Mangrove pik (Sumber Foto: Instagram/@twa_mangrove

Harga Tiket Taman Wisata Alam Mangrove PIK Jakarta, Ada Wahana Air dan Menanam Pohon

18 August 2023   |   08:30 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Taman Wisata Alam Mangrove PIK menyajikan pesona keindahan hutan mangrove dengan fasilitas wahana yang mengasyikkan. Kalian bisa menikmati keindahan panorama alam dan menghirup udara segar. Cocok bagi wisatawan yang ingin istirahat sejenak dari rutinitas menjemukan di kawasan perkotaan yang banyak polusi.

Hutan mangrove ini merupakan area konservasi tanaman bakau yang dilestarikan, sekaligus sebagai salah satu destinasi wisata alam di Jakarta. Mengutip dari lsman resminya, taman wisata alam PIK merupakan bagian dari kawasan hutan Angke Kapuk yang ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Jenderal Hindia Belanda Nomor 24, 1 Juni 1939.

Baca juga: Ada Hutan di Jakarta? Cek 7 Tempat Wisata Alam di Ibu Kota, Cocok untuk Healing

Memiliki luas area 99,82 ha, kawasan ini menjadi habitat berbagai jenis burung air ini dan tumbuhan mangrove sebagai sistem penyangga kehidupan. Mangrove sendiri berfungsi sebagai penampung air pada saat pasang dan banjir. Di Taman Wisata Alam Mangrove PIK ada sejumlah kegiatan menarik yang bisa dinikmati wisatawan seperti menanam pohon mangrovw, melihat fauna, dan rekreasi air.

Wisatawan bisa merasakan langsung sensasi menanam tanaman bakau yang bermanfaat untuk alam. Adapun untuk jenis-jenis mangrove yang terdapat dalam kawasan diantaranya :

Api-api (Avicennia marina), Bakau (Rhizophora mucronata dan Rhizophora stylosa), Bidara (Sonneratia caseolaris), Buta-buta (Exocecaris agallocha), Cantinggi (Ceriops sp.), Warakas (Acrosticum areum).

Dan jenis tanaman hutan pantai atau rawa, antara lain Bluntas (Pluchea indica), Dadap (Erythrina variagate), Duri Busyetan (Mimosa sp.), Flamboyan (Delonix regia), Kedondong Laut (Polysia frutucosa), Ki Hujan (Samanea saman), Ki Tower (Deris heterophyla), Mendongan (Scripus litoralis), dan Waru Laut (Hibiscus tilliaceus).

Selain itu wisatawan juga bisa menyaksikan fauna burung-burung indah dari jembatan panorama di Hutan Mangrove. Pemandangan tampak lebih cantik di sore hari menjelang matahari terbenam dengan pemandangan burung-burung beterbangan di langit.

Jenis-jenis fauna yang mendominasi kawasan TWA Angke Kapuk, umumnya adalah jenis-jenis burung merandai dan hampir seluruhnya merupakan satwa yang dilindungi. Beberapa di antaranya adalah Belekok, Belibis, Cangak Abu, Cekakak Sungai, Elang Laut Perut Putih, Elang Tiram, Kuntul Putih, Raja Udang Biru, Murai Irian, dan masih banyak lagi. Ada juga bererapa jenis satwa lainnya diantaranya Biawak Air, ikan Gelodok/Gelosoh, dan Udang Bakau.

Selain itu, wisatawan juga bisa menikmati wahana permainan air Taman Wisata Alam Mangrove PIK. Misalnya seperti menaiki perahu kano dan mengarungi danau untuk mengeksplor kekayaan alam hutan mengrove sambil menikmati pemandangan alam hijau dan bebas dari polusi. Berikut harga tiket masuk dan fasilitas Taman Wisata Alam Mangrove PIK.


Harga tiket Taman Wisata Alam Mangrove PIk

Untuk menikmati keindahan Taman Wisata Alam Mangrove PIK dikenakan biaya tiket masuk. Berikut daftar harga tiket masuknya beserta harga parkir:
  • Dewasa: Rp30.000 hari biasa Rp35.000 hari libur
  • Anak-anak: Rp.15.000 hari biasa Rp.20.000 untuk hari libur
  • Turis Mancanegara (tanpa KITAS) Rp150.000 hari biasa Rp.170.000 hari libur
Harga parkir kendaraan:
  • Parkir Motor Rp5.000
  • Parkir Mobil Rp10.000
  • Parkir Bus Rp50.000


Harga Tiket Wahana Taman Wisata Alam Mangrove PIK

Biaya tiket masuk wisata Taman Wisata Alam Mangrove PIK tidak termasuk tiket untuk menikmati wahana permainan seperti rekreasi air dan mrenanam pohon. Berikut daftar harga tiket wahananya
  • Speed Boat Rp350.000 (6 Orang) Rp. 450.000 (8 Orang)
  • Perahu Dayung Rp100.000 (max 4 orang)
  • Sepeda Air Kodok Rp100.000
  • Perahu Kano Rp100.000
  • Penanaman Mangrove Rp150.000
  • Penanaman Nostalgia (1 pohon bibit mangrove dan papan nama) Rp500.000

Adapun untuk menggunakan kamera selain HP, Ipad atau Drone dalam kawasan akan dikenakan biaya tambahan, berikut harganya:
  • Kamera Poket/GoPro/Polaroid Rp150.000
  • Kamera DSLR keperluan pribadi Rp300.000
  • Photoshoot (Buku Tahunan,Prewedding, dll) Rp1.500.000

Alamat lengkap dari Wisata Mangrove PIK sendiri berada di Jl. Garden House, Kamal Muara. Kecamatan Penjaringan, Kota Jkt Utara. Tempat wisata ini buka setiap hari mulai dari jam 08.00-17.30 WIB pada hari biada dan akhir pekan pukul 07.00-17.30 WIB.

Baca juga: 7 Wisata Gratis di Jakarta yang Pas Buat Liburan Sekolah

Editor: Dika Irawan 

SEBELUMNYA

Teks Proklamasi Tulisan Tangan Soekarno Tidak Ikut Upacara Peringatan Kemerdekaan Tahun Ini, Kenapa?

BERIKUTNYA

Kualitas Udara Jakarta 18 Agustus 2023 Masuk Kategori Tidak Sehat

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: