Ilustrasi teras rumah (dok: Unsplash)

Panduan Mendesain Teras Sempit Biar Terlihat Cantik

02 August 2021   |   14:05 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Teras adalah salah satu elemen penting dalam rumah. Dengan adanya teras kita bisa melakukan berbagai aktivitas, mulai dari bermain, santai, hingga bercocok tanam. Namun, fungsi teras sering terabaikan pada rumah berukuran kecil atau mungil. Bahkan tak jarang para penghuni menghilangkan teras yang sempit demi memperluas bangunan.  

Walaupun demikian, bukan berarti kalian tak bisa mendesain teras sempit. Kalian tetap bisa kok mendesainnya agar tampak cantik layaknya teras luas lengkap dengan beragam furnitur atau perabotan.

Terkait hal ini ada beberapa hal yang perlu kalian pahami sebelum dalam mendesain teras sempit. Hypeabis.id telah merangkum berbagai informasi yang bisa menjadi panduan bagi kalian dalam mendesain teras tersebut. 

WARNA
Hal pertama yang perlu kalian lakukan untuk mempercantik teras sempit adalah menentukan cat atau warna pada dinding teras. Cat dengan warna cerah diyakini akan memberikan kesan luas pada teras dibandingkan dengan warna gelap.

ORNAMEN
Jika enggan menggunakan cat, ornamen yang dapat digunakan adalah keramik bermotif, batu alam, atau bata yang dibiarkan tidak diplester (bata ekspos). Batu alam dan bata ekspos bisa kalian pilih jika menginginkan teras dengan kesan alami, klasik, atau tradisional.

LANTAI
 
Ilustrasi teras rumah (Alen Rojnic - Unsplash)
Selanjutnya yang tak kalah penting adalah penggunaan keramik lantai yang tepat. Sesuaikan ukuran teras dengan ukuran keramik yang digunakan, jangan gunakan lantai yang terlalu besar apabila ukuran teras sangat sempit.

Selain terlihat tidak proporsional, lantai berukuran terlalu besar di teras sempit akan menyulitkan pemasangan karena perlu penyesuaian lewat pemotongan menggunakan mesin potong atau gerinda.



MOTIF
Adapun, untuk motifnya disesuaikan saja dengan warna atau ornamen yang digunakan pada tembok. Apabila tembok menggunakan warna cerah, lantai bermotif layak dijadikan pilihan. Sebaliknya, jika tembok berwarna gelap atau menggunakan ornamen, lantai polos dengan warna-warna cerah tentunya layak dijadikan pilihan.

PILAH
Setelah tembok dan lantai rampung, hal yang harus dikerjakan adalah memisahkan barang-barang yang masih diperlukan, bisa didonasikan, atau pun harus dibuang. Tinggalkan barang-barang yang memang masih berguna, jangan penuhi teras dengan barang bekas.

TANAMAN
 
Ilustrasi teras rumah (Ralph Kayden: Unsplash)
Adopsi tanaman untuk menciptakan suasana segar tanaman memiliki peran yang penting untuk menciptakan suasana segar di teras rumah.  Kalian rumah bisa mengadopsi berbagai jenis tanaman, mulai dari pohon, tanaman hias, hingga tanaman gantung apabila ruang yang ada tidak memadai.

Peletakan tanaman yang baik adalah di sudut teras, di pinggir halaman rumah, dan tembok kosong untuk tanaman gantung. Lengkapi dengan hiasan sesuai dengan gaya teras rumah kalian. Pemilihan hiasan menjadi hal yang harus diperhatikan ketika ingin mendekorasi teras rumah. 




TEMA
Sesuaikan hiasan dengan tema yang kalian usung, jangan sampai keduanya tidak sejalan dan membuat teras jadi tidak sedap dipandang. Sebagai contoh, lampu hias dengan model tradisional tentunya tidak pas apabila tema dari teras atau rumah kalian secara keseluruhan adalah minimalis.

UKURAN
Ukuran juga jadi hal yang harus diperhatikan. Jangan sampai ukuran hiasan terlampau besar ketika diletakkan di teras kecil kalian. Selain ukuran, material atau bahan hiasan juga harus disesuaikan dengan lingkungan luar rumah.

Material besi layak dijadikan pilihan utama lantaran memiliki karakter yang sangat kokoh dan sangat tahan dengan cuaca panas ataupun dingin.

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Mayoritas Anak di Kawasan Asia Pasifik Lebih Memilih Pendidikan Tatap Muka

BERIKUTNYA

Pameran Di Muka Jendela: Enigma, Usia Bukan Halangan Goenawan Mohamad Terus Berkarya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: