Neymar menandatangani kontrak dengan Al-Hilal (Sumber foto: Twitter/Alhilal_EN)

5 Fakta Transfer Neymar dari Paris Saint-Germain ke Al Hilal

16 August 2023   |   10:15 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Liga sepak bola Arab kian bertabur bintang. Setelah Ronaldo merumput ke Al-Nassr, kini giliran bintang Brasil Neymar Junior yang merapat ke Al Hilal. Perpindahan mantan pemain penyerang Paris Saint-Germain itu memiliki sejumlah fakta menarik yang tidak boleh dilewatkan oleh para pencinta olahraga ini.

Neymar Junior adalah salah satu pemain bintang dunia pada saat ini. Kemampuannya mengolah si kulit bundar di atas lapangan tidak perlu dipertanyakan lagi. Nalurinya mencetak gol dan mengumpan bola kerap membuat penjaga gawang dan pemain lawan harus ekstra hati-hati.

Baca juga: Selain Cristiano Ronaldo, Ini 4 Pemain Pencetak Rekor Pertandingan Terbanyak

Pemilik nama lengkap Neymar da Silva Santos Junior itu lahir di Mogi das Cruzes, Brasil, pada 5 Februari 1992. Di PSG, pria yang kerap menggunakan nomor punggung 10 itu memiliki posisi sebagai penyerang yang memiliki tugas untuk mencetak gol. Meskipun begitu, tidak jarang dia ditempatkan di posisi penyerang kedua, sayap, atau kadang sebagai gelandang serang.

Berikut sejumlah fakta tentang Neymar yang resmi pindah ke Al Hilal, diolah dari berbagai sumber:

 


1. Al Hilal adalah tim keempat dalam karier Neymar

Al Hilal yang menjadi tim tempat Neymar berlabuh adalah tim keempat dalam perjalanan kariernya sebagai seorang pemain sepak bola. Dia memulai debut profesionalnya di klub asal Brasil, yakni Santos pada 2009.

Setelah Santos, tim lainnya adalah Barcelona di Liga Spanyol. Neymar pindah ke tim tersebut pada 2013 dan meramaikan La Liga. Di tim ini, dia terikat kontrak sampai 2017 dan telah memenangkan banyak pertandingan.

Dia tercatat berhasil tampil dengan Barcelona sebanyak 177 kali dengan mencetak 100 gol. Tidak hanya itu, kedekatannya dengan Lionel Messi juga terjadi ketika berada di Barcelona.

Neymar memutuskan pindah dari Barcelona pada 2017. Pada saat itu, tim yang menjadi pilihannya adalah PSG. Dengan mahar sekitar 222 juta euro, maka perpindahannya menjadi yang termahal yang pernah ada.


2. Kontrak belum habis

Perpindahan Neymar ke Al Hilal menjadi perhatian banyak para pencinta sepak bola di dunia. Bukan tanpa sebab, sebelumnya, pemain bintang Ronaldo juga memutuskan untuk pindah dari Manchester United ke salah satu tim di liga Arab, yakni An-Nassr.

Neymar yang pindah dari PSG ke Al Hilal sebenarnya belum menghabiskan masa kontrak yang dimiliki dengan tim asal Prancis tersebut. Dia tercatat masih memiliki kontrak sampai 2025 setelah pada 2021 memutuskan untuk memperpanjang kontraknya.

Kepindahannya disebut-sebut lantaran kecewa karena tidak dimasukkan dalam tim reguler untuk musim selanjutnya.


3. Neymar mendapatkan kontrak selama dua tahun dan dapat diperpanjang

Di Al Hilal, pemain berusia 30 tahun itu mendapatkan kontrak selama 2 tahun, yakni sampai 2025. Namun, kontrak tersebut memiliki opsi perpanjangan satu tahun lagi, sehingga berpotensi sampai dengan 2026. Neymar didatangkan oleh Al Hilal dari PSG dengan biaya yang tidak sedikit. Salah satu klub terkaya dari liga Arab tersebut perlu mengeluarkan biaya sebesar 90 juta euro untuk memboyong Menino.
 
1
2


SEBELUMNYA

Ide Ucapan Selamat dan Caption untuk Rayakan Hari Kemerdekaan Indonesia

BERIKUTNYA

Daftar Lengkap Anggota Paskibraka 2023 pada Upacara HUT RI di Istana Merdeka

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: