Tampilan karakter Muerte dalam Dota 2. (Sumber gambar: Valve/Dota 2)

Valve Umumkan Muerta, Hero Dota 2 Baru yang Terinspirasi dari Tradisi Amerika Latin

31 October 2022   |   17:40 WIB

Kompetisi gim berskala global The International 2022 (TI11) tidak hanya mengadakan pertandingan game, kini Valve sebagai pengembang sekaligus publisher game Dota 2 juga mengumumkan karakter pahlawan atau hero baru bernama Muerta dalam daftar roster untuk 2023. 

Berdasarkan laporan OneEsports dan Dotesports, Senin (31/10/2022) waktu setempat, Muerta akan bergabung bersama Primal Beast dalam seri karakter terbaru yang dijadwalkan hadir pada awal 2023. Muerta merupakan karakter kedua yang diperkenalkan untuk daftar pemain tersebut sekaligus karakter ke-124 dalam Dota 2 yang kini tengah dikembangkan.

Baca juga: CarX Street Android Rilis Oktober 2022, Sajikan Game Balap Jalanan yang Menantang

Terinspirasi dari tradisi khas Amerika Latin dalam perayaan penghormatan atas orang-orang meninggal, Muerta terinspirasi dari Día de los Muertos yang hadir sebagai hari libur nasional bagi masyarakat yang tengah berkunjung ke tempat peristirahatan mendiang keluarga dan sahabat mereka. 

Lebih rinci, visual karakter yang diambil dari karakter khas Meksiko itu hadir dalam rupa sosok tulang belulang dan mengenakan ornamen bunga marigold khas suku Aztec. Meski referensi tengkorak dan ornamen bunganya kental dengan unsur Amerika Latin, Muerta memiliki ciri khas pada penggunaan pistol flintlock yang identik sebagai senjata pada zaman dahulu.
 

Sekilas, karakter ini tampak kuat dengan ciri khas bangkit dari kematian dan efek visual yang menakutkan melalui penggunaan glow in the dark. Hal ini kemudian diperkuat dengan senjata yang diperkirakan akan memperkuat tipe assassin yang melekat padanya.

Teaser karakter berdurasi 50 detik dari Valve menunjukkan kekuatan Muerta yang cukup kuat hingga pada bagian akhir video, di mana dia tampak memiliki bentuk berbeda saat meningkatkan kekuatannya dengan hantu di sekelilingnya. Video ini ditayangkan perdana secara daring dan luring pada The International 11 yang berlangsung pada tahun ini.

"Revenant abadi membuka dirinya dengan janji-janji perhitungan menghancurkan untuk diikuti. Menembus tabir antara yang hidup dan yang mati sebagai pahlawan baru, Muerta, tiba untuk menghantui permainan pada awal 2023," jelas Valve.

Kendati teaser ini disambut antusias oleh para penonton dan penggemar Dota 2, waktu yang digunakan justru terasa kurang berkesan pada saat acara berlangsung. Pasalnya, video trailer ini disiarkan pada saat peralihan dari pertandingan kategori All-Star Showmatch ke pertandingan antara Tundra Esports dan Team Secret.

Hingga saat ini, Valve belum merincikan kekuatan maupun toolkit yang dimiliki Muerta dalam permainan Dota 2 baru pada tahun depan. Rincian ini meliputi keunikan secara kemampuan hingga informasi latar belakang mengenal referensi desain pada aset-aset karakter tersebut.

Mengenai perannya dalam game, sebagian pemain dan penggemar menduga bahwa Muerta akan memiliki kemampuan sebagai carry yang dipersenjatai atau pahlawan berbasis kelincahan serupa dengan Sniper. Bahkan, karakternya yang diduga dari alam lain juga mengindikasikan potensinya untuk bisa membantu tim setelah meninggal di dalam permainan. 

Dugaan lainnya terkait dengan Muerta adalah keterkaitannya dengan karakter lain. Laporan GameRant menduga karakter ini merupakan bagian dari Sisters of the Veil, bersama dengan Phantom Assassin jika merujuk pada monolog dalam teaser yang sama.

Sementara itu, The Mournful Revenant yang diduga merupakan mode terbaru dalam Dota 2 diperkirakan akan rilis tidak lama setelah selesainya tahapan akhir dari Battle Pass 2022 pada 12 Januari atau pada Februari 2023.

Baca juga: Klasemen Sementara Group Stage MLBB Piala Presiden Esports 2022, RRQ Hoshi dan EVOS Legends Dominasi Poin

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Scarlett Gelar Meet & Greet Song Joong-ki Gartis, Catat Tanggalnya!

BERIKUTNYA

Menikmati Ekosistem Bahari hingga Suasana Senja di Laut Utara Ibu Kota

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: