KAWS Holiday di kawasan Candi Prambanan. (Sumber foto: Instagram/kaws)

KAWS Mampir di Candi Prambanan, Cek Juga 10 Karya Termahalnya

21 August 2023   |   19:35 WIB
Image
Dika Irawan Asisten Konten Manajer Hypeabis.id

Candi Prambanan, Yogyakarta, mendadak viral, setelah seniman asal Amerika Serikat Brian Donnelly—dikenal dengan nama populer KAWS—menggeletakkan karya patungnya di pelataran bangunan bersejarah itu. Keberadaan patung sepanjang 45 meter dan setinggi 15 meter bernama Accomplice itu merupakan bagian dari tur dunia KAWS: Holiday.

Gelaran ini di Indonesia ini berlangsung pada 19-31 Agustus 2023. Soal siapa seniman ini? KAWS memulai kariernya sebagai seniman jalanan pada 1990-an. Dalam dekade berikutnya, KAWS menjadi sensasi global di dunia seni kontemporer. Mengacu pada referensi dari budaya pop, KAWS diakui karena citra kartun yang digunakannya.

Pada 1980-an, Donnelly belajar ilustrasi di School of Visual Arts di New York, kemudian bekerja sebagai animator untuk Disney. Lalu, pada 1990-an, dia mulai bereksperimen dengan graffiti, melukis di atas iklan komersial umum di telepon umum dan halte bus di New York.

Baca juga: Profil KAWS, Seniman AS yang Boyong Patung Raksasa di Candi Prambanan

Saat ini, seniman ini mungkin paling dikenal dengan karakter Companion-nya, yang menyerupai Mickey Mouse. Dia pertama kali mengkonseptualisasikannya selama kolaborasi dengan merek pakaian jalanan Jepang, Bounty Hunter, pada 1999.

Selain patung, seniman kelahiran New Jersey ini juga rajin menciptakan karya dalam bentuk lain. Tercatat dia pernah memproduksi dan menjual patung Companion dalam rilis edisi terbatas yang dilakukan dalam kolaborasi dengan merek-merek fesyen seperti Nike dan Dior Homme. 

Dalam beberapa tahun terakhir, kenaikan popularitas KAWS telah membuatnya memiliki pengikut yang luas, meskipun para kritikus sering kali telah mengabaikan seninya. Di antara mereka yang telah membantu meningkatkan reputasi KAWS adalah para kolektor, yang telah membantu seniman ini mencatat rekor-rekor besar dalam pelelangan. 

Dalam menyemarakkan kehadiran KAWS di Tanah Air, berikut beberapa karya seniman ini yang terjual dengan harga fantastis. Dihimpun dari artnews.com, berikut daftar karya tersebut. 
 

1. The Kaws Album, 2005

 

(Sumber foto)

(Sumber foto: Sotheby's)

Terjual: U$14,8 juta

Pada April 2019, di lokasinya di Hong Kong, Sotheby's menjual The KAWS Album, dipesan dan dijual oleh influencer streetwear Jepang NIGO, dengan harga U$14,8 juta yang mengejutkan, rekor lelang baru untuk artis tersebut dan melampaui perkiraan harga tingginya U$1 juta. The Kaws Album merupakan citra budaya pop. Hal itu terlihat dari parak karakter animasi The Simpsons yang digambarkan menyerupai sampul album The Beatles, Sgt. Pepper's Lonely Hearts Club Band


2. Untitled (Kimpsons #1), 2004

 

(Sumber foto)

(Sumber foto: Sotheby's)



Terjual: U$7,4 juta

Brian membuat karya ini sebagai bagian dari seri Kimpson Kaws. Berkolaborasi dengan pengusaha, tokoh fashion jalanan, dan kolektor seni NIGO®, Untitled menyuguhkan karakter dari acara TV The Simpsons. Karya ini terjual pada Oktober 2019 di Sotheby’s Hong Kong, dengan perkiraan harga US$617,600.


3. The Walk Home, 2012

 

(Sumber foto)

(Sumber foto: Phillips)

Terjual: U$6 juta

The Walk Home menggambarkan karakter kartun SpongeBob SquarePants, yang berteriak dikeliling oleh tangan-tangan terputus. Pada Mei 2016 di balai lelang Phillips New York, karya ini terjual pada angka US$ juta, setelah terjadi persaingan antara para calon pembeli. Harga tersebut di atas perkiraan terendah pasar yaitu US$600,000.
 

4. In the Woods, 2002

 

(Sumber foto)

(Sumber foto: Christie's)


Terjual: U$3,9 juta

Karya ini menggambarkan versi gelap dan imajinasi ulang dari putri Disney, Snow White. Mengacu pada masa awal Brian Donnelly sebagai animator Disney, adegan pada karya ini menunjukkan Snow White, dikelilingi oleh sekelompok binatang dengan mata bercahaya dan wajah menyeramkan. In the Woods terjual pada Mei 2019 di Christie’s New York, senilai U$3,9 juta, melampaui perkiraan sebesar U$1,5 juta.


5. Armed Away, 2014

 

(Sumber foto)

(Sumber foto: Christie's)

Terjual: U$3 juta

Ditampilkan ke publik pertama kali di pameran Man’s Best Friend, Armed Away seolah karya abstrak. Namun, bila diamati secara seksama, maka akan terlihat gambar dari karakter serial kartun Tom and Jerry. Dalam merangkul dan merestruktur gambar-gambar dari budaya pop, KAWS berusaha untuk sejajar dengan tokoh-tokoh seperti Andy Warhol dan Roy Lichtenstein. Lukisan ini terjual pada Mei 2019 di Christie's Hong Kong dengan harga U$3 juta, melampaui perkiraan sebesar U$1,6 juta.
 

6. Kurfs (Tangle), 2009

 

(Sumber foto)

(Sumber foto: Christie's)

Terjual: U$2,7 juta

Donelly sepertinya doyan mengadaptasi kartun-kartun populer. Salah satunya karya ini. Kurfs (Tangle) menggambarkan karakter "Kurf," atau karakter Smurf versi KAWS. Di sini, Kurfs terjebak dalam tanaman merambat hijau. Dia berjuang untuk melepaskan diri jeratan tumbuhan itu. Ketika karya ini terjual di Christie's New York pada Mei 2019 dengan banderol US$2,7 juta, jauh melampaui perkiraan pasar sebesar US$600.000.


Baca juga: Fakta Unik KAWS:HOLIDAY, Instalasi Seni Ikonik yang Akan Hadir di Indonesia
 

7. Kurf (Hot Dog), 2008

 

(Sumber foto)

(Sumber foto: Sotheby's)

Terjual: U$2,6 juta

Karakter utama dari Kurf (Hot Dog) adalah versi karakter kayu biru The Smurfs. Tentu dengan mata silang khas seniman. Di sini, dia bersiap-siap untuk makan hot dog. Lukisan ini terlihat seperti diproduksi secara komersial mirip dengan desain mainan seniman. Ketika lukisan ini dilelang pada Mei 2019 di lokasi Sotheby's New York, terjual dengan harga U$2,6 juta, melewati perkiraan sebesar U$1,5 juta.
 

8. Untitled (Fatal Group), 2004

 

(Sumber foto)

(Sumber foto: Phillips)

Terjual: U$2,3 juta

Karya ini diadaptasi dari dari serial kartun keluarga populer pada 1970-an–1980-an, The Fat Albert Show. Dalam karya ini, karakter-karakter kartun itu tampil dengan tangan terangkat dan mata dengan tanda silang khas seniman. Untitled (Fatal Group) menjadi barang mahal dalam pelelangan pada November 2018. Saat itu, karya tersebut terjual di Phillips New York dengan harga U$2,3 juta, melampaui perkiraan sebesar U$700,000– US$900,000.


9. Untitled  (Kimpsons), 2003

 

(Sumber foto)

(Sumber foto: Sotheby's)

Terjual: U$2,2 juta

Dibuat pada 2003 sebagai bagian dari seri "Kimpson" KAWS, karya ini, dengan latar belakang biru gelap, adalah interpretasi lain yang terlihat sinis dari keluarga The Simpsons. Karya ini terjual pada April 2019 di Sotheby's Hong Kong selama pelelangan bertajuk NIGOLDENEYE® Vol. 1 dengan harga U$2,2 juta, melewati perkiraan pasar sebesar U$509.600.


10. Untitled (Kimpsons #3), 2003

 

(Sumber foto)

(Sumber foto: Sotheby's)

Terjual: US$2,2 juta

Karya bagian dari seri "Kimpsons" KAWS, ini menampilkan seluruh pemeran dari keluarga The Simpsons. Dalam karya ini, sang seniman membuat mereka terlihat seperti dalam keadaan koma di sofa ruang tamu. Karya ini terjual pada April 2019 di Sotheby's Hong Kong selama pelelangan "NIGOLDENEYE® Vol. 1" dengan harga $2,2 juta, melampaui perkiraan sebesar US$509.600–US$764.300.

Baca juga: Patung Ikonik Raksasa KAWS Telah Tiba di Kompleks Candi Prambanan, Megah nan Indah!

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Kaya Rempah, Cicipi Resep Ayam Taliwang Khas Lombok

BERIKUTNYA

6 Uang Kertas Kuno Indonesia yang Dihargai hingga Jutaan Rupiah

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: