Stargazer adalah salah satu kendaraan MPV di dalam negeri (Sumber gambar: Hyundai)

Senang Sosialisasi & Berkumpul, Masyarakat Indonesia Pilih Mobil Ini

24 August 2023   |   15:55 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Salah satu keunikan banyak orang Indonesia adalah suka berkumpul ramai-ramai. Keunikan itu membuat mereka mempertimbangkan kendaraan yang dapat menampung banyak orang dan barang dalam melakukan pembelian kendaraannya.

Saat ini, kendaraan yang bisa menampung banyak orang adalah multi-purpose vehicle (MPV) atau kendaraan serbaguna. Kapasitas kendaraan yang mencapai 7 orang dan juga dapat membawa banyak barang menjadi pertimbangan utama.

Vice President Director PT Toyota Astra Motor (TAM) Henry Tanoto mengatakan bahwa alasan utama konsumen memilih kendaraan MPV karena paling cocok dengan kultur masyarakat Indonesia. “Salah satunya soal kapasitas yang memiliki banyak daya tampung,” katanya kepada Hypeabis.id pada Rabu, 23 Agustus 2023.

Baca juga:  Cek 5 Kelemahan Kendaraan Listrik yang Harus Diperhatikan Sebelum Mengadopsinya

Kapasitas yang besar itu bisa untuk menampung keluarga besar atau teman-teman kalau dibutuhkan. Selain itu, daya tampung yang besar juga akan memberikan kenyamanan terhadap penumpang lantaran tidak harus berhimpit-himpitan.

Sampai saat ini, pertimbangan keluarga atau kapasitas yang besar ketika membeli kendaraan tidak dapat dilepaskan dari keterlibatan keluarga saat membeli mobil. “Di Toyota kami punya banyak sekali MPV di berbagai segment dari entry sampai premium dan syukurnya diterima dengan baik,” katanya.

Dalam ajang GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023, dia menuturkan bahwa kendaraan MPV Avanza dan Veloz memimpin penjualan dengan total surat pemesanan kendaraan (SPK) sebanyak 1.129 unit.

Kemudian, Innova Zenix mencapai 823 unit, Calya 816 unit, All New Agya 648 unit, dan All New Alphard 298 unit. Secara keseluruhan, total penjualan perusahaan dalam ajang tersebut mencapai 5.628 unit.

Senada, Fransiscus Soerjopranoto, Chief Operating Officer (COO) PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), menilai bahwa saat ini kendaraan MPV memang menjadi mobil yang masih diminati oleh masyarakat Indonesia.

Pemilihan kendaraan MPV tidak dapat dilepaskan dari karakteristik unik yang dimiliki oleh masyarakat Indonesia. “Mereka senang dengan kendaraan yang bisa angkut barang banyak dan juga orang. Senang arisan, pulang mudik, pokoknya ramai-ramai,” katanya.

Saat melakukan pembelian kendaraan, sejumlah faktor menjadi pertimbangan sebelum melakukan keputusan. Namun, biasanya, anggota keluarga menjadi salah satu penentu dalam pengambilan keputusan itu.

Keluarga terdekat seperti suami atau istri, anak, ayah, atau ibu – termasuk mertua – sangat berpengaruh ketika mengambil sebuah keputusan untuk memiliki mobil. “Melalui Stargazer X, kami memperkuat varian MPV Hyundai dalam memenuhi permintaan konsumen di Indonesia,” ujarnya.

Selama GIIAS 2023, perusahaan mencatatkan total sebanyak 3.727 SPK. Dari jumlah itu, New Stargazer, Stargazer X, Ioniq 5, dan Creta mendominasi. Kendaraan Stargazer tercatat memiliki SPK lebih dari 1.600 unit, Ioniq 5 sebanyak 776 unit, dan Creta mencapai 767 unit.

Namun demikian, di sisi lain, Soerjopranoto mengatakan bahwa kendaraan model SUV lambat laun menjadi pilihan baru bagi masyarakat Indonesia. Ada beberapa faktor yang membuat model ini mulai dilirik oleh masyarakat di dalam negeri. Salah satu di antaranya adalah aturan lalu lintas ganjil – genap. “Sehingga sangat wajar untuk konsumen dalam pasar otomotif Indonesia memiliki 1 MPV dan 1 SUV,” katanya.


Sementara itu, Henry juga menilai bahwa SUV mulai menjadi pilihan konsumen otomotif di dalam negeri. Menurutnya, pertumbuhan SUV beberapa waktu belakangan juga cukup positif meskipun penjualan MPV masih paling besar.

Kondisi tersebut dapat terjadi lantaran SUV pada saat ini memiliki fitur yang kian lengkap, lebih stylish, nyaman, dan beberapa segmen juga tercatat sudah bisa menawarkan kapasitas seperti kendaraan mobil MPV. “Jadi, menurut kami sangat wajar SUV mulai bertumbuh pesat belakangan,” katanya.

Baca juga:  Hemat dan Ramah Lingkungan, Milenial Kian Tertarik dengan Kendaraan Listrik

Editor: Puput Ady Sukarno

SEBELUMNYA

7 Konser & Festival Musik yang Digelar September 2023, Ada Pestapora hingga NIKI World Tour

BERIKUTNYA

Tiga Abad Disimpan di Belanda, Tahap Pertama Repatriasi 4 Arca Era Singasari Tiba di Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: