Ilustrasi uang kuno. (Sumber gambar: Unsplash/No More)

6 Uang Kertas Kuno Indonesia yang Dihargai hingga Jutaan Rupiah

21 August 2023   |   16:33 WIB
Image
Eben Ezer Mahasiswa Universitas Padjadjaran

Rupiah telah menjadi mata uang sah Republik Indonesia sejak 1949. Selama itu pula, Rupiah telah melewati perjalanan panjang dalam sejarahnya. Dari bentuk-bentuk koin dan uang kertas yang telah beredar selama 7 dekade, beberapa di antaranya kini menjadi barang koleksi yang sangat dicari oleh para kolektor.

Mata uang ini mewakili sejarah ekonomi dan budaya Indonesia dan telah mengalami beberapa perubahan bentuk dan nilai seiring berjalannya waktu. Koin dan uang kertas rupiah kuno mencerminkan periode-periode penting dalam sejarah Indonesia, seperti masa kolonial Belanda, kemerdekaan, dan periode awal Republik Indonesia.

Baca juga: Dihargai Sampai Ratusan Juta, Inilah Deretan Batik Termahal di Indonesia

Koleksi ini memberikan pandangan mendalam tentang perkembangan ekonomi, teknologi cetak, serta simbol-simbol budaya yang ada pada masa lalu.

Seiring bertambahnya tahun, uang yang sudah lama diedarkan menjadi langka dan menjadi barang antik yang banyak dicari. Seperti contohnya numismatik atau kolektor-kolektor yang menilai setiap keping uang kuno ini memiliki daya tarik yang tak tertandingi. 

Oleh karena daya tariknya, sekeping uang logam atau kertas kuno menjadi benda yang luar biasa bagi para pengoleksinya. Di pasaran, uang kuno dihargai dengan nilai fantastis karena menjadi benda bersejarah yang sangat dicari di saat ini.

Berikut enam uang kuno Indonesia memiliki nilai tinggi di kalangan kolektor:


1. Uang kertas Rp5.000 tahun 1975

Bank Indonesia pada 1975 mengeluarkan uang kertas nominal Rp5.000 warna merah tua bergambar lelaki yang sedang memancing memakai jala. Uang satu ini sudah berumur 48 tahun dan masih diincar dan ditawarkan dengan harga yang paling tinggi dibanding uang kuno lainnya.

Dilansir dari sejumlah platform jual-beli online, terdapat beberapa toko yang menawarkan uang ini dengan harga yang berbeda-beda. Harga yang ditawarkan mulai dari harga Rp4.500.000 sampai Rp11.250.000 per lembarnya.


2. Uang kertas Rp10.000 tahun 1975

Pada tahun yang sama, Bank Indonesia juga mengeluarkan uang kertas bernominal Rp10.000 dengan warna hijau tua dengan gambar barong Bali sebagai tampilan depannya. Dilansir dari platform jual-beli online, uang ini dihargai sebesar Rp6.500.000 per lembarnya.


3. Uang kertas Rp100 tahun 1947

Uang kertas ini dikeluarkan oleh Menteri Keuangan Dr. Samsi karena pada saat itu Bank Indonesia belum didirikan sebagai pencetak uang negara seperti saat ini. 

Uang kertas Rp100 keluaran 1947 memiliki warna biru muda dengan gambar depan wajah dari presiden pertama RI, Soekarno. Uang kertas kuno ini ditawarkan oleh sejumlah orang di sebuah platform jual-beli online dengan rentang harga Rp1.045.000 hingga Rp6.750.000 per lembar.
 

4. Uang Kertas Rp5 tahun 1945

Uang kertas ini juga dikeluarkan oleh Menteri Keuangan Dr. Samsi. Uang 100 Rupiah ini memiliki warna hijau dengan gambar depan wajah dari Presiden Soekarno. Pada sebuah platform jual-beli online terdapat beberapa penjual khusus uang kuno yang menawarkan uang kuno ini dengan harga mulai dari Rp950.000 sampai dengan R1.350.000 per lembar.
 

5. Uang kertas Rp5 tahun 1950

Uang kertas ini dikeluarkan oleh Menteri Keuangan Syafrudin Prawiranegara. Dengan warna gabungan warna merah dan oranye dan wajah Presiden Soekarno sebagai tampilan depannya, uang ini menjadi seri yang cukup langka di pasaran. Hypeabis.id bahkan hanya menemukan satu penjual di platform jual-beli daring dengan harga yang sebesar Rp2.250.000 per lembar.


6. Uang Kertas Rp10.000 tahun 1979

Uang kertas ini dikeluarkan oleh Bank Indonesia dengan tampilan ikonik yaitu warna ungu dengan pemain gamelan Jawa di bagian depan dan Candi Prambanan di bagian belakangnya. Serupa seperti uang kertas Rp5 keluaran 1950, di platform online yang menawarkan uang ini hanya terdapat satu penjual saja yang menawarkan sebesar Rp1.250.000 per lembar.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

KAWS Mampir di Candi Prambanan, Cek Juga 10 Karya Termahalnya

BERIKUTNYA

Krista Endinda Luncurkan Induk Macan, Buku Hasil Pengamatan tentang Tren Parenting

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: