PlayStation Portal (Sumber: Sony)

PlayStation Portal akan Rilis Tahun Ini, Cek Detail Perangkat dan Harganya

24 August 2023   |   22:00 WIB
Image
Ni Made Tasyarani Mahasiswi Universitas Padjadjaran

Bocoran terkait dengan perangkat remote untuk memainkan PlayStation 5 (PS5) telah disebarkan sejak Mei lalu. Hingga akhirnya, Sony secara resmi mengumumkan rincian terkait perangkat game portabel yang disebut Playstation Portal itu pada 23 Agustus 2023. 

PlayStation Portal akan dilengkapi dengan layar LCD berukuran 8 inci dengan kemampuan menampilkan gambar beresolusi 1080 piksel dan frame rate 60 fps. Selain itu, terdapat controllers di setiap sisinya yang terlihat mirip dengan controllers Sony PS5 DualSense. Fitur tersebut mendukung efek getaran haptic feedback serta adaptive triggers. 
 

Tampilan PlayStation Portal (Sumber: Youtube/IGN)

Tampilan PlayStation Portal (Sumber: Youtube/IGN)


Adapun PlayStation Portal dibuat untuk bermain PS5 secara streaming, sehingga memerlukan koneksi internet untuk memainkan game. Setidaknya, diperlukan kecepatan internet 5Mbps dan lebih direkomendasikan oleh Sony untuk menggunakan koneksi dengan kecepatan minimal 15Mbps untuk pengalaman bermain yang maksimal. 

Akan tetapi, PlayStation Portal tidak bisa digunakan untuk memainkan game melalui layanan yang berlangganan dengan cloud gaming PlayStation Plus (PS Plus) Premium. Jadi, game yang ingin kamu mainkan di PlayStation Portal harus benar-benar terinstal di konsol PS5. 

Baca juga: Game Honkai: Star Rail Bakal Rilis di PlayStation 5 pada Akhir 2023

Fitur lainnya dalam perangkat ini adalah jack audio 3,5 mm. Namun, PlayStation Portal tidak dilengkapi oleh Bluetooth, sehingga kamu tidak bisa menghubungkannya dengan headphone wireless atau Pulse 3D dari Sony. Perangkat ini menggunakan teknologi wireless PlayStation Link. Teknologi tersebut dirancang untuk bisa memberikan latensi rendah serta loseless audio. Saat ini, Sony sudah merilis headset maupun perangkat yang dapat mendukung teknologi PlayStation Link.  

Kehadiran PlayStation Portal sendiri dirancang sebagai perangkat pelengkap PS5 dan bukan merupakan suatu konsol baru. Jadi, perangkat ini dapat digunakan untuk bermain game di PS5 tanpa menatap layar televisi terlalu lama. 

Untuk harganya, Sony PlayStation Portal akan dibanderol hingga 200 dollar AS atau sekitar Rp 3 juta. Adapun Sony mengumumkan bahwa perangkat tersebut akan diluncurkan akhir tahun ini, tepatnya pada November mendatang. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Roni Yunianto
 

SEBELUMNYA

Banjir Bintang R & B Hip Hop, Cek Line Up Lengkap Asian Sound Syndicate Mulai 26-27 Agustus 2023

BERIKUTNYA

Resep Tteokbokki Keju Leleh ala Chef Arnold Poernomo

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: