Ilustrasi genkan (dok: Niseko Project)

Yuk Kenalan dengan Genkan, Area yang Wajib Ada di Rumah Ala Jepang

02 August 2021   |   11:50 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Bicara mengenai rumah khas Jepang tentunya tak bisa dipisahkan dari area yang disebut genkan. Genkan merupakan area yang akan kalian temukan pertama kali di dalam rumah, setelah melewati pintu masuk rumah-rumah di Negeri Matahari Terbit.

Genkan berfungsi sebagai pembatas antara area dalam dan area luar rumah. Area tersebut menjadi tempat bagi penghuni rumah maupun tamu melepas alas kakinya sebelum masuk ke dalam rumah.
 
Oleh karena itu, di genkan umumnya terdapat keset kaki beserta rak khusus untuk  menyimpan alas kaki. Untuk melengkapi, biasanya juga ada tempat penyimpanan payung, menggantung mantel, hingga rak untuk menyimpan kunci.

 
Genkan di rumah keluarga Nobi di serial animasi Doraemon ( Sumber gambar: Doraemon Vietnam)
Agar lebih mudah membayangkan, kalian bisa menonton serial animasi Jepang seperti Doraemon, Ninja Hatori, atau Crayon Shincan. Karena di rumah-rumah yang tampil di serial animasi tersebut sudah bisa dipastikan memiliki genkan. 

Genkan digambarkan sebagai tempat dimana para tokoh melepas alas kakinya setelah membuka pintu rumah sembari berteriak "aku pulang". 

Di serial animasi itu, genkan juga diperlihatkan sebagai tempat menerima kiriman paket atau pamitnya tamu usai berkunjung ke rumah.

Jika kalian perhatikan, terdapat undakan atau tangga dengan tinggi bervariasi, mulai dari 5 cm hingga seukuran lutut orang dewasa yang membatasi genkan dengan area dalam rumah.

Tangga yang disebut sebagai shikidai itu boleh dikatakan punya fungsi mirip dengan batas suci yang ada di masjid atau musala.

Tangga tersebut menjadi tempat terakhir bagi para penghuni rumah atau tamu menggunakan alas kakinya. Ketika memasuki area dalam rumah yang levelnya lebih tinggi dari genkan, mereka harus melepas alas kaki dan menggantinya dengan alas kaki khusus yang disebut getabako.

Di samping alasan kesehatan dan kenyamanan, melepaskan sepatu adalah bagian dari budaya Jepang yang sudah tidak bisa dipisahkan sejak ribuan tahun lalu. Tradisi itu berkaitan dengan tradisi orang Jepang yang menggunakan lantai tatami di rumah agar mereka bisa langsung duduk dan tidur di atas lantai.

Walaupun demikian, bukan berarti genkan hanya bisa kalian temui di rumah ala Jepang saja. Keberadaan genkan juga bisa kalian temui di tempat-tempat seperti sekolah, hotel tradisional Jepang dan restoran-restoran khusus yang mengadopsi gaya lesehan, utamanya restoran tradisional.
 
Di sekolah misalnya, semua murid, guru, pegawai, dan tamu diharuskan melepas alas kaki mereka untuk kemudian menggantinya dengan getabako. Untuk mengakomadasi mereka semua, biasanya aula masuk sekolah dilengkapi dengan tempat penyimpanan atau loker alas kaki berkapasitas besar. 
 
Ketika mengunjungi Jepang, kemungkinan besar kalian akan bertemu paling tidak dengan satu tempat yang mengharuskan kalian melepas sepatu. Agar tak kebingungan dan akhirnya malah dianggap tidak sopan, kalian perlu memperhatikan tips yang berhubungan dengan apa yang harus dilakukan ketika berada di genkan. 

Mengutip Webjapan.org, selain melepas alas kaki, hal yang perlu dilakukan ketika berada di genkan atau sebelum memasuki tempat-tempat yang mengharuskan alas kaki dilepas adalah memastikan kondisi kaos kaki. Jangan sampai kaos kaki yang kalian gunakan terlihat kotor atau lusuh, apalagi sampai berlubang.
 
Kaos kaki dengan kondisi seperti itu dianggap tidak sopan. Jika memang tidak ada pilihan lain, kalian sebaiknya melepas saja kaos kaki tersebut. Namun, perlu diingat bahwa menggunakan kaos kaki dianggap lebih sopan dibandingkan dengan kaki telanjang. 

Selain alas kaki, ketika berada di genkan kalian sebaiknya juga melepas topi dan mantel. Selain berkaitan dengan sopan santun, hal ini juga dilakukan untuk menjaga kebersihan di dalam ruangan.
 
Topi dan mantel yang digunakan di luar ruangan tentunya membawa berbagai macam kotoran atau debu yang tak kasat mata. Tentunya jika benda-benda tersebut terbawa masuk ke dalam ruangan akan membuat mereka yang ada di dalamnya menjadi tidak nyaman.

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Bunda, Ini Loh Manfaat Luar Biasa ASI untuk Bayi

BERIKUTNYA

Google Akhiri Dukungan Untuk Ponsel Android Lawas Versi Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: