Ilustrasi profil Instagram. (Dok. Phil Desforges dari Unsplash)

Instagram Akan Gembok Otomatis Akun Pengguna di Bawah Umur

27 July 2021   |   23:06 WIB

Setelah sebelumnya merilis fitur yang tidak mengizinkan pengguna berusia dewasa menghubungi pengguna berusia remaja, kini Instagram makin meninggikan benteng perlindungan bagi pengguna remaja dengan mengembangkan sistem akun privat bagi pengguna di bawah umur yang baru mendaftar di media sosial tersebut.

The Verge melaporkan bahwa sistem ini bekerja dengan cara menggembok atau memprivat otomatis secara standar atau by default meski pengguna remaja bisa mengubahnya melalui halaman pengaturan.

Sementara itu, pengguna di bawah umur yang sudah punya akun Instagram akan diberikan notifikasi yang mengajak mereka untuk menggembok akunnya.

Sistem ini semula diawali dengan adanya notifikasi yang mengajak pengguna remaja yang baru mendaftar tentang kelebihan dari memiliki akun privat. Tapi, kini Instagram resmi membuatnya sebagai sistem yang sudah terotomatisasi.
 

Ilustrasi pengaturan privasi akun. (Dok. Instagram)

Ilustrasi pengaturan privasi akun. (Dok. Instagram)

Tidak hanya menggembok otomatis akun pengguna di bawah umur, Instagram juga mengenalkan perubahan kebijakan tentang pengarahan iklan kepada pengguna remaja di bawah 18 tahun.

Jika sebelumnya pengiklan bisa menargetkan iklannya dari beberapa indikator dan informasi yang dikumpulkan Facebook, kini mereka hanya bisa menargetkan iklannya kepada pengguna berusia di atas 18 tahun dari umur, jenis kelamin, dan lokasi.

Ada pun kebijakan lainnya adalah membatasi interaksi pengguna yang dianggap bermasalah dan berperilaku mencurigakan karena berinteraksi dengan pengguna di bawah umur, termasuk akun-akun yang sudah diblokir oleh pengguna remaja tersebut.

Pembatasan dilakukan dengan cara memisahkan keduanya secara visual dari halaman Explore, Reels, Akun yang Disarankan, serta dari kolom komentar dan unggahan.

"Kami sedang berpikir jika ada orang dewasa yang menunjukkan perilaku mencurigakan. Orang tersebut mungkin belum melanggar aturan, tapi bisa saja melakukan hal yang membuat kami mengamatinya dengan lebih seksama," jelas Karina Newton, kepala kebijakan publik dari Instagram.

Beberapa waktu belakangan, Instagram mulai menggalakkan berbagai kebijakan yang diperuntukkan melindungi pengguna anak-anak dan remaja di bawah umur dengan berbagai fitur. 

Beberapa di antaranya adalah peringatan adanya penerimaan pesan pribadi atau direct message dari pengguna berusia dewasa beserta dengan pemblokiran terhadap pengguna tersebut dan wacana perancangan aplikasi Instagram untuk anak-anak di bawah 13 tahun.

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Merdunya 3 Artis K-pop Ini Nyanyikan Lagu Jason Mraz & Alicia Keys

BERIKUTNYA

Jenuh Di Rumah? Ini Tiga Kiat Sederhana Usir Rasa Bosan saat WFH

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: