Tim MLBB Indonesia di IESF 2023 (Sumber gambar: PBESI)

Cek Daftar Juara & Performa Indonesia di Turnamen IESF 2023

04 September 2023   |   16:46 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Akhirnya, turnamen esports level dunia bertajuk IESF 15th World Championships 2023 telah usai digelar. Ajang yang diselenggarakan oleh Federasi Esports Internasional itu telah melahirkan banyak hasil pertandingan tak terduga tahun ini, termasuk munculnya juara-juara baru.

IESF 2023 menghadirkan enam nomor perlombaan tahun ini. Enam gim yang dipertandingkan tersebut adalah Dota 2, Mobile Legends, eFootball 2023, Tekken 7, PUBG Mobile, dan Counter-Strike Global Offensive. Khusus untuk CS:GO, pihak IESF juga mempertandingkan untuk gamers perempuan.

Baca juga:  Daftar Atlet & Jadwal Main Timnas Indonesia di IESF World Esports Championship 2023

Dari semua nomor yang dipertandingkan, Indonesia praktis hanya meraih satu medali saja tahun ini. Padahal, pada edisi sebelumnya yang digelar di Bali, tim Indonesia mampu meraih tiga gelar juara (emas) untuk judul gim Dota 2, Mobile Legends, dan e-Football, dan raihan posisi ketiga (perunggu) di SC:GO putri.

Hasil tersebut terbilang cukup baik. Sebab, dari total 7 kompetisi, Indonesia meraih 3 gelar juara. Namun, situasi berbeda terjadi tahun ini. Indonesia hanya membawa medali perak untuk nomor MLBB.

Lantas seperti apa performa Timnas Indonesia pada ajang IESF 2023 kali ini? dan siapa saja negara yang mampu menyumbang medali juara terbanyak? Simak ulasan berikut ini.


1. Mobile Legends: Bang-Bang

Timnas MLBB Indonesia bisa dibilang memulai laga di fase grup dengan ciamik. Mengalahkan semua lawan, tim Indonesia berhasil memuncaki grup B dan lolos ke babak play off dan berada di bagan upper bracket.

Di bagan upper bracket ini, Indonesia sempat mengalahkan Brazil. Akan tetapi, ketika bertemu Filipina, Indonesia harus mengalami kekalahan dan turun di bagan lower bracket. Perjuangan pun menjadi panjang.

Namun, setelah mengalahkan Mongolia, Mesir, dan Arab Saudi, Indonesia berhasil menempatkan diri di babak Grand Final dan bertemu kembali dengan Filipina. Sayangnya, Indonesia kembali kalah dengan skor 3-1 dan harus rela puas berada di runner up.

Daftar Juara MLBB:
Juara 1: Filipina
Juara 2: Indonesia
Juara 3: Arab Saudi


2. DOTA 2

Tim DOTA 2 berhasil melaju sampai babak play off dan menempati bagan lower bracket. Indonesia berhasil memetik kemenangan sempurna saat menghadapi Yordania pada laga tersebut. Namun, Indonesia harus bertemu dengan Mongolia setelahnya.

Langkah tim DOTA 2 terhenti setelah dikalahkan Mongolia pada babak lower bracket semifinal dengan skor akhir 0-2. Hal ini membuat asa tim Indonesia untuk lolos ke babak Final terhenti.

Daftar Juara DOTA 2:
Juara 1: Mongolia
Juara 2: Myanmar
Juara 3: Kyrfyztan


3. eFootball 2023

Nomor Gim eFootbal Indonesia juga tampil cukup apik. Mereka berhasil lolos ke babak play off usai menjalani pertandingan selama tiga hari di sana.

Sayangnya, pada pertandingan play off kejuaran esports IESF 2023,  atlet eFootball Muhamad “LN_Paudie” Akbar harus mengakui keunggulan atlet asal Jepang. Pertandingan tersebut berakhir dengan skor 3-4 melalui babak pinalti. Padahal, laga sebelumnya Indonesia sudah cukup baik dengan mengalahkan atlet asal Slovenia dengan skor 2-0.

Daftar Juara eFootball 2023:
Juara 1: Iran
Juara 2: Jepang
Juara 3: Mexico


4. Tekken 7

Atlet Tekken 7 Muhammad “Meat” Andriyansyah Jusuf harus mengakui keunggulan atlet asal Denmar dengan skor akhir 1-2. Langkah Meat harus terhenti pada laga Playoff Round 2 kejuaraan esports IESF 2023.

Daftar Juara Tekken 7:
Juara 1: Pakistan
Juara 2: Filipina
Juara 3: Peru


5. PUBG Mobile

Indonesia tidak menurunkan timnya pada nomor PUBG Mobile IESF 2023. Berikut adalah daftar juaranya.

Daftar Juara PUBG Mobile:
Juara 1: Kyrgyzstan
Juara 2: Turki
Juara 3: Rumania


6. Counter-Strike Global Offensive (CS:GO)

Timnas CS:GO Indonesia gagal melaju ke babak play off usai dikalahkan atlet dari Republik Ceko dengan skor akhir 9-16 pada pertandingan ketiga fase grup.  Indonesia harus berpuas diri berada di posisi keempat pada Grup M.

Daftar Juara CS:GO Men:
Juara 1: Swedia
Juara 2: Jerman
Juara 3: Serbia

Daftar Juara CS:GO Ladies:
Juara 1: Belanda
Juara 2: Argentina
Juara 3: Amerika Serikat

Baca juga:   Mengenal Sistem Liga Esports Franchise, Keuntungan, dan Kekurangannya

Editor: Puput Ady Sukarno

SEBELUMNYA

Duh, Ternyata Ini Daftar PR yang Menghambat Perkembangan Game Lokal

BERIKUTNYA

Mengenal Pertamax Green 95, Bahan Bakar Alternatif yang Ramah Lingkungan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: