Poster film Susuk: Kutukan Kecantikan & Puspita Indah Taman Hati. (Sumber gambar: Visinema & Starvision)

Film Susuk: Kutukan Kecantikan & Puspita Indah Taman Hati Tayang di Bioskop, Intip Sinopsisnya

31 August 2023   |   05:30 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Dunia perfilman Indonesia terus diramaikan dengan karya-karya sinema beragam genre dan cerita. Menutup bulan Agustus 2023, ada dua film Indonesia mulai tayang hari ini di bioskop yaitu Susuk: Kutukan Kecantikan dan Puspita Indah Taman Hati. Kedua film tersebut masing-masing bergenre horor dan drama romantis yang bisa menjadi pilihan tontonan kalian.

Susuk: Kutukan Kecantikan menceritakan kisah seseorang yang hidupnya dihantui kegelapan karena menggunakan susuk kecantikan. Disutradarai Ginanti Rona, ceritanya mengikuti perempuan bernama Laras (diperankan oleh Hana Malasan) yang ingin berhenti dari pekerjaannya sebagai pekerja seks komersial (PSK). Dia ingin memperbaiki hubungannya dengan adiknya yang bernama Ayu (diperankan oleh Ersya Aurelia). 

Baca juga: Sinopsis & Daftar Pemeran Film The Equalizer 3 yang Sudah Tayang di Bioskop Indonesia

Namun, sebuah kecelakaan membuat Laras terus terjebak dalam sakaratul maut. Raga Laras tetap hidup tapi perlahan badannya mulai membusuk seperti mayat. Ditemani oleh Aman (diperankan oleh Jourdy Pranata), Ayu pun mencari berbagai cara untuk menyembuhkan kakaknya.

Dia mendatangi Damar (diperankan oleh Whani Dharmawan), seorang kepala desa yang membantu Laras dan Ayu setelah orang tuanya meninggal. Begitu juga dengan Ustaz Rahmat (diperankan oleh M.N. Qomaruddin), pemuka agama yang akhirnya menguak bahwa hal yang membuat keadaan Laras terus memburuk adalah susuk yang dikenakannya untuk kecantikan.

Mereka pun akhirnya meminta bantuan kepada seorang dukun bernama Prasetyo (diperankan oleh Muhamad Khan) yang menyebut bahwa susuk di tubuh Laras bukanlah susuk biasa. Namun, susuk ini menjadi penyebab yang membuat tubuh Laras membusuk hingga menciptakan teror bagi Ayu, Aman, dan seluruh warga desa. 
 

Sutradara Ginanti Rona mengatakan kisah-kisah yang tersaji dalam film Susuk Kutukan Kecantikan merupakan hasil riset dari beberapa fakta yang melekat pada susuk. Misalnya menjanjikan kebahagiaan sementara tapi juga mendatangkan kutukan dan siksaan yang mengerikan, pemakai susuk yang sering gelisah dan berperilaku aneh karena makhluk gaib dalam tubuhnya, hingga munculnya kesialan seiring dengan memudarnya kekuataan susuk.

Selain itu, pengguna susuk juga kerap dihantui rasa bersalah dan penyesalan, sering diganggu oleh makhluk gaib, menderita gangguan mental, hingga susah meninggal saat ajal menjemput kecuali susuk dicabut oleh orang yang pertama kali memasukkannya.

"Susuk dipercaya mampu menawarkan jalan lebih mudah untuk kehidupan pemakainya. Cinta, karier, kharisma serta daya tarik yang tak masuk logika. Tapi beberapa hal justru menciptakan kutukan yang tak terduga," kata sutradara yang juga menggarap film Qorin itu.

Sementara itu, Puspita Indah Taman Hati merupakan kelanjutan dari film Gita Cinta dari SMA yang tayang pada Februari 2023 lalu. Film ini akan kembali dibintangi oleh Prilly Latuconsina dan Yesaya Abraham sebagai pemeran utamanya. Alur ceritanya juga akan melanjutkan kisah cinta Galih dan Ratna yang pernah populer pada era 80-an.

Film Puspita Indah Taman Hati merupakan hasil adaptasi novel populer karya penulis Eddy D Iskandar yang pertama kali terbit pada 1980-an. Disutradarai Monty Tiwa, Puspa Indah Taman Hati akan berfokus pada kisah cinta seorang pemuda bernama Galih. Dia adalah seorang penyanyi solo yang sukses dengan rilisan album pertamanya.

Setelah hubungan asmaranya dengan Ratna selesai, Galih bertemu dengan seorang wanita bernama Marlina yang memiliki paras begitu mirip dengan mantan kekasihnya.
 

Galih dan Marlina merupakan teman satu kampus yang menempuh pendidikan di dua jurusan berbeda. Galih adalah mahasiswa jurusan musik, sedangkan Marlina merupakan mahasiswa pada jurusan seni rupa.

Setelah pertemuan pertamanya, Galih dan Marlina pun mulai sering berinteraksi dan menghabiskan waktu bersama. Hal ini tanpa sadar membuat Galih menjatuhkan hatinya kepada Marlina. Sayangnya, perasaan Galih ini muncul lebih cepat karena Marlina memiliki paras yang mirip dengan Ratna, mantan kekasihnya di masa lalu.

Lambat laut, hubungan kedua insan tersebut pun semakin dalam dan berubah menjadi sepasang kekasih. Tetapi, di tengah perasaan cintanya, Galih dihantui rasa takut ditolak oleh orang tua Marlina karena perbedaan status sosial.

Konflik mulai memanas ketika tiba-tiba Galih teringat sosok Ratna saat sedang menyaksikan pertunjukan tari di Yogyakarta. Di sisi lain, Ratna ternyata sedang berada dalam masalah karena suaminya yang dikabarkan telah menikah lagi dengan perempuan lain. Hal ini pun membuat Ratna harus bercerai dengan suaminya.

Mengetahui Galih yang masih belum bisa melupakan mantan kekasihnya, Marlina pun mulai ragu dengan perasaan Galih. Dia merasa gelisah kepada siapa Galih akan melabuhkan hatinya.

Selain Prilly Latuconsina dan Yesaya Abraham, film Puspita Indah Taman Hati juga dibintangi oleh sederet aktor dan aktris ternama seperti Dewi Gita, Lukman Sardi, Arnold Leonard, Vladimir Rama, Jasmine Nadya, Nala Amrytha, Sadha Triyudha, Ariyo Wahab, Elmayana Sabrenia, dan Dicky Wahyudi.


Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Resep Pindang Patin Kemangi, Hidangan Khas Palembang yang Praktis & Enak

BERIKUTNYA

Google Doodle Tampilkan Keindahan Danau Toba Sebagai Geopark Global UNESCO

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: