Pernak-pernik HUT ke-78 Republik Indonesia (Sumber foto: JIBI/Bisnis/Himawan L Nugraha)

Ada Kirab & Parade Pesawat, Ini Rangkaian Kegiatan HUT ke-78 Republik Indonesia

16 August 2023   |   14:25 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Selain upacara pengibaran dan penurunan bendera Merah Putih, peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia pada tahun ini juga diisi dengan berbagai rangkaian acara. Mulai dari yang bersifat formal seperti pidato kenegaraan pada 16 Agustus hingga acara hiburan untuk memeriahkan momen bersejarah tersebut. 

Dikutip dari laman Kementerian Sekretariat Negara, panitia penyelenggara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Indonesia akan mengadakan acara kirab dan juga pentas seni pada 17 Agustus, selain upacara pengibaran dan penurunan bendera Merah Putih. 

Baca juga: Ide Ucapan Selamat dan Caption untuk Rayakan Hari Kemerdekaan Indonesia

Acara kirab yang akan diadakan pada tahun ini memiliki jalur berbeda jika dibandingkan dengan tahun lalu. Jika sebelumnya dari Monumen Nasional (Monas) menuju Istana Kepresidenan, rute kirab pada tahun ini akan melewati Patung Kuda.

Dengan begitu, maka masyarakat dapat melihat acara kirab di dalam Monas atau di sepanjang jalan Merdeka Barat sebelum sampai ke Istana Kepresidenan.

Selain itu, acara Hari Ulang Tahun ke-78 Kemerdekaan Indonesia juga akan menyuguhkan parade pesawat yang melibatkan seluruh matra angkatan, yakni Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara yang berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Panitia menyebutkan bahwa perayaan HUT ke-78 juga akan menyajikan lebih banyak kejutan berupa hiburan. Sementara itu, Pemprov DKI Jakarta akan mempersiapkan panggung hiburan pada pagi hari untuk mengikuti detik-detik proklamasi.

Masyarakat yang tidak mendapatkan undangan untuk mengikuti perayaan HUT ke-78 di Istana Kepresidenan dapat mengikuti keramaian yang ada di Monumen Nasional. Tak hanya itu, panitia juga akan menggunakan videotron di sejumlah tempat strategis. 

Baca juga: 5 Baju Adat Jokowi di Sidang Tahunan MPR, Kali Ini Baju Adat Tanimbar dari Maluku
 

Selain acara pada 17 Agustus, sejumlah rangkaian kegiatan juga diadakan pada sepanjang bulan Kemerdekaan tahun ini. Pada 1 Agustus 2023 lalu, terdapat acara Dzikir Kebangsaan.

Sementara itu, pada 5 Agustus 2023 terdapat pergelaran angklung yang dimainkan sekitar 15.000 pemain di Stadion Utama Gelora Bung Karno, peragaan busana bertajuk Istana Berkebaya, dan pertunjukan video mapping di Monas.

Kemudian, pada 14 Agustus 2023 ada Penganugerahan Tanda Kehormatan, pengukuhan paskibraka pada 15 Agustus 2023. Pada saat ini, 16 Agustus 2023, terdapat Pidato Kenegaraan di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Pada 17 Agustus 2023 dini hari juga akan terdapat upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci. Masih pada tanggal yang sama, ada upacara peringatan detik-detik proklamasi dan penurunan bendera.

Serupa dengan tahun-tahun lalu, peringatan HUT Kemerdekaan Indonesia pada tahun ini yang akan diselenggarakan di Istana Kepresidenan juga digelar secara terbuka untuk masyarakat umum. Panitia menyebut akan menyediakan 8.000 undangan untuk diberikan kepada masyarakat, guna terlibat dalam rangkaian upacara di Istana Merdeka, baik pada pagi dan sore hari. 

Adapun pada tahun ini, tema Hari Ulang Tahun ke-78 Kemerdekaan Indonesia adalah Terus Melaju untuk Indonesia Maju. Tema ini merefleksikan semangat Indonesia untuk terus melanjutkan perjuangan dan pembangunan, serta berkolaborasi bersama guna memanfaatkan momentum dalam mewujudkan Indonesia maju. 

Baca juga: 5 Makna & Sejarah Perlombaan 17 Agustusan, Bakiak sampai Panjat Pinang

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Daftar Lengkap Anggota Paskibraka 2023 pada Upacara HUT RI di Istana Merdeka

BERIKUTNYA

Bergenre Thriller Black Comedy, Drakor The Kidnapping Day Hadirkan Kisah Penculikan yang Tak Biasa

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: