Denzel Washington dalam the Equalizer 3 (Sumber gambar: sonnypictures.com/CTMG. Inc)

3 Hari Penayangan, The Equalizer Raup Pendapatan Rp523,56 Miliar di Amerika

04 September 2023   |   13:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Film The Equalizer 3 berhasil menjadi yang teratas di pasar domestik Amerika Utara pada akhir pekan pertama, dari Jumat sampai Minggu lalu. Selama tiga hari penayangan di bioskop, karya besutan Sutradara Antoine Fuqua itu memperoleh US$34,5 juta atau Rp523,56 miliar (US$1 = Rp15.175,74).

Dengan perkiraan pendapatan kotor itu, maka karya yang dibintangi oleh aktor Denzel Washington itu mengalahkan Barbie, Blue Beetle, Gran Turismo, Oppenheimer, dan sebagainya.

Baca juga: Sudah Tayang di Indonesia, Ini Bioskop yang Menayangkan The Equalizer 3

Laman Box Office Mojo mencatat bahwa hanya The Equalizer 3 yang memperoleh pendapatan di atas US$30 juta dolar Amerika Serikat pada 1 – 3 September 2023. Film Barbie yang berada di peringkat kedua selama periode yang sama tercatat memiliki pendapatan US$10,6 juta.

Keunggulan film ketiga dari trilogi The Equalizer itu terlihat dari hari pertama pemutarannya. Selama tiga hari berturut-turut, film tentang Robert McCall dan kawan-kawan itu selalu menjadi yang tertinggi dalam kategori pendapatan harian dari 1 sampai 3 pada bulan sembilan tahun ini.

Laman itu juga mencatat bahwa pendapatan kotor yang diperoleh oleh The Equalizer 3 pada pembukaan di pasar domestik tidak jauh berbeda dengan pendahulunya, yakni The Equalizer (2014) dan The Equalizer 2 (2018).

Pada 2014, film pertama memperoleh US$34,1 juta selama tiga hari pertama, sedangkan film kedua berhasil mencatatkan pendapatan US$36 juta pada 20 – 22 Juli 2018.

Dikutip dari laman Rotten Tomatoes, film ini memperoleh penilaian 76 persen dengan rata-rata kritikus memberikan nilai 6,10 dari 10. Sementara itu, penonton memberikan rata-rata rating 4,6 dari 5.

Laman tersebut menuliskan bahwa kinerja yang cukup baik The Equalizer 3 di box office tidak dapat dilepaskan dari film pertama dan keduanya. The Equalizer pertama berhasil memperoleh Fresh on the Tomatometer dan The Equalizer 2 mendapatkan skor yang tinggi dari penonton.

Selain itu, keberhasilan The Equalizer 3 juga karena lokasi dan serangkaian keadaan yang benar-benar baru. Dalam film ini, Robert McCall mencari keadilan di Italia bagian selatan. Dia harus berhadapan dengan beberapa petinggi mafia guna membantu penduduk keluar dari kesulitan.

Kemudian, film ini berhasil menarik minat penonton lantaran tidak dapat dilepaskan dari serial dramanya yang kembali dibuat atau reboot pada 2021, serta masih tayang sampai saat ini. Film-film The Equalizer didasarkan pada serial televisi yang pertama kali tayang pada 1980an.

Sementara itu, secara keseluruhan Box Office Mojo melaporkan, The Equalizer 3 pendapatan kotor sebesar US$68,1 juta dari seluruh dunia atau Rp1,03 triliun. Kinerja ini menempatkannya berada di 37 dalam daftar film box office dunia yang rilis pada tahun ini.

The Equalizer 3 yang baru rilis dalam beberapa hari berhasil mengalahkan The Boogeyman dan Talk To Me yang masing-masing meraih US$67,24 juta dan US$63,13 juta. Raihan kedua film itu membuatnya menempati posisi 38 dan 39.

Meskipun baru rilis di pasar domestik pada 1 September 2023, film ini telah tayang lebih dahulu di sejumlah negara mulai 30 dan 31 Agustus 2023. Negara yang menayangkan pada 30 Agustus 2023 adalah Indonesia, Inggris, dan Prancis.

Sementara itu, film ini tayang pada 31 Agustus 2023 di Jerman, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, dan Australia. Sementara itu, The Equalizer juga baru akan tayang di sejumlah negara pada Oktober tahun ini, seperti Jepang, Korea Selatan, Brasil, dan Meksiko.

Baca juga: Sinopsis & Daftar Pemeran Film The Equalizer 3 yang Sudah Tayang di Bioskop Indonesia

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Gagal Pertahankan Gelar Juara, Timnas MLBB Indonesia Harus Puas Jadi Runner Up di IESF 2023

BERIKUTNYA

8 Tim Lolos ke Perempat Final FIBA World Cup 2023, Cek Jadwal & Link Streaming Pertandingan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: