannya, perlombaan ini bisa merekam berbagai peristiwa penting terkait Nusantara Sakti yang terjadi di seluruh pelosok Indonesia.

Iwan yang sudah dua kali menjadi juri melihat ada perkembangan berarti di setiap gelaran lomba foto yang diadakan Hypeabis.id dan Bisnis Indonesia. Secara kualitas, sudah tentu foto yang dikirimkan makin beragam dan berkualitas baik.

Namun, yang cukup berbeda, tahun ini jumlah peserta dan karya yang dikirimnya jauh lebih banyak dibandingkan dengan tahun lalu. Hal itu tentu membawa optimisme tersendiri.

“Jumlah foto jauh lebih banyak. Namun, kita tidak bisa membandingkan apple to apple, karena tahun lalu temanya berbeda dan hasil yang akan dimunculkan juga pasti berbeda,” imbuhnya.
 

Foto Pariwisata dan Budaya Mendominasi


Dewan juri lainnya, Firman Wibowo, mengaku bersyukur jumlah peserta maupun karya foto yang dikirimkan tahun ini meningkat 100 persen dibandingkan dengan sebelumnya. Content Manager Foto Bisnis Indonesia itu menjelaskan foto-foto yang dikirimkan juga memiliki kualitas yang baik.

Namun, Firman mengatakan juri telah bersepakat mencari foto yang tidak hanya bagus, tetapi juga sesuai dengan tema besar yang dibawa di dalam perlombaan ini.

“Salah satu alasannya ialah kami ingin melihat perjalanan panjang Indonesia yang ditimpa berbagai macam masalah. Ada Covid-19, ada krisis ekonomi, tetapi bangkit lagi. Kita cari yang paling mendekati dengan tema yang kita pilih,” ucap Firman.

Firman menjelaskan dari 2.716 karya foto yang dikirimkan peserta, mayoritas memilih sub tema pariwisata dan budaya. Hal itu dipandangnya sebagai sesuai yang wajar.

Tak bisa dipungkiri, potensi wisata dan budaya Indonesia memang sangat kaya dan beragam. Hal itu tentu memancing mata kamera untuk merekam aneka peristiwa tersebut.

Dia menjelaskan pesertanya juga berasal dari berbagai daerah. Dari sabang hingga Papua semuanya berpartisipasi. Dirinya bersyukur sambutan masyarakat dan pencinta fotografi terhadap lomba foto Nusantara Sakti sangat bagus.


Editor: Indyah Sutriningrum
 

SEBELUMNYA

Mau Ikut Lomba Fotografi? Simak Langkah-langkah Penting Berikut

BERIKUTNYA

Street Fighter 6 Disebut Akan Rilis Pada 2 Juni 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: