Gaya vintage (Sumber: Freepik/marymarkevich)

5 Cara Menerapkan Vintage Style, Biar Jadul Tapi Elegan

25 August 2023   |   17:00 WIB
Image
Ni Made Tasyarani Mahasiswi Universitas Padjadjaran

Salah satu gaya fesyen yang cukup digandrungi kawula muda kini adalah vintage style. Gaya fesyen tersebut identik dengan kesan jadul, tetapi mampu membuat kalian tampil elegan dan berkualitas. Jadi, jika kalian memiliki pakaian dari nenek atau ibu di lemari, bisa loh digunakan untuk gaya vintage kalian. 

Istilah vintage dalam dunia fesyen merujuk pada gaya pakaian pada masa lampau, tepatnya pada era 20-an hingga 60-an. Akan tetapi, penggambaran istilah vintage kian berevolusi. Kini, istilah vintage juga dapat digunakan untuk menunjukkan fesyen yang bercorak bunga ataupun warna-warna mencolok. Hal itulah yang menambah kesan unik pada fesyen vintage.

Baca juga: Cara Mix and Match Fesyen Denim ala Influencer Ayla Dimitri & Tantri Namirah

Sebelum mulai menerapkan gaya vintage dalam fesyen sehari-harimu, terdapat beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar tampilan vintage-mu makin natural. Berikut adalah daftar tipsnya dari Fashion Week Online.


1. Pilih Pakaian Masih Sesuai dengan Tren

Fesyen terus berkembang dan memunculkan tren-tren baru. Tren vintage merupakan gaya dari masa lalu yang berkembang di masa kini. Oleh karena itu, pastikan untuk memilih pakaian yang mampu menggabungkan dengan baik antara kesan masa lalu dan tren masa kini. 

Beberapa pakaian yang cocok dengan tren masa kini, meliputi kemeja berlengan kembung, atasan tipis, dress bercorak flora, rok panjang, celana high-waist, celana pendek, atau celana panjang, hingga kaos vintage


2. Membuat Mood Board

Sebelum memutuskan untuk membeli pakaian vintage, coba persiapkan mood board-mu terlebih dahulu. Dengan begitu, kamu akan lebih terbantu untuk mengetahui pakaian jenis apa yang harus dibeli. Selain itu, memiliki mood board akan menghindarimu dari penampilan vintage yang terlalu over.


3. Mix & Match Pakaian Vintage dengan Baru

Ketika mencari pakaian vintage, thrift shop merupakan salah satu pilihan yang perlu kamu coba. Tentunya, thrift shop akan memberikanmu pilihan pakaian bergaya vintage dengan harga lebih terjangkau. Setelah itu, kamu pun bisa melakukan mix & match dengan pakaian yang lebih baru dan modern.

Jadi, perhatikan keseimbangan dalam penampilanmu ketika melakukan mix & match. Jika kamu memiliki atasan vintage misalnya, maka pasangkan dengan sepatu atau bawahan bergaya modern. Cara ini akan membantumu terlihat tetap stylish mengikuti tren, terlepas dari kesan lawas yang diberikan oleh gaya vintage


4. Hindari Tampil Terlalu ‘Ramai’

Salah satu tantangan dalam menerapkan penampilan vintage adalah pakaiannya yang dipenuhi berbagai corak. Mulai dari corak floral, garis-garis, hingga corak fauna yang sering ditemui pada kain-kain pakaiannya. 
Untuk menyeimbangkan corak tersebut, tekankan motif pada satu bagian saja.

Misalnya, kamu memiliki atasan bermotif kulit macam. Maka, pilih bawahan yang polos. Jika outer-mu memiliki motif tertentu, pastikan untuk menggunakan atasan dan bawahan polos. Menggunakan pakaian atasan hingga bawahan yang penuh dengan motif akan membuat penampilanmu terlihat terlalu ‘ramai’. 


5. Tambahkan Ciri Khasmu

Tips ini berlaku untuk setiap style yang ingin kamu gunakan, termasuk vintage. Tambahkan karakter atau ciri khas tampilanmu, sehingga kamu bisa merasa lebih nyaman dan percaya diri bergaya vintage. Apapun yang kamu sukai, dari penambahan aksesoris hingga motif tertentu, jangan biarkan gaya vintage mengubah dan menghilangkan semua itu. 

Pada akhirnya, gaya vintage adalah caramu untuk menggabungkan style klasik dari masa lalu dengan tren masa kini hingga membentuk outfit yang serasi.

Baca juga: Tip Memakai Rok Midi Bergaya Vintage Supaya Tampil Modis dan Kaki Terlihat Jenjang

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Rilis Trailer Baru Shibuya Arc, Simak Urutan Nonton Jujutsu Kaisen

BERIKUTNYA

7 Makanan Khas Okinawa yang Jadi Rahasia Umur Panjang Penduduknya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: