Taman Ismail Marzuki berada di pusat kota. (Sumber gambar: Festival Teater Jakarta)

5 Kegiatan Menarik yang Bisa Dilakukan di Taman Ismail Marzuki

04 September 2023   |   13:20 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Like
Taman Ismail Marzuki atau yang kerap disingkat TIM menjadi kawasan yang kerap dikunjungi oleh banyak orang. Selain untuk berkesenian, tempat bersejarah ini juga kerap menjadi aktivitas lainnya bagi masyarakat umum atau para pelancong yang tengah ke Jakarta. 

Di kawasan yang dibangun pada 1968 silam dan selesai revitalisasi pada tahun lalu itu memiliki sejumlah tempat yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk melakukan kegiatan. Selain menyenangkan, kegiatan itu juga dapat menambah pengetahuan dan wawasan.

Baca juga: Cara Reservasi & Daftar Anggota di Perpustakaan Umum Taman Ismail Marzuki Jakarta

Sebagai contoh, di tempat ini, terdapat perpustakaan yang cukup nyaman bagi para penikmat buku. Selain perpustakaan, ada juga planetarium, gedung teater, dan sebagainya yang juga dapat dinikmati oleh masyarakat.

Nah, bagi Genhype yang tertarik untuk berkunjung ke Taman Ismail Marzuki, berikut sejumlah kegiatan yang dapat dilakukan di tempat ini.
 

1. Baca buku di perpustakaan

Di kawasan TIM ada perpustakaan umum yang memiliki beragam koleksi buku. Tidak hanya itu, tempat ini juga memiliki desain yang instagramable dengan fasilitas yang lebih lengkap. Pengunjung dapat dengan nyaman membaca, mengerjakan tugas, atau bekerja di sini.

Sistem peminjaman dan kedatangan juga sudah lebih canggih. Untuk berkunjung ke tempat ini, Genhype harus memastikan sudah melakukan registrasi secara daring di Jaklitera perpustakaan.jakarta.go.id dahulu sebelum berkunjung. Agar puas membaca, kailan sebaiknya datang lebih pagi lantaran waktu buka perpustakaan ini cukup terbatas.

Baca juga: Review Perpustakaan Jakarta di Taman Ismail Marzuki, Tempat Baca yang Asyik & Berdesain Kekinian
 

2. Melihat simulasi bintang di Planetarium

Kegiatan lain yang dapat dilakukan oleh Genhype ketika berkunjung ke Taman Ismail Marzuki. Planetarium memang belum dibuka lantaran masih dalam proses revitalisasi. Namun, ketika selesai, pengunjung dapat menyaksikan simulasi bintang dan berbagai benda langit.

Genhype dapat menikmatinya melalui Pertunjukan Teater Bintang. Selain itu, ada juga observatorium yang memungkinkan kalian melihat benda langit dengan menggunakan teleskop secara langsung.

Tidak hanya itu, ruang pameran yang terdapat di dalam Planetarium Taman Ismail Marzuki juga dapat menambah pengetahuan kalian tentang astronomi. Namun, saat ini akses masuk belum terbuka untuk umum karena masih revitalisasi.
 

3. Nongkrong santai

Taman Ismail Marzuki berada di Cikini, Menteng, Jakarta Pusat atau di pusat kota. Posisi ini membuatnya menjadi kawasan strategis dan bisa digunakan sebagai titik kumpul pertemuan bersama dengan kawan.

Suasana kawasan yang rindang dan nyaman juga dijamin akan membuat kalian betah berlama-lama di tempat ini. Di tempat ini, ada berbagai spot yang asyik untuk duduk, berbincang, atau berdiskusi membahas banyak hal.

Bangunan-bangunan arsitektur yang berada di kawasan ini menjadi pemandangan lain yang juga tidal boleh dilewatkan oleh Genhype ketika berkunjung. Kalian juga tidak perlu takut ketika lapar dan haus melanda karena terdapat penjual makan atau mesin yang menyediakan minuman.
1
2


SEBELUMNYA

Menilik Sejarah dan Kemegahan JCC yang Akan Jadi Tempat Pelaksanaan KTT ASEAN

BERIKUTNYA

7 Jajanan Pasar Khas Jakarta yang Wajib Dicicipi Delegasi KTT ASEAN

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: