Gambir Expo Kemayoran. (Sumber gambar: Situs resmi JiExpo)

Cara ke Gambir Expo Kemayoran Naik Transjakarta, KRL, hingga MRT

30 August 2023   |   00:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Menjelang September 2023, sejumlah konser dan festival musik siap digelar di Jakarta. Beberapa diantaranya merupakan gig tahunan yang memang dinantikan oleh penggemar sebut saja Synchronize Fest dan Pestapora. Tahun ini, kedua festival musik itu akan sama-sama digelar di Gambir Expo, Kemayoran, Jakarta.

Gambir Expo yang berlokasi di pusat konvensi dan eksibisi Jakarta International Expo (JIExpo) ini memang dikenal menjadi venue langganan banyak acara dan pertunjukan musik. Selain Synchronize Fest dan Pestapora, sejumlah acara musik lain juga sukses digelar di venue yang berkapasitas 25.000 orang tersebut diantaranya Java Jazz Festival, The 90s Festival, dan Djakarta Warehouse Project.

Baca juga: Art Jakarta 2023: Venue Baru & Kejutan Baru

Tak hanya musik, sejumlah acara dan eksibisi juga pernah dihelat di Gambir Expo diantaranya Jakarta Fair Kemayoran, Jackloth Festival, malam puncak Miss Indonesia, Indonesia International Motor Show (IIMS), Indo Defence, Indo Aerospace, Indo Marine Expo Forum, Pameran Manufacturing Indonesia Series, Indonesia Infrastructure Week, serta Indonesia Furniture Expo (IFEX).

Terletak di Jalan H. Benyamin Suaeb, Kemayoran, Jakarta, Gambir Expo kerap menjadi pilihan untuk berbagai acara tematik baik tingkat nasional maupun internasional seperti festival, konser, gathering, hingga pernikahan bertema outdoor. Venue yang memiliki luas 22.610 m2 ini menawarkan perpaduan antara semi indoor dan outdoor yang dikelilingi oleh pepohonan hijau.

 

JiExpo memiliki luas hingga 44 hektare di mana luas area yang digunakan untuk pameran adalah 100.000 m2. Area tersebut terdiri dari 50.000 m2 area indoor dan lebih dari 50.000 m2 area terbuka atau outdoor.

Area pameran indoor JiExpo terbagi menjadi dua bagian yaitu Sayap Timur dan Sayap Barat. Sayap Timur terdiri dari Hall A, Hall D1 dan Hall D2. Sedangkan Sayap Barat terdiri dari Hall B, Hall C, serta penghubung antara Hall B3 dan Hall C3

Lokasinya yang berada di Jakarta Pusat, membuat Gambir Expo terbilang mudah diakses menggunakan transportasi publik. Untuk sampai ke sana, kalian bisa menggunakan kendaraan umum seperti Transjakarta, KRL, MRT, dan Mikrotrans. Selain tidak perlu membawa kendaraan pribadi, menggunakan transportasi publik juga bisa terhindar dari kemacetan sehingga mobilitas kalian terasa nyaman.

Agar kalian tidak bingung, berikut adalah cara akses ke Gambir Expo menggunakan Transjakarta/Mikrolet, KRL, dan MRT.

Transjakarta/Mikrolet
Untuk sampai ke Gambir Expo, ada tiga koridor Transjakarta dan Mikrolet yang bisa kalian pilih yakni TransJakarta 2C (Monas-JiExpo Kemayoran), Transjakarta Jak 33 (Pulogadung -JIEXPO Kemayoran), serta Mikrolet M53 (Pulogadung -JiExpo Kemayoran). Dari halte bus, kalian hanya perlu berjalan kaki sejauh 150 meter atau sekitar 2 menit.

KRL
Untuk ke Gambir Expo menggunakan KRL, kalian bisa turun di Stasiun Rajawali yang memang dekat dengan venue. Jarak dari Stasiun Rajawali ke Gambir Expo sekitar 2,3 kilometer. Dari sana, kalian bisa naik transportasi online dengan waktu tempuh sekitar 6-10 menit. Atau, kalian juga bisa naik Mikrotrans JAK120 (Terminal Muara Angke – JIS) dan turun di pemberhentian Jalan Pekan Raya atau Flyover HBR Motik 1.

MRT
Selain Transjakarta, Mikrolet, dan KRL, kalian juga bisa menggunakan MRT untuk ke Gambir Expo. Kalian bisa naik MRT dari stasiun manapun lalu berhenti di pemberhentian terakhir yaitu Bundaran HI. Dari Bundaran HI, transit menggunakan bus TransJakarta dan naik jurusan Kota atau Harmoni atau Olimo.

Turun di Harmoni dan transit lalu pilih bus JIS3 dengan jurusan Harmoni – Landasan Pacu Timur Kemayoran. Setelah tiba di Halte Landasan Pacu Timur Kemayoran, tinggal berjalan kaki untuk menuju ke Gambir Expo. 

Sebagai alternatif, kalian juga bisa naik MRT dari stasiun manapun lalu turun di Stasiun MRT Dukuh Atas. Setelah itu, kalian lanjut naik KRL dari Stasiun Sudirman arah Kampung Bandan. Lalu, naik KRL lagi ke arah Bekasi/Cikarang dan turun di Stasiun Rajawali. 

Dari sana, kalian bisa naik transportasi online dengan waktu tempuh sekitar 6-10 menit. Atau, kalian juga bisa naik Mikrotrans JAK120 (Terminal Muara Angke – JIS) dan turun di pemberhentian Jalan Pekan Raya atau Flyover HBR Motik 1.

Baca juga: Yuk Kenalan Dengan Relief di Eks Bandara Kemayoran Jakarta

Editor: Dika Irawan 

SEBELUMNYA

Psikolog Ingatkan Nikah Muda Enggak Seindah yang Dibayangkan

BERIKUTNYA

5 Keseruan Saat Naik Kapal Going Merry ala One Piece yang ‘Terdampar’ di PIK

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: