Google (Unsplash/Solen Feyissa)

Google Akhiri Dukungan Untuk Ponsel Android Lawas Versi Ini

02 August 2021   |   12:13 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Dari waktu ke waktu, Google dan pengembang lain terus meninggalkan dan menghapus jalur dukungan untuk sistem operasi versi lawas dan lebih memprioritaskan pada versi lebih baru yang tersedia di pasaran. Terbaru, Google telah menyatakan bahwa perusahaan tidak akan lagi mendukung proses masuk di ponsel Android yang menjalankan versi 2.3.7 atau lebih rendah.

Perubahan ini akan berlaku mulai 27 September mendatang. Pemberitahuan lewat surat elektronik oleh Google merekomendasikan pengguna untuk memperbarui stidaknya Android 3.0 Honeycomb untuk dapat terus menggunakan aplikasi Google setelah tenggat waktu tersebut.

Dalam laporannya, 9to5Google membagikan tangkapan layar email yang dikirim ke pengguna yang kemungkinan akan terpengaruh dengan adanya perubahan ini.
 
(9to5Google)

 
Pengguna versi Android yang sangat lama jumlahnya memang tak banyak dan upaya ini dilakukan untuk membatu melindungi data pengguna dan menjaga keamanan akun mereka.

Jadi, mulai tenggat waktu yang ditentukan, pengguna yang menjalankan Android versi 2.3.7 dan lebih rendah akan mendapatkan notifikasi 'kesalahan nama pengguna atau sandi' setiap kali mereka mencoba masuk ke aplikasi Google.

Disebutkan bahwa pengguna lama akan mendapatkan kesalahan jika mereka mencoba masuk ke produk dan layanan Google seperti Gmail, YouTube, dan Maps.

Mereka juga akan melihat hal serupa jika mencoba menambahkan atau membuat akun Google baru, mencoba mengubah sandi, hingga melakukan reset pabrik. Kesalahan nama pengguna dan kata sandi akan terus muncul.

Peringatan ini sejatinya menjadi tanda peringatan bagi beberapa pengguna yang masih memakai perangkat lunak Android versi lawas, dan mendesak mereka untuk memperbarui perangkat lunak atau mengganti ponsel.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Yuk Kenalan dengan Genkan, Area yang Wajib Ada di Rumah Ala Jepang

BERIKUTNYA

Dirjen WHO Berterima Kasih Kepada Minhyuk BTOB Terkait Pengalaman Covid-19

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: