Indonesa merayakan kemerdekaan pada 17 Agustus (Sumber gambar ilustrasi: Unsplash/Mufid Majnun)

Ide Ucapan Selamat dan Caption untuk Rayakan Hari Kemerdekaan Indonesia

16 August 2023   |   09:56 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

17 Agustus adalah tanggal yang bersejarah bagi bangsa Indonesia. Pada tanggal yang sama 1945 silam, Indonesia menyatakan kemerdekaannya dari tangan penjajah. Presiden Soekarno membacakan proklamasi dan disambut suka cita oleh seluruh rakyat Indonesia.

Dikutip dari laman Kemendibudristek, proklamasi kemerdekaan yang terjadi pada 17 Agustus 1945 melalui perjalanan yang tidak mudah. Golongan muda harus menculik dwitunggal ke Rengasdengklok setelah mengetahui bahwa Jepang menyerah tanpa syarat kepada sekutu pada 15 Agustus 1945.

Baca juga: Rekomendasi 10 Film Tentang Pahlawan Indonesia, Pas Ditonton pada Momen 17 Agustusan

Penculikan itu dilakukan agar kedua tokoh Indonesia itu menuruti kehendak kaum muda yang ingin Soekarno dan Muhammad Hatta segera memanfaatkan situasi dengan menyatakan proklamasi kemerdekaan.

Mereka membawa ke Rengasdengklok lantaran keduanya berpendapat lebih baik menunggu sampai 24 Agustus 1945, sesuai dengan tanggal yang ditetapkan Marsekal Terauchi sebagai waktu kemerdekaan Indonesia.   

Perdebatan panjang yang terjadi pada 16 Agustus 1945 tidak menghasilkan kesepakatan sampai Ahmad Soebardjo datang dan memberikan jaminan bahwa proklamasi akan terjadi pada 17 Agustus 1945. Kemudian, mereka menuju rumah Laksamana Maeda.

Di rumah itu, tuan rumah menjelaskan permasalahan dan informasi yang sebenarnya terjadi serta mempersilahkan bertemu dengan Gunseikan (Kepala Pemerintah Militer) Jenderal Moichiro Yamamoto untuk membahas upaya tindaklanjut yang akan dilakukan.

Jawaban dari Moichiro ternyata mengecewakan ketiganya lantaran diharuskan menunggu tentara sekutu datang terlebih dahulu. Pada akhirnya, tiga tokoh ini sepakat bahwa Jepang tidak dapat diharapkan, sehingga kemerdekaan harus segera dirancang secepatnya.

Pada 17 Agustus 1945 pukul 03.00 WIB, Soekarno, Hatta, dan Soebardjo menyusun naskah proklamasi di ruang makan Maeda. Setealah jadi, Sayuti Melik mengetiknya dan menyerahkannya Kembali ke Soekarno untuk ditandatangani. Kemudian, Soekarno membacakan proklamasi kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945.

Saat ini, beragam cara yang biasa dilakukan oleh rakyat Indonesia dalam merayakan dan memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia pada tahun ini, seperti mengadakan berbagai macam lomba, acara – acara yang meriah, atau menghias rumah dan lingkungan.

Selain itu, salah satu cara lainnya adalah dengan memberikan ucapan selamat kepada kawan, keluarga, atau orang terkasih tentang kemerdekaan Indonesia. Dengan ucapan yang diberikana, maka diharapkan dapat membuat perayaan kian meriah.

Tidak hanya itu, kata-kata dalam ucapan selamat pada perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia juga dapat membangkitkan semangat tentang peristiwa bersejarah ini. Berikut sejumlah ucapan yang dapat disampaikan oleh Genhype versi Hypeabis.id.
  1. Merdeka!!! Selamat Hari Kemerdekaan ke-78 Indonesia.
  2. Dirgahayu ke-78 Republik Indonesia. Semoga selalu berjaya.
  3. Selamat Hari Kemerdekaan ke-78 Indonesia. Semoga kita mampu terus memegang semangat para pejuang kemerdekaan.
  4. Masa depan bangsa berada di tangan kita semua. Mari berikan yang terbaik untuk Indonesia. Selamat Hari Kemerdekaan ke-78 Indonesia.
  5. Mari teruskan kobarkan semangat api perjuangan para pejuang bangsa. Selamat Hari Kemerdekaan ke-78 Indonesia.
  6. Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh. Mari jaga persatuan dan kesatuan bangsa sebagai kekayaan yang  tidak ternilai. Selamat Hari Kemerdekaan Indonesia.
  7. Jika dahulu berjuang mengangkat senjata, kini mari berjuang dengan berprestasi guna mengharumkan nama bangsa. Selamat Hari Kemerdekaan ke-78 Indonesia.
  8. Mari bersama menjaga bangsa dan negara ini yang telah susah payah didapat oleh para pejuang dari tangan penjajah. Selamat Hari Kemerdekaan Indonesia.
  9. Terus berkarya dan berinovasi tanpa lelah demi bangsa. Selamat Hari Kemerdekaan Indonesia.
  10. Merdeka!!! Dalam rangka merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia, mari kita jaga lingkungan dan alam ibu pertiwi untuk anak dan cucu kelak.
(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

5 Tempat Staycation yang Cocok Buat Menikmati Libur Hari Kemerdekaan

BERIKUTNYA

5 Fakta Transfer Neymar dari Paris Saint-Germain ke Al Hilal

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: