Synchronize Fest 2022. (Sumber gambar: Synchronize Fest/Instagram)

5 Fakta Menarik Synchronize Fest 2023, Ratusan Musisi Lokal Siap Beraksi

28 August 2023   |   12:16 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Kurang dari seminggu, Synchronize Fest 2023 akan digelar. Hajatan musik tahunan itu akan diselenggarakan selama tiga hari pada 1-3 September 2023 di Gambir Expo, Kemayoran, Jakarta. Sama seperti gelaran sebelumnya, Synchronize Fest akan diramaikan dengan ratusan musisi lokal lintas genre dan generasi.
 
Synchronize Fest menjadi salah satu gig yang dinantikan oleh para penikmat musik di Indonesia karena selalu menyajikan persembahan rangkaian acara yang berbeda dan penuh kejutan pada setiap gelarannya. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah sejumlah fakta menarik dari Synchronize Fest 2023.

Baca juga: Jadi Musisi Paling Senior, Bimbo Siap Suguhkan Pertunjukan Spesial di Synchronize Fest 2023
 

1. Usung Tema Bhinneka Tunggal Musik

Dalam gelarannya yang kedelapan ini, Synchronize Fest mengusung tema Bhinneka Tunggal Musik yang mendorong semangat solidaritas di kalangan musisi dan penikmat musik di Indonesia. 
 
David Karto selaku Director of Festival Synchronize Fest mengatakan tema Bhinneka Tunggal Musik yang diusung Synchronize Fest tahun ini menjadi pemaknaan kolaboratif, yang berarti apapun jenis musik dan perbedaan latar belakang dan identitas, semua tergabung menjadi satu yakni atas nama musik. 
 
"Sama seperti semboyan negara, tema ini harapannya bisa menjadi spirit untuk menyatukan dan lebih menguatkan lagi ekosistem musik Indonesia dan itu bisa ditangkap oleh teman-teman penikmat musik," katanya.


2. Hadirkan 167 Musisi Lokal

Synchronize Fest 2023 akan dimeriahkan oleh 167 musisi dari beragam genre dan generasi. Beberapa di antaranya merupakan musisi senior seperti Deddy Dhukun, Mus Mujiono, Iwan Fals, Slank, Godbless, Melly Goeslaw, Indra Lesmana, Bimbo, Yanti Bersaudara, dan Jhony Iskandar.
 
Di samping itu, hadir pula sederet musisi Indonesia populer saat ini yang tengah digandrungi penikmat musik Tanah Air seperti Yura Yunita, Rizky Febian, Bunga Citra Lestari, Noah, Idgitaf, Tulus, Isyana Sarasvati, Project Pop, Nadin Amizah, dan Kunto Aji.
 
Selain menampilkan sejumlah musisi populer dan legendaris Indonesia, pada perhelatan tahun ini Synchronize Fest juga memberikan ruang yang luas bagi musisi pendatang baru berbakat. Dari seluruh lineup, sepertiganya merupakan musisi pendatang baru di antaranya Pelteras, VLAAR, ZIP, Enola, Thee Marloes, Foreseen, dan Kadapat.
 

3. Ada 8 Panggung Musik

Tahun ini, Synchronize Fest akan menghadirkan 8 panggung musik yakni Dynamic Stage, District Stage, Lake Stage, Forest Stage, XYZ Stage, Record Market, dan yang terbaru adalah Panggung Getar, hasil kolaborasi dengan kolektif Kobra Musik.
 
Melalui Panggung Getar, Kobra Musik akan mewadahi sekumpulan unit musik dangdut dan koplo yaitu Babaloman, Munhajat, Olsam, OM Lawan, OMPLR, Orkes Pensil Alis, Orkes PJM, Orkes Taman Bunga, Pasukan Perang, Serempet Gudal, dan Sudhobool.
 
Namun, Kobra Musik bukan satu-satunya kolektif musik yang dilibatkan untuk membuat proyek kurasi penampil di Synchronize Fest 2023. Ada pula label rekaman independen Jakarta, La Munai Records, yang turut mengkurasi para penampil di area Record Market dan Gigs Stage diantaranya Anjing Dub, Bosborot, Coincidence, Studiomaja, dan Kinder Bloomen.

4. Sajikan Penampilan 12 Kolaborasi Musisi

Tak hanya menyiapkan sederet line up seperti acara-acara sebelumnya, Synchronize Fest 2023 juga akan diramaikan dengan 12 nama penampil spesial yang menjadi keunikan tersendiri untuk gelarannya tahun ini.
 
Kedua belas nama penampil ini merupakan proyek kolaborasi beberapa musisi lintas genre dan generasi yang siap untuk mempersembahkan pertunjukan spesial kepada pencinta musik Tanah Air.
 
Mereka adalah Bimbo Bersama Yanti Bersaudara, God Bless 50 Tahun, Iwan Fals x Sawung Jabo, Konser Petualangan Sherina (Jakarta Movin, Isyana Sarasvati, Yura Yunita & Reza Chandika), Matajiwa x Matajiwo, Melly Goeslaw Songbook (feat. BBB, Irwansyah & Anda Perdana).
 
Ada juga Mesin Waktu 2.0: Teman-teman Menyanyikan Lagu NAIF, Selangkah ke Seberang: Dekade Fariz RM ‘79-‘89, Soneta Group x Dipha Barus, Symphony from Hell, dan 4 Sehat 5 Nambah.
 

5. Targetkan Jumlah Penonton Lebih Tinggi

Synchronize Fest 2023 ditargetkan bisa mendatangkan jumlah penonton yang lebih tinggi dibandingkan tahun lalu. Untuk diketahui, gelaran Synchronize Fest 2022 selama tiga hari mendatangkan sebanyak 75.000 penonton.
 
Director of Communications Synchronize Fest, Aldila Karina, memaparkan secara statistik, jumlah penonton Synchronize Fest selalu mengalami peningkatan sebesar 10 persen-25 persen setiap gelarannya. Bahkan, pada tahun 2016 menuju 2017, peningkatan jumlah penonton festival musik tersebut mencapai 120 persen.
 
Kondisi ini pun membuat pihak penyelenggara akan melakukan melakukan penyesuaian terkait kapasitas venue dalam penyelenggaraan Synchronize Fest tahun ini, sehingga mampu menampung seluruh audiens. "Synchronize tampaknya sudah memiliki pasarnya sendiri. [Festival] ini ibaratnya lebaran musik masyarakat Indonesia," katanya.
 
(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Konsol Game Handheld Naik Pamor, Begini Saran Streamer Gim dan Pengamat Teknologi

BERIKUTNYA

Bocoran dari Bobby dan Chanwoo, iKon Bakal Konser di Indonesia November 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: