Sejumlah aktor dan aktris ternama akan memerankan Gran Turismo (Sumber gambar: tangkapan layar IMDb/ diolah)

Gran Turismo Salip Barbie dalam 3 Hari Penayangannya di Bioskop

29 August 2023   |   08:50 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Film Gran Turismo berhasil mencatatkan pendapatan kotor tertinggi di pasar domestik Amerika Utara selama tiga hari dari 25 sampai 27 Agustus 2023. Karya yang didasarkan pada kisah nyata tersebut hanya unggul tipis dari film Barbie dalam 3 hari pemutaran perdananya di seluruh bioskop di kawasan tersebut.

Berdasarkan data Box Office Mojo, pendapatan Gran Turismo mencapai US$17,4 juta atau sekitar Rp264,84 miliar dengan nilai kurs US$1 sama dengan Rp15.220,51. Sementara itu, Barbie mencatatkan pendapatan kotor sebesar US$17,1 juta atau Rp260,27 miliar.

Baca juga: Daftar Box Office Semester I/2023, Super Mario Bros. Movie Kokoh di Posisi Puncak

Dengan kata lain, selisih pendapatan kotor antara Gran Turismo dan Barbie hanya sekitar US$300.000 di pasar domestik Amerika Utara.

Di pasar domestik itu, pendapatan kotor harian Gran Turismo pada 25 Agustus mencapai US$8,55 juta. Kemudian, turun menjadi US$4,14 juta pada 26 Agustus. Lalu film itu memperoleh US$4,71 juta pada Minggu, 27 Agustus 2023.

Selama 3 hari tersebut, Gran Turismo tercatat hanya unggul satu kali jika dibandingkan dengan film lainnya, yakni pada Jumat. Sementara pada Sabtu dan Minggu, film itu masing-masing berada di posisi kedua dan ketiga.

Di pasar internasional, karya besutan sutradara Neill Blomkamp itu berhasil memperoleh pendapatan kotor sebesar US$36,5 juta, sehingga membuat pendapatan keseluruhannya mencapai US$53,9 juta.

Perolehan itu belum termasuk dari pasar China yang selama ini menjadi salah satu andalan bagi film-film Hollywood untuk meraup pendapatan besar. Gran Turismo baru akan diputar di Negeri Tirai Bambu pada 1 September 2023.

Dikutip dari laman Variety, kemenangan Gran Turismo di pasar domestik pada tiga hari tersebut bukan kemenangan besar. Film dengan anggaran produksi sekitar US$60 juta perlu mendapatkan promosi dari mulut ke mulut jika hendak memperoleh keuntungan.

Gran Turismo bercerita tentang kehidupan Jan Mardenborough, yakni seorang pemuda yang memiliki rasa cinta terhadap video game playstation Gran Turismo. Kecintaannya terhadap gim itu membuatnya memenangkan sebuah ajang balap  gim.

Pemenang ajang tersebut memiliki kesempatan untuk mengemudikan kendaraan balap secara nyata. Jan yang menang dalam pertandingan gim memperoleh kesempatan untuk mengemudikan mobil balap sungguhan. Tidak hanya itu, dia juga berhasil menjadi juara dalam balapan mobil secara nyata.

Film yang dibintangi oleh Archie Madekwe, David Harbour, dan Orlando Bloom itu mendapat penilaian yang beragam. Variety menuliskan penonton memberikan nila A CinemaScore dan menyebutnya sebagai  film mobil balap yang memberikan kontak tinggi kepada penikmatnya.

Kritikus konsensus yang dilihat hypeabis.id dalam laman Rotten Tomatoes menyebutkan bahwa aksi cepat Gran Turismo dan drama underdog yang menyenangkan dalam film dirusak oleh penyampaian ceritanya. Namun, secara umum masih merupakan film balap yang solid.

Baca juga: Intip 5 Film di Posisi Paling Bawah dalam Daftar Box Office Terlaris Sepanjang Masa

Film tersebut mendapatkan penilaian rata-rata 5,9 dari 10 dengan 108 kritikus memberikan nilai 108 atau Fresh dan 69 lainnya memasukkannya dalam kategori Rotten. Sementara itu, para penonton yang terverifikasi memberikan rata-rata rating 4,8 dari 5.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

7 Rekomendasi Taman di Jakarta untuk Piknik, Ada Hutan Kota GBK dan Tebet Eco Park

BERIKUTNYA

Rundown Lengkap & Penampilan Kolaborasi Spesial di Synchronize Fest 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: