Satria F150 adalah salah satu produk dari Suzuki (Sumber gambar: tangkapan layar laman Suzuki/diolah)

Suzuki Recall 3 Kendaraan Ini. Cek Apakah Armadamu Masuk Program

05 September 2023   |   19:23 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Suzuki melakukan penarikan atau recall dalam program Suzuki Product Quality Update (SPQU) terhadap tiga model sepeda motor yang dijualnya, yakni Satria FU 150 MF, GSX 150, dan Addres 110.  Sejumlah pemilik kendaraan tercatat telah membawa kendaraannya untuk diperiksa di bengkel resmi Suzuki.

Pada program tersebut, kendaraan Satria FU 150 MF yang di-recall adalah tahun produksi Januari 2016 – Februari 2017 dan Oktober 2017 – Juni 2018. Sementara itu, GSX 150 series yang masuk dalam program adalah tahun produksi Desember 2016 – Maret 2018. Sementara itu, sepeda motor Address 110 yang di-recall adalah tahun produksi dari Oktober 2014, sampai Agustus 2019.

Baca juga:  Suzuki Satria FU 150 "Obat Ganteng" Remaja pada Masanya

Victor Assani, 2W Service Area Section Head PT SIS, mengatakan bahwa program ini menjadi bagian dalam layanan aftersales perusahaan guna memberikan dan menjaga kualitas produk yang sudah menjadi milik pelanggan. “Agar tingkat kepuasan pelanggan juga selalu baik,” katanya kepada Hypeabis.id.

Sejauh ini, pencapaian program tersebut beragam. Beberapa di antaranya masih berada pada sekitar 30 persen. Namun, terdapat juga yang telah mencapai 60 persen – tergantung dari items parts dan model produknya.

Dia menuturkan bahwa program tersebut sudah berjalan sejak lama. Namun, manajemen masih membukanya agar pelanggan yang belum sempat mengikutinya masih dapat mendapatkan pelayanan.

Program SPQU sudah pernah dilakukan oleh perusahaan sejak beberapa waktu silam. Program recall sepeda motor Satria sudah dilakukan sejak Februari 2019 silam. Pada saat itu, program pemanggilan dilakukan terhadap Satria F150 guna melakukan penggantian bearing clutch release.

Sementara itu, recall untuk GSX RS 150 dilakukan pernah dilakukan pada 2019 silam dan terkait dengan penggantian komponen seperti bolt set engine mounting. Adapun, mengenai Address FI, program pemanggilan kembali pernah diadakan pada 2020 dengan komponen yang diperiksa adalah cranckshaft, generator rotor, horn switch, dan stater switch.

Secara keseluruhan, sepeda motor yang paling banyak mengikuti program ini adalah Satria F150. Kondisi ini dapat terjadi lantaran secara akumulatif, penjualan sepeda motor Satria menjadi yang paling tinggi jika dibandingkan dengan model lainnya. “Jadi saling berkaitan,” ujarnya.

Untuk diketahui, pesan pemanggilan kembali tiga jenis kendaraan Suzuki itu dapat terlihat ketika individu membuka laman perusahaan. Terdapat pop up yang tampil ketika memasuki halaman sepeda motor. “Suzuki kembali menghadirkan Program Suzuki Quality Update (SPQU) sebagai bentuk kepedulian terhadap konsumen setia kami,” demikian tertulis.

Dalam pesan pop up tersebut juga tertulis bahwa teknisi Suzuki akan melakukan pemeriksaan dan penggantian komponen jika diperlukan untuk kendaraan-kendaraan Satria FU 150 MF, GSX 150 Series, dan Address 110.

Masyarakat yang memiliki kendaraan Suzuki tersebut dipersilahkan mengunjungi bengkel resmi terdekat atau bisa melakukan pemeriksaan melalui daring. Untuk mengetahui kendaraan Suzuki masuk dalam ketegori program, individu dapat memasukkan 17 digit nomor rangka kendaraan dalam laman daring.

Manajemen menuliskan bahwa program perbaikan dan pergantian komponen yang harus dilakukan adalah gratis. Dengan begitu, maka pemilik kendaraan tidak perlu melakukan pembayaran.

Baca juga:  Resmi Tak Diproduksi Lagi, Simak Perjalanan 3 Generasi Suzuki Karimun di Indonesia

Editor: Puput Ady Sukarno
 

SEBELUMNYA

Hal-hal Menarik yang Muncul di Trailer Terbaru Loki Season 2

BERIKUTNYA

Profil Emily Rudd, Pemeran Nami dalam Serial One Piece di Netflix yang Gemar Nonton Anime

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: