J.Co Donuts and Coffee merupakan salah satu brand lokal yang sudah mendunia. (Sumber gambar: Unsplash/Omar Al Ghosson)

Terkenal hingga Mancanegara, 4 Brand Ini Ternyata Buatan Indonesia

15 August 2023   |   16:54 WIB
Image
Eben Ezer Mahasiswa Universitas Padjadjaran

Meskipun Indonesia masih masuk dalam kategori negara berkembang, bukan berarti tak ada merek atau jenama buatan anak bangsa yang namanya harum hingga tingkat mancanegara. Beberapa brand punya kualitas produk dan layanan yang telah diakui, sehingga eksis tidak hanya di dalam negeri tapi di pasar internasional. 

Beberapa di antaranya bahkan sangat populer, sampai seringkali dianggap sebagai produk asing. Padahal produk itu digagas oleh warga negara Indonesia. Apa saja produk-produk lokal yang telah mendunia? Berikut ini adalah 4 brand yang telah dikenal hingga mancanegara. 

Baca juga: 7 Makanan Indonesia yang Terkenal di Luar Negeri, Ada Satai dan Laksa
 

1. J.Co Donuts & Coffee 

 

J.CO Donuts & Coffee adalah brand food and beverages yang dikenal karena menu donat dengan bermacam varian dan berbagai minuman kopi. J.CO telah meraih popularitas di dalam dan luar negeri sejak didirikan pada tahun 2005 oleh perusahaan asal Indonesia yaitu Johnny Andrean Group.

Johnny Andrean sebagai pemilik merek ini dalam perintisannya mengikuti tren dan rasa donat asal negara Amerika Serikat. Sebagai inspirasi, J.CO donuts & coffee juga mengadaptasi konsep dari brand donat ternama yaitu Krispy Kreme yang mengadaptasi tema open kitchen pada gerainya.

Seiring banyaknya peminat, pada 2008 J.Co donuts & coffee melebarkan cabangnya di luar Indonesia yaitu Singapura dan Kuala Lumpur, Malaysia. Selanjutnya pada 2012 mereka juga membuka cabang luar negeri lainnya yaitu di Manila, Filipina, dan hingga kini telah eksis di banyak negara lainnya. 
 

2. SilverQueen 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by ????AULION???? (@aulion)


SilverQueen adalah merek cokelat yang berasal dari Indonesia. Merek ini sangat dikenal di dalam negeri dan telah menjadi salah satu merek cokelat yang populer di Indonesia sejak lama. Tak hanya itu, SilverQueen juga sudah punya nama dalam kategori produk cokelat di pasar internasional. 

Produk cokelat ini memang punya nama yang terdengar asing, tapi nyatanya merek tersebut berada di bawah naungan PT Petra Food yang terletak di Kabupaten Garut, Jawa Barat dan didirikan oleh Ming Chee Chuang, yang juga memproduksi mese cokelat Ceres. 
 

3. Lea Jeans 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by LEA Jeans (@lea_jeans)


Para peminat fashion khususnya produk jeans dan denim sudah pasti tidak asing dengan brand yang satu ini. Lea Jeans merupakan salah satu jenama kondang, yang tidak hanya terkenal di Indonesia. Produk dari merek diproduksi oleh perusahaan induknya yang bernama PT Lea Sanent, yang terletak di Kota Tangerang, Banten sejak 1976.

Sejak awal diluncurkan, selain jeans merk ini juga menawarkan pakaian dan aksesoris yang mengikuti tren dari negara Amerika Serikat. Seiring dengan berjalannya waktu, peminat dari Lea Jeans semakin besar sehingga produk ini melakukan ekspor ke luar Indonesia diantaranya Dubai dan Korea Selatan. 
 

4. Polygon 

 

Polygon adalah merek sepeda yang berasal dari Indonesia. Perusahaan Polygon didirikan di Surabaya pada 1989 dan telah menjadi salah satu produsen sepeda terkemuka di dalam negeri,serta dikenal secara internasional.

Dibawah PT Insera Sena yang pabrik utamanya terletak di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, produk dari Polygon telah melakukan ekspor ke luar indonesia. Mereka banyak melakukan ekspor ke negara-negara di Eropa seperti Inggris, Jerman, Spanyol, Perancis, Swiss, Yunani, dan Denmark. 

Baca juga: Kuliner Lokal Jadi Senjata Tarik Wisatawan Mancanegara

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

ARCH:ID 2024 Siap Digelar Tahun Depan, Arsitektur Inklusif jadi Tajuk Utama

BERIKUTNYA

Konsep Desain Sustainability dan Inklusif Bakal Jadi Tren Arsitektur 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: