Ilustrasi area kerja hijau. (Dok. Slava Keyzman dari Unsplash)

5 Cara Agar Tempat Kerja Kalian Ramah Lingkungan

30 July 2021   |   10:12 WIB

Tempat kerja berkonsep hijau, yaitu ramah lingkungan dan berkelanjutan memiliki beragam manfaat, di antaranya adalah penghematan pada beberapa bagian, peningkatan produktivitas, berkurangnya stres dan meningkatkan kualitas hidup, serta meningkatkan kepuasan bekerja. Nah, kalian juga bisa lho membuat tempat kerja ramah lingkungan. 

Seperti kita tahu kesadaran publik terhadap lingkungan perlahan-lahan mulai meningkat. Berbagai cara dilakukan untuk membantu menjaga lingkungan, termasuk membuat kantor lebih hijau. 

Sebagai informasi kantor merupakan salah satu tempat munculnya berbagai konsumsi yang kurang ramah lingkungan, beberapa yang sering terjadi adalah konsumsi listrik dan kertas yang berlebihan.

Untuk itu, Hypeabis.id, telah merangkum 5 cara agar tempat kerja kalian lebih hijau. Yuk ikuti lima tips berikut ini!

1. Kertas Ramah Lingkungan
Perkantoran enggak pernah lepas dari kertas-kertas yang memang selalu digunakan dalam rutinitas pekerjaan mulai dari untuk mencetak dokumen penting hingga menggunakannya sebagai pengganti catatan ketika tidak bawa notebook. 

Jika ingin melakukan penghematan kertas, Genhype bisa mulai dari menggunakan ulang halaman kosong pada kertas yang sudah dicetak untuk keperluan catatan atau dokumen pribadi yang masih bisa diakali dengan kertas bekas. Alternatif lainnya adalah mengganti kertas dengan bahan-bahan ramah lingkungan seperti bambu atau katun organik.

2. Gunakan Lampu Neon
 

Ilustrasi tanaman di meja kerja. (Dok. Annie Spratt dari Unsplash)

Ilustrasi tanaman di meja kerja. (Dok. Annie Spratt dari Unsplash)

Dengan kelebihan penggunaaan energinya yang 75 persen lebih sedikit dan daya tahannya hingga 10 kali lipat lebih lama dibanding lampu bohlam, lampu neon bisa jadi pilihan utuk menghemat uang dalam segi listrik, penggantian bohlam, dan sampah yang dihasilkan. Selain itu, lampu neon juga memiliki cahaya yang lembut dan bisa mengubah energi listrik menjadi cahaya dengan lebih efektif.

3. Mulai Digitalisasi
Jika ingin melakukan penghematan terhadap kertas dan pena secara lebih menyeluruh, opsi paperless atau tanpa kertas bisa jadi pilihannya. Coba dalam setiap pertemuan, Genhype alihkan catatan ke dalam bentuk catatan virtual dalam perangkat lunak khusus menulis seperti fitur Sticky Notes, Notepad, Google Docs, dan Evernote.

Tidak hanya menghemat kertas dan tinta, catatan ini juga bisa terus diperbarui dengan menambahkannya di dalam satu halaman.

4. Tambahkan Tanaman
 

Ilustrasi tanaman di meja kerja. (Dok. Unknown Wong dari Unsplash)

Ilustrasi tanaman di meja kerja. (Dok. Unknown Wong dari Unsplash)

Menambahkan tumbuhan hijau di atas meja akan memberikan oksigen langsung sekaligus membuat meja kerja menjadi lebih segar. Di saat yang sama, tanaman juga bisa menjadi filter untuk mengurangi zat beracun di sekitar ruangan serta memberikan kesan alami di dalam meja kerja. Dampaknya bahkan bisa meningkatkan fokus dan mengurangi stres lho!

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Windows 11 Versi Beta Akhirnya Dirilis, Begini Cara Menjajalnya

BERIKUTNYA

Ungkap Skandal Terbesar Industri Fesyen dalam House of Gucci

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: