Ilustrasi pertandingan bola basket (Sumber gambar: Markus Spiske/Unsplash)

8 Tim Lolos ke Perempat Final FIBA World Cup 2023, Cek Jadwal & Link Streaming Pertandingan

04 September 2023   |   12:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

FIBA World Cup 2023 telah memasuki babak perempat final. Sayangnya, para pecinta basket di Indonesia tidak bisa menyaksikan pertandingannya secara langsung, karena akan bergulir di Mall of Asia, Manila, Filipina, pada 5-6 September 2023. 

Sebanyak delapan negara itu telah memastikan diri melaju ke perempat final FIBA World Cup 2023. Kedelapan negara itu adalah Italia (juara Grup I), Serbia (runner-up Grup I), Lithuania (juara Grup J), Amerika Serikat (runner-up Grup J), Jerman (juara Grup K), Slovenia (runner-up Grup K), Kanada (juara Grup L), dan Latvia (runner-up Grup L).

Baca juga: Jadwal FIBA Basketball World Cup 2023 Hari Ini, Kontra Brasil vs Spanyol Bakal Panas

Hasil drawing 8 besar FIBA World Cup 2023 memastikan duel Lithuania vs Serbia, Italia vs Amerika Serikat (AS), Jerman vs Latvia, serta Kanada vs Slovenia. Nantinya, 4 pemenang laga perempat final akan melaju ke semifinal, sedangkan 4 tim lainnya akan melanjutkan ke babak klasifikasi 5-8.

Kanada menjadi tim terakhir yang mengamankan tiket delapan besar usai menaklukkan sang juara bertahan tim Spanyol dengan skor 88-85 di Indonesia Arena, Gelora Bung Karno (GBK) Senayan Jakarta, pada Minggu (3/9/2023). Hasil itu membuat tim Kanada keluar sebagai juara Grup L putaran kedua dengan empat kemenangan dan satu kali kalah.

Jumlah itu sama dengan tim Latvia yang mengakhiri pertandingan sebagai runner-up usai menaklukkan tim Brasil dengan skor 104-84 beberapa jam sebelumnya. Hasil ini menjadi prestasi besar bagi Latvia yang baru pertama kali mengikuti Piala Dunia Basket. Akan tetapi, tim Kanada unggul head-to-head karena mengalahkan Latvia di babak penyisihan grup.

Di sisi lain, tim Australia yang saat ini menduduki ranking 3 FIBA gagal lolos di pertandingan perempat final. Patty Mills dan kawan-kawan harus tersingkir meski sempat memenangi 1 gim di babak 16 besar. Sedangkan, tim kuat lainnya Prancis telah gugur lebih awal, yaitu pada penyisihan ronde pertama 32 besar.
 

Sementara itu, laga perempat final FIBA World Cup 2023 masih diisi sejumlah tim unggulan. Tim AS yang membawa 2 All Star NBA 2023, Tyrese Haliburton dan Jaren Jackson Junior akan menjadi favorit teratas. Kini mereka akan mengejar gelar ke-6 sekaligus juga bakal membayar kegagalan di babak perempat final pada gelaran 2019 silam.

Tim lainnya, Slovenia akan berjuang bersama sang superstar Luka Doncic, yang kini masih menjadi pemain dengan rataan poin tertinggi (26,4 poin/game). Di sisi lain, tim kuda hitam Latvia bersiap melanjutkan pertahanannya di pertandingan perempat final nanti.

Babak 8 besar FIBA World Cup 2023 akan berlangsung pada 5-6 September 2023 di Mall of Asia, Manila, Filipina. Laga perempat final Piala Dunia Basket ini dapat disaksikan melalui siaran langsung iNews TV serta live streaming di aplikasi Vision+ melalui kanal Sportstars.

Berikut adalah jadwal pertandingan perempat final FIBA World Cup 2023.

Selasa, 5 September 2023
Lituania VS Serbia: pukul 15.45 WIB
Italia VS Amerika Serikat: pukul 19.40 WIB

Rabu, 6 September 2023
Jerman VS Latvia: pukul 15.45 WIB
Kanada VS Slovenia: pukul 19.30 WIB

Bagi kalian yang ingin menonton laga perempat final FIBA World Cup 2023 bisa melalui link berikut:

Link menonton laga perempat final FIBA World Cup 2023 via iNews TV
Link menonton laga perempat final FIBA World Cup 2023 via Sportstars Vision+


FIBA World Cup adalah kompetisi bola basket internasional yang diikuti oleh tim nasional putra senior dari anggota Federasi Bola Basket Internasional (FIBA), lembaga olahraga bola basket global. Diadakan sejak 1950, FIBA World Cup dianggap sebagai acara unggulan dari FIBA.

Sejak 1986 hingga 2014, kejuaraan bola basket dunia untuk putra dan putri diadakan pada tahun yang sama, meskipun di negara yang berbeda. Format turnamen ini melibatkan 32 tim yang bersaing memperebutkan gelar di tempat-tempat di negara tuan rumah. Nantinya, tim pemenang berhak menerima Trofi Naismith yang pertama kali diberikan pada tahun 1967. 

Pada perhelatannya tahun ini, tiga negara ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggaran FIBA World Cup yakni Filipina, Jepang, dan Indonesia. Sayangnya, tim nasional Indonesia tidak terlibat di ajang 4 tahunan tersebut lantaran tidak lolos kualifikasi.

Baca juga: Menengok 6 Fasilitas Indonesia Arena Untuk FIBA Basketball World Cup 2023

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

3 Hari Penayangan, The Equalizer Raup Pendapatan Rp523,56 Miliar di Amerika

BERIKUTNYA

Barbie Puncaki Box Office Dunia 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: