Grup K-pop Virtual (Sumber Foto: twitter/@plave_official)

5 Grup Virtual yang Ramaikan Industri Musik K-POP, Ada PLAVE dan MAVE:

25 August 2023   |   20:55 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Industri hiburan Korea Selatan seolah tak pernah kehabisan inovasi. Setelah menciptakan gelombang hallyu K-Pop dengan sejumlah nama boy group dan girl group yang populer secara global, kini ada grup virtual yang semua anggotanya adalah AI (artificial intelligent) atau kecerdasan buatan.

Anggota virtual grup tersebut tentunya memiliki visual 2D atau 3D seperti anime atau kartun. Namun, mereka bisa menyanyi, menari, dan berinteraksi layaknya manusia. Nah Genhype, penasaran dengan grup K-Pop yang menggunakan konsep AI? Yuk, simak beberapa di antaranya!

Baca juga: Kenalan dengan MAVE, Girl Group Virtual Besutan Metaverse Entertainment
 

1. PLAVE


PLAVE (Sumber Foto: Twitter/@plave_official)

PLAVE (Sumber Foto: Twitter/@plave_official)

 

PLAVE merupakan boy group virtual yang terdiri dari 5 member, yakni Noah, Bamby, Yejun, Eunho dan Hamin. Nama group ini diambil dari kata Play dan Rêve yang mencerminkan misi mereka untuk membangun dunia baru dan menggapai impian.

Grup besutan VLAST tersebut memulai debut resminya pada 12 Maret 2023 dengan single berjudul Asterum. Selanjutnya mereka merilis album comeback bertajuk ASTERUM: The Shape of Things to Come pada 24 Agustus 2023 dengan lagu utama The 6th Summer.
 


2. K/DA


K/DA (Sumber Foto: Twitter/@KDA_MUSIC)

K/DA (Sumber Foto: Twitter/@KDA_MUSIC)

K/DA merupakan girl group yang terdiri dari empat versi karakter League of Legends yakni Ahri, Akali, Evelynn dan Kai'Sa. Pengisi suara mereka merupakan penyanyi di dunia nyata. Evelynn dan Kai'Sa masing-masing diisi suaranya oleh Madison Beer dan Jaira Burns, sementara Ahri dan Akali oleh para anggota girl group (G)I-dle yakni Miyeon dan Soyeon.

K/DA dikembangkan oleh Riot Games, perusahaan developer gim League of Legends. Mereka diluncurkan di League of Legends World Championship 2018 dengan membawakan lagu mereka yang berjudul Pop/Stars. Video klipnya ditonton lebih dari 300 juta kali dan memuncaki tangga lagu World Digital Song Sales di Billboard.


3. MAVE:


Mave: (Sumber Foto: Twitter/@MAVE_official_)

Mave: (Sumber Foto: Twitter/@MAVE_official_)


MAVE: merupakan girl group virtual Korea Selatan yang debut pada Januari 2023. Anggotanya terdiri dari Siu, Zena, Marty, dan Tyra. Mereka dihasilkan oleh AI yang dibuat menggunakan pembelajaran mesin, deep fake, dan teknologi produksi 3D penuh.

MAVE: berasal dari kata Make New Wave. Mereka pertama kali debut dengan album single Pandora Box yang berisi dua lagu bertajuk Pandora dan Wonderland (Idypia). Makna lagu Pandora menggambarkan masa depan tanpa harapan di mana emosi semua orang akan hilang, ahirnya mereka mendapatkan kembali harapan di dunia maya yang dikenal sebagai Idypia.


4. Eternity


Eternity (Sumber Foto: Twitter/@eternity_aiia)

Eternity (Sumber Foto: Twitter/@eternity_aiia)

ETERNITY merupakan girl group berusan Pulse9 dan AiA. Anggotanya terdiri dari 11 orang yakni Minji, Seoa, Sujin, Dain, Yeoreum, Yejin, Jaein, Jinwoo, Hyejin, Sarang, dan Chorong. Pada 22 Maret 2021 mereka debut dengan single digital bertajuk I'm Real. 

Mereka juga merilis beberapa lagu lainnya seperti No Filter, Paradise, DTDTGMGM, dan Snow Holiday 3:50 pm. Pulse9 menggunakan teknologi deep real AI, teknologi pencitraan virtual berbasis deep fake yang membuat visual semua membernya terlihat realistis.


5. Feverse


Feverse (Sumber Foto: Kakao Entertainment Corp.)

Feverse (Sumber Foto: Kakao Entertainment Corp.)

Feverse merupakan singkatan dari fever, ever, dan verse. Grup ini dibentuk dari acara survival virtual 'Girls Re:verse yang dirilis di KakaoPage dari 2 Januari hingga 6 Maret 2023 Anggotanya terdiri dari 5 member, yaitu Muneo, Seoritae, Keuang, Rien, dan Serena. 

Feverse pertama kali debut dengan mini album CHO pada 9 Mei 2023. Pengisi suara mereka adalah sejumlah penyanyi K-pop ternama, mereka adalah Kwon Eun Bi (Muneo), Hayoung Apink (Seoritae), Luda WJSN (Keuang), Heejin LOONA (Rien), dan Soobin WJSN (Serena).

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Young K Day 6 Hadirkan Nuansa Musim Panas dalam Video Klip Let it Be Summer

BERIKUTNYA

ONE OK ROCK Rilis Lagu Make It Out Alive untuk Soundtrack Gim Monster Hunter

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: